Aplikasi

4 Alasan Untuk Segera Migrasi ke Telegram

4 Alasan Untuk Segera Migrasi ke Telegram
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Telegram adalah salah satu aplikasi layanan pesan singkat yang memiliki banyak fitur menarik. Jika tertarik untuk mencoba atau pindah ke Telegram, berikut empat alasan yang bisa jadi pertimbangan.

Di zaman teknologi saat ini banyaknya pilihan aplikasi layanan singkat atau instant messaging yang beredar dan tentunya gratis.

Tersedianya berbagai pilihan aplikasi ini terkadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Banyak kelebihan dan kekurangan pada masing-masing layanan aplikasi. Conohnya, Tentu, situasi dimana aplikasi perpesanan mengalami gangguan mati total atau shutdown.

Pemadaman server, besarnya ukuran aplikasi, proses sinkronisasi antar perangkat yang lamban, dan versi aplikasi yang tua biasanya menjadi alasan dibalik terjadinya masalah tersebut. Hal ini tentu saja dapat menjadi sumber ketidaknyamanan utama bagi penggunanya.

Saat ini layanan pesat singkat tidak hanya digunakan untuk saling berkasar saja. Tetapi banyak orang memanfaatkannya untuk kepentingan pekerjaan dan studi mereka.

Inilah kenapa kini kebutuhan akan sebuah aplikasi perpesanan yang andal, memiliki jaringan terdistribusi tinggi, dan dapat diandalkan pengguna untuk melakukan aktivitas perpesanan online menjadi semakin penting. Untuk mengantisipasi masalah ini, Telegram punya jawabannya.

Telegram berkomitmen untuk memberikan pengalaman pengiriman pesan yang konsisten bagi penggunanya. Selain itu, keandalan Telegram juga telah terbukti, seperti ketika aplikasi perpesanan lain mengalami down untuk waktu yang lama, telegram masih tetap stabil.

Tercatat, ada 70 juta pengguna beralih ke Telegram dalam waktu satu hari. Pada 5 Oktober 2021, CEO Telegram Pavel Durov pun menyinggung mengenai pertumbuhan pesat aplikasinya, dan meminta para pengguna lama untuk bertegur sapa dengan pengguna baru.

“Saya meminta pengguna kami yang ada untuk menyapa teman-teman mereka yang baru tiba, membantu mereka membiasakan diri, dan memberi tahu mereka apa yang kami sediakan. Pastikan mereka bertahan dan melihat bagaimana Telegram lebih unggul dari pesaing,” ucap Pavel Durov.

BACA JUGA  7 Tips Membuat WhatsApp Lebih Privat dan Aman

Berikut beberapa alasan mengapa harus mendownload aplikasi Telegram:

1.    Ukuran Aplikasi yang Ringan

Ukuran aplikasi Telegram tergolong lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat lainnya. Sebagai perbandingan, update terbaru Telegram hanya berukuran 25,36 MB di Google Play Store. Update tersebut dirilis pada 21 September 2022.

Ukuran aplikasi Telegram yang ringan membuat aplikasi ini berjalan lancar dan tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan.

2.    Kapasitas Penyimpanan yang Tak Terbatas

Selain ukuran yang ringan, kalian dapat merasakan kapasitas penyimpanan maksimum. Hal ini karena adanya fitur penyimpanan berbasis cloud pada Telegram.

Telegram dapat menyimpan dan mengakses berbagai jenis data seperti pesan, gambar, video, dan berbagai file lainnya hingga ukuran maksimal 2 GB. Bahkan, pengguna Telegram Premium dapat mengupload file hingga 4 GB.

Kelebihan lainnya, pengguna dapat menggunakan fitur Saved Messages sebagai penyimpanan cloud pribadi. Dengan basis cloud dan opsi manajemen cache, pengguna tidak perlu khawatir mengenai ruang penyimpanan memori di smartphone akan habis karena Telegram.

3. Tersedia di Banyak Perangkat dan Sistem Operasi

Telegram adalah aplikasi pesan singkat berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas. Ini memungkinan pengguna dapat mengakses Telegram dari smartphone, tablet, dan komputer secara bersamaan.

Telegram memiliki aplikasi desktop dengan sistem operasi Windows, MacOS dan Linux, serta aplikasi independennya sendiri di MacOS. Selain itu, Telegram juga hadir dalam versi web, artinya pengguna bisa mengakses Telegram dari perangkat apa pun dimanapun.

Untuk akses melalui smartphone, Telegram dapat didownload dengan perangkat sistem operasi iOS 9 ke atas dan Android 6.0 ke atas. Berbeda dengan layanan pesan singkay lainnya yang mengehentikan akses untuk perangkat dengan sistem operasi lama.

BACA JUGA  Tanpa Watermark! Download Video TikTok di Android dan iPhone

4. Proteksi Data yang Terjamin

Telegram berkomitmen bahwa pengguna memegang penuh kendali atas data pribadi mereka. Telegram menghadirkan fitur yang memastikan keamanan penggunanya dapat terjaga dengan maksimal.

Salah satu fitur yang dihadirkan Telegram adalah Secret Chats. Sebuah fitur dari Telegram untuk pengguna bisa saling berkirim pesan rahasia kepada satu sama lain. Sebuah fitur yang tidak ditawarkan oleh para pesaingnya.

Dengan fitur ini, transisi kalian ke Telegram akan menjadi proses yang nyaman dan aman, pengguna juga bisa memastikan data yang dikirim tetap terlindungi dengan terjaganya kerahasiaan pesan yang ingin disampaikan.

Telegram juga memberikan opsi bagi penggunanya untuk menampilkan atau tidak menampilkan nomor telepon pada akun mereka. Pengguna juga diberikan kebebasan memilih username sesuai keinginan. Telegram juga menyediakan fitur jual beli username melalui lelang di platform Fragment.

@auto, @avia, dan @bank adalah tiga username paling populer yang sedang dilelang dan diperebutkan oleh banyak pengguna di Telegram. Masing-masing username memiliki angka tawaran paling kecil adalah 525.000, 262.000, dan 210.000 Toncoin (US$ 1,65/Toncoin).

Selain itu, dilihat dari FAQ Telegram sendiri, fokus utama Telegram bukanlah untuk keuntungan semata. Ini menegaskan bahwa kepentingan komersial tidak akan mengganggu misi Telegram dalam memberikan sarana komunikasi yang aman dan nyaman untuk semua penggunanya.

Karena kebutuhan pribadi yang berbeda-beda tiap pengguna, tentu tidak ada jawaban yang pasti dalam menentukan aplikasi pesan singkat mana yang lebih baik. Namun, dengan melihat fitur-fitur yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempertimbangkan menggunakan Telegram.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment