Berita Hardware

IDC: Pengiriman PC Global Turun, Apple Mac Paling Anjlok

IDC: Pengiriman PC Global Turun, Apple Mac Paling Anjlok
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Menurut laporan yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC), pengiriman PC global mengalami penurunan pada kuartal keempat tahun 2020. Hal ini diduga disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pandemi COVID-19 dan perang dagang antara AS dan China. Selain itu, Apple Mac mengalami penurunan terbesar dalam pengiriman PC global.

Mengapa Pengiriman PC Global Turun?

Menurut laporan IDC, pengiriman PC global mengalami penurunan sebesar 1,4% pada kuartal keempat tahun 2020, dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Meskipun penjualan PC mengalami peningkatan pada awal 2020 akibat pandemi COVID-19, penjualan tersebut tidak berlanjut pada akhir tahun.

Salah satu alasan utama penurunan pengiriman PC global adalah keterbatasan pasokan komponen, seperti prosesor dan chip. Keterbatasan ini disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan perang dagang antara AS dan China.

Selain itu, pasar PC global mengalami persaingan yang ketat dari pasar smartphone dan tablet. Banyak konsumen lebih memilih membeli smartphone atau tablet daripada PC, terutama dalam hal mobilitas dan kenyamanan.

Apple Mac Mengalami Penurunan Terbesar

Meskipun penjualan PC global mengalami penurunan, Apple Mac mengalami penurunan terbesar dengan penurunan sebesar 8,7%. Penurunan ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan pasokan komponen dan perubahan strategi bisnis Apple.

Apple Mac memiliki basis pengguna yang setia dan dianggap sebagai produk premium di pasar PC. Namun, keterbatasan pasokan komponen yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan perang dagang antara AS dan China mempengaruhi pengiriman Apple Mac.

BACA JUGA  Eropa Sudah Meregulasi Penggunaan AI, Indonesia Kapan?

Selain itu, Apple dilaporkan tengah beralih ke prosesor buatan mereka sendiri, yang disebut Apple Silicon, dari prosesor Intel. Perubahan ini dapat mempengaruhi pengiriman Apple Mac pada masa depan.

Pandemi Mendorong Permintaan PC di Awal 2020

Meskipun pengiriman PC global mengalami penurunan pada akhir tahun 2020, pandemi COVID-19 mendorong permintaan PC pada awal tahun. Banyak pekerja dan siswa di seluruh dunia terpaksa bekerja dan belajar dari rumah, sehingga mereka membutuhkannya untuk menunjang produktivitas dan belajar, mereka membeli PC sebagai alat bantu. Hal ini menyebabkan penjualan PC mengalami peningkatan pada awal tahun 2020.

Namun, peningkatan ini tidak berlanjut pada akhir tahun karena berbagai faktor, seperti keterbatasan pasokan komponen dan persaingan dengan pasar smartphone dan tablet.

Pengaruh Perang Dagang AS-China Terhadap Pengiriman PC

Perang dagang antara AS dan China memiliki dampak besar pada pasar PC global. Kebijakan dan tarif yang diberlakukan oleh AS dan China terhadap produk impor mempengaruhi pasokan dan permintaan PC.

Beberapa produsen PC, seperti HP dan Dell, memindahkan produksinya dari China ke negara lain untuk menghindari tarif. Namun, hal ini mempengaruhi pasokan dan ketersediaan PC di pasar global.

Pasar PC Masa Depan

Meskipun pasar PC global mengalami penurunan, pasar PC masih memiliki potensi besar pada masa depan. Pandemi COVID-19 telah membuka peluang baru bagi pasar PC, seperti permintaan PC gaming dan PC untuk pekerja jarak jauh.

BACA JUGA  Cisco Akuisisi Perusahaan Keamanan Siber Splunk Senilai Rp 429 Triliun

Selain itu, perubahan kebijakan dan keputusan bisnis produsen PC dapat mempengaruhi pasar PC pada masa depan. Pengembangan teknologi terbaru, seperti prosesor yang lebih canggih dan inovasi desain, dapat meningkatkan daya tarik pasar PC.

Pengaruh Pandemi Terhadap Pasar PC Masa Depan

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kerja dan belajar di seluruh dunia. Banyak perusahaan dan sekolah memilih untuk bekerja dan belajar dari rumah untuk menghindari penyebaran virus.

Hal ini berpotensi meningkatkan permintaan PC pada masa depan. Banyak perusahaan dan sekolah akan membutuhkan PC sebagai alat bantu kerja dan belajar jarak jauh. Hal ini dapat membuka peluang baru bagi pasar PC.

Namun, pandemi COVID-19 juga dapat mempengaruhi pasokan dan produksi PC pada masa depan. Keterbatasan pasokan komponen dan gangguan pada rantai pasokan dapat mempengaruhi ketersediaan dan harga PC di pasar global.

Kesimpulan

Pengiriman PC global mengalami penurunan pada kuartal keempat tahun 2020. Hal ini diduga disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pandemi COVID-19 dan perang dagang antara AS dan China. Apple Mac mengalami penurunan terbesar dalam pengiriman PC global.

Meskipun demikian, pasar PC masih memiliki potensi besar pada masa depan. Pandemi COVID-19 telah membuka peluang baru bagi pasar PC, seperti permintaan PC gaming dan PC untuk pekerja jarak jauh. Pengembangan teknologi terbaru juga dapat meningkatkan daya tarik pasar PC.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment