Seputar Gadget

Dominasi iPhone! 10 Ponsel Terlaris Dunia Sepanjang 2022

Dominasi iPhone! 10 Ponsel Terlaris Dunia Sepanjang 2022
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Counterpoint Research, firma riset terkemuka, merilis laporan mengenai 10 ponsel terlaris sepanjang tahun 2022. Dalam daftar tersebut, terdapat dua ponsel Samsung dengan harga yang terjangkau, yakni Galaxy A13 dan Galaxy A03. Sementara itu, delapan ponsel lainnya diisi oleh berbagai model iPhone.

iPhone 13

Smartphone Terlaris Sepanjang Tahun 2022 Menempati posisi teratas dalam daftar ponsel terlaris sepanjang tahun 2022 adalah iPhone 13, dengan kontribusi 28 persen dari total penjualan iPhone. Menurut Counterpoint, iPhone 13 sangat populer di pasar China, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Perancis.

Selain itu, iPhone 13 juga menjadi ponsel terlaris setiap bulannya sejak dirilis pada September 2021 hingga Agustus 2022. Penjualan iPhone 13 semakin meningkat sejak perilisan iPhone 14 series, terutama di pasar negara berkembang. Hal ini dikarenakan harga iPhone 13 di beberapa negara mengalami penurunan sehingga meningkatkan daya tariknya bagi para pembeli.

Ponsel Terlaris Kedua

iPhone 13 Pro Max Ponsel terlaris kedua adalah iPhone 13 Pro Max yang menduduki posisi di belakang iPhone 13. Menurut Counterpoint, penjualan iPhone 13 Pro Max lebih rendah dibandingkan dengan iPhone 13, namun tetap berhasil menjadi ponsel terlaris di posisi kedua sepanjang tahun 2022.

Pada September-November 2022, iPhone 14 Pro Max berhasil menjadi ponsel terlaris pertama selama tiga bulan berturut-turut. Keberhasilan ini disebabkan oleh peningkatan spesifikasi dan desain di iPhone 14 Pro series, seperti “poni” Dynamic Island dan chipset terbaru, yang menjadi daya tarik utama bagi para pembeli.

BACA JUGA  Mirip X3! Ponsel Lipat Huawei Mate X5 Meluncur

HP Murah

Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A03 Jika tiga teratas dihuni oleh ponsel flagship dengan harga mahal, posisi keempat dan kesepuluh diisi oleh HP murah Samsung, yakni Galaxy A13 dan Galaxy A03. Galaxy A13 (4G) yang dirilis pertengahan tahun 2022 dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 2,5 jutaan. Sementara itu, Samsung Galaxy A03 yang dirilis awal tahun 2022 di Indonesia dijual dengan harga mulai dari Rp 1,6 jutaan.

Berbagai Model iPhone Posisi kelima hingga kesembilan diisi oleh berbagai model iPhone, mulai dari iPhone 13 Pro, iPhone 12, iPhone 14, iPhone 14 Pro, hingga iPhone SE 2022. iPhone 12 yang sempat menjadi ponsel terlaris di tahun 2021, menjadi model ponsel paling lawas di daftar ini. Namun, iPhone 12 masih diminati oleh sejumlah konsumen karena tersedianya unit ponsel dan harganya yang semakin murah di beberapa negara.

Daftar ponsel terlaris sepanjang 2022

  1. iPhone 13
  2. iPhone 13 Pro Max
  3. iPhone 14 Pro Max
  4. Samsung Galaxy A13
  5. iPhone 13 Pro
  6. iPhone 12
  7. iPhone 14
  8. iPhone 14 Pro
  9. iPhone SE 2022
  10. Samsung Galaxy A03

Kontribusi Penjualan Ponsel Terlaris Sepanjang Tahun 2022

Menurut Counterpoint, kesepuluh ponsel terlaris sepanjang tahun 2022 ini berhasil menyumbang 19 persen dari total penjualan smartphone di tahun tersebut. Persentase ini sama dengan tahun sebelumnya. Dengan demikian, Counterpoint meyakini pangsa pasar 10 ponsel terlaris di dunia tahun ini akan naik karena para vendor akan fokus untuk menghabiskan sisa stok unit dan mengoptimalkan peluncuran produk mereka.

BACA JUGA  Huawei Mate 60 Pro Meluncur! Punya 3 Lubang Kamera Depan

Tren Ponsel Terlaris di Tahun 2023 Dalam beberapa tahun terakhir, smartphone semakin menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penggunaan ponsel pintar ini tak hanya untuk keperluan komunikasi saja, melainkan untuk berbagai keperluan lainnya seperti hiburan, pekerjaan, hingga belanja online. Oleh karena itu, permintaan pasar smartphone terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ponsel terlaris di tahun 2023 kemungkinan akan didominasi oleh vendor-vendor besar seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi. Pasalnya, mereka terus melakukan inovasi dan meluncurkan produk-produk baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan harga yang terjangkau. Selain itu, kehadiran teknologi 5G dan fitur-fitur terbaru pada smartphone juga akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, vendor harus memperhatikan tren dan kebutuhan pasar untuk menghasilkan produk-produk yang lebih baik. Mereka juga harus memperkuat strategi pemasaran dan layanan purna jual untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Kesimpulan

Berbagai merek dan model ponsel bersaing untuk menjadi yang terlaris di pasar smartphone. Sepanjang tahun 2022, iPhone mendominasi daftar ponsel terlaris sepanjang tahun 2022 versi Counterpoint Research. Namun, Samsung juga berhasil menempatkan dua ponsel dengan harga terjangkau di dalam daftar tersebut.

Dalam menghadapi persaingan di pasar smartphone yang semakin ketat, para vendor harus terus melakukan inovasi dan memperhatikan tren dan kebutuhan pasar. Dengan begitu, mereka dapat menghasilkan produk-produk yang lebih baik dan mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar mereka.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment