Seputar Gadget

Kamera Belakang Mirip DSLR! Nubia Z50 Ultra Meluncur

Kamera Belakang Mirip DSLR! Nubia Z50 Ultra Meluncur
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Nubia, sub-merek ZTE, baru saja meluncurkan ponsel flagship terbarunya, Nubia Z50 Ultra, di China. Ponsel ini merupakan kelanjutan dari Nubia Z50 yang diluncurkan pada Desember 2022. Nubia Z50 Ultra hadir dengan sejumlah fitur andalan, termasuk kamera belakang dengan lensa seperti kamera profesional DSLR dan layar bawah layar generasi keempat yang disebut “Neovision”.

Fitur Fotografi yang Mumpuni

Nubia Z50 Ultra menawarkan fitur kamera belakang yang memukau. Terdiri dari tiga sensor, kamera utama memiliki resolusi 64 MP yang menggunakan sensor Sony IMX787 dengan jarak fokus (focal length) 35mm, sama seperti di Nubia Z50 sebelumnya.

Sementara itu, kamera kedua adalah kamera periskop dengan resolusi 64 MP dan focal length di angka 85mm, yang mampu membidik objek dengan jarak yang lebih dekat. Terakhir, kamera ultra-wide beresolusi 50 MP yang mendukung fitur autofokus (AF/AutoFocus) dan dapat digunakan sebagai kamera makro.

Tidak hanya kamera belakang, kamera depan Nubia Z50 Ultra juga menawarkan fitur unggulan yang berbeda dari “saudaranya” Nubia Z50. Kamera depan smartphone ini mendukung teknologi kamera bawah layar (under-display technology) generasi keempat yang disebut “Neovision”, serta memiliki resolusi 16 MP.

Dengan teknologi tersebut, layar Nubia Z50 Ultra terlihat lebih luas dan lega, dengan bezel (bingkai layar) yang sangat tipis sehingga membuat keseluruhan desain perangkat tampak mewah.

BACA JUGA  Mulai Rp 2 Jutaan!Xiaomi Redmi 12 Resmi di Indonesia

Layar Besar dan Performa yang Tinggi

Nubia Z50 Ultra hadir dengan layar datar (flat) berdiagonal 6,8 inci dan mengusung panel AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (2.480×1.116 piksel) dan refresh rate 120 Hz. Layar perangkat ini telah mengantongi sertifikasi low blue light protection yang membantu mengurangi kelelahan mata.

Untuk urusan performa, Nubia Z50 Ultra ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan varian RAM LPDDR5X dan media penyimpanan (storage) UFS 4.0 yang mencakup 8/256 GB, 12/256 GB, 12/512 GB, dan 16 GB/1TB.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka MyOS 13.0. Antarmuka ini diklaim tidak memiliki bloatware (aplikasi bawaan yang terinstal otomatis dari vendor) yang akan membebani kinerja perangkat.

Fitur Lainnya

Nubia Z50 Ultra juga menawarkan fitur menarik lainnya, yaitu tombol fisik baru yang dapat digeser yang terletak sejajar dengan tombol daya dan tombol pengatur suara di bagian kanan perangkat. Tombol baru ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna dan berfungsi sebagai alat membisukan (mute) notifikasi, mengambil foto secara instan, hingga mengaktifkan mode gaming.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 80 watt. Fitur pendukung lainnya termasuk Bluetooth 5.3, Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac/ax/be, USB-C, GPS, NFC, dual speaker, dan pemindai wajah (face unlock) sebagai sistem keamanan perangkat.

BACA JUGA  Turun Rp 2,5 Juta! Harga iPhone 14 di Indonesia Agustus 2023

Harga dan Tersedia di China

Nubia Z50 Ultra tersedia dalam dua varian warna, yaitu abu-abu dan hitam, dan keduanya dilengkapi dengan aksen warna merah pada dua sensor kamera belakang dan tombol daya.

Varian warna Starry Night juga hadir dengan aksen warna serupa dan corak lukisan di punggung perangkat yang terinspirasi dari karya seniman terkenal, Vincent van Gogh.

Meskipun harga perangkat masih belum diumumkan secara resmi oleh ZTE, varian Nubia Z50 Ultra 12/256 GB diperkirakan akan dijual sekitar 4.999 yuan atau setara dengan Rp 11,1 juta (estimasi kurs Rp 2.222). Penjualan perdana di China dijadwalkan pada tanggal 14 Maret 2023.

Kesimpulan

Nubia Z50 Ultra merupakan ponsel flagship terbaru dari sub-merek ZTE. Dengan sejumlah fitur andalannya, termasuk kamera belakang dengan lensa seperti kamera profesional DSLR dan layar bawah layar generasi keempat yang disebut “Neovision”, perangkat ini menawarkan pengalaman pengguna yang sangat memukau.

Ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan baterai berkapasitas besar, Nubia Z50 Ultra juga menawarkan performa yang sangat tinggi.

Meskipun harga perangkat masih belum diumumkan secara resmi oleh ZTE, Nubia Z50 Ultra diharapkan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi penggemar teknologi di seluruh dunia.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment