Berita Seputar Gadget

Samsung Masih Raja di Pasar Smartphone Global

Canalys: Samsung Masih Jadi Raja di Pasar Smartphone Global
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Samsung masih menjadi raja smartphone dengan menduduki peringkat teratas pasar global di tahun 2022. Samsung Electronics Co., Ltd. adalah sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Distrik Yeongtong, Suwon, Korea Selatan.

Canalys baru saja merilis laporan tentang pasar smartphone global. Canalys adalah satu perusahaan riset konsumen dunia. Pada kuartal keempat di tahun 2022 merupakan kinerja tahunan dan Q4 terburuk dalam satu dekade. Canalys menyebutkan bahwa OEM harus berhati-hati terkait dengan kuartal yang akan datang.

Meskipun Canalys menyebutkan bahwa pendistribusian smartphone di pasar global menurun sepanjang tahun. Tercatat, bahwa pendistribusian smartphone di seluruh dunia turun 17% YoY pada Q4 2022.

Penurunan setahun penuh sebesar 11% dan kurang dari 1,2 miliar smartphone dikirimkan secara global pada tahun 2022. Sementara itu, Samsung memimpin pasar secara keseluruhan sepanjang tahun 2022, meskipun Apple sempat jadi yang pertama pada kuartal terakhir 2022.

Samsung tercatat pada tahun 2022 menguasai pasar sebesar 22% meningkat 2% dibandingkan sepanjang tahun 2021. Ditempat kedua hingga kelima, ditempati Apple (19%), Xiaomi (13%), OPPO (9%) dan vivo (9%).

Berikut Peringkatnya :

  1. Samsung (22%)
  2. Apple (19%)
  3. Xiaomi (13%)
  4. Oppo (9%)
  5. Vivo (9%)

Menurut Analis Riset Canalys Runar Bjørhovde, lingkungan ekonomi makro yang sulit sepanjang tahun 2022 menjadikan penurunan pengiriman smartphone. Permintaan untuk segmen low-end hingga mid-range dengan cepat di kuartal sebelumnya.

BACA JUGA  Apple dan Google Bersatu Melawan Stalker

Canalys mencatat permintaan smartphone high-end mulai menunjukkan kelemahan pada Q4 2022. Le Xuan Chiew analis dari Canalys lainnya, mengatakan bahwa OEM memasuki 2023 harus memprioritaskan profitabilitas dan melindungi pangsa pasar mereka.

Sedikit mengenai OEM. Merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang berarti produk OEM diproduksi oleh sebuah perusahaan produsen, namun untuk kemudian dijual kembali oleh perusahaan manufaktur menggunakan merek lain.

Chiew dan Bjørhovde mengatakan hal yang senada bahwa para OEM telah memangkas biaya untuk beradaptasi dengan realitas pasar yang baru. Hubungan yang kuat antara mitra saluran dan vendor akan menjadi sangat penting untuk mempertahankan pangsa pasar.

Canalys memprediksikan pertumbuhan rata-rata untuk pasar smartphone global pada tahun 2023. Pasar seperti Eropa Barat dan Amerika Utara akan terpengaruh oleh perlambatan ekonomi, sedangkan untuk beberapa wilayah di Asia Tenggara mungkin tumbuh pada paruh kedua tahun 2023.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment