Inovasi

Google Meet Bisa Bikin Background Pakai Teknologi AI

Google Meet Bisa Bikin Background Pakai Teknologi AI
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Dalam era digital saat ini, teknologi semakin berkembang dengan pesat, termasuk di bidang komunikasi. Google Meet, sebagai salah satu platform konferensi video populer, terus menghadirkan fitur-fitur inovatif untuk memperbaiki pengalaman penggunanya.

Salah satu fitur menarik yang telah diperkenalkan oleh Google Meet adalah kemampuan untuk mengubah latar belakang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang fitur ini dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal Google Meet dan Fitur Baru

1. Apa itu Google Meet?

Google Meet adalah platform konferensi video yang dikembangkan oleh Google. Dirancang untuk memfasilitasi pertemuan virtual, Google Meet memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi melalui panggilan video dalam berbagai situasi, baik untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun pertemuan keluarga.

2. Perkenalan Fitur Baru: Background AI

Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan oleh Google Meet adalah Background AI. Dengan fitur ini, pengguna memiliki kemampuan untuk mengubah latar belakang saat berada di panggilan video. Sebagai contoh, Anda dapat mengganti latar belakang ruangan Anda dengan gambar latar belakang virtual, sehingga lingkungan sekitar Anda tidak lagi terlihat.

Bagaimana Teknologi AI Bekerja pada Google Meet?

1. Kecerdasan Buatan (AI) di Balik Layar

Teknologi AI yang ada di Google Meet memanfaatkan jaringan saraf tiruan (neural network) untuk mengenali dan membedakan tubuh pengguna dari latar belakang. Ini memungkinkan perangkat lunak untuk secara otomatis menghapus latar belakang asli dan menggantinya dengan gambar latar belakang baru, sesuai dengan preferensi pengguna.

BACA JUGA  Mulai Agustus 2023! QRIS Bisa Transfer, Tarik, Setor Tunai
2. Pelatihan Model AI

Model AI yang digunakan oleh Google Meet untuk mengenali tubuh dan latar belakang telah menjalani proses pelatihan yang intensif. Data berbagai tipe latar belakang dan situasi digunakan untuk melatih model agar dapat mengenali berbagai skenario dengan akurasi yang tinggi.

Cara Menggunakan Fitur Background AI di Google Meet

1. Memastikan Perangkat Terbaru dan Kompatibel

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur Background AI, pastikan aplikasi Google Meet pada perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru dan kompatibel dengan fitur ini.

2. Aktifkan Background AI pada Pengaturan

Setelah memastikan aplikasi terbaru, masuk ke pengaturan Google Meet dan cari opsi “Background AI”. Aktifkan opsi ini untuk dapat menggunakan fitur latar belakang virtual.

3. Pilih Gambar Latar Belakang

Setelah Background AI diaktifkan, Anda dapat memilih gambar latar belakang dari berbagai pilihan yang disediakan oleh Google Meet. Pilihlah gambar yang sesuai dengan suasana atau suasana hati Anda.

4. Nikmati Percakapan dengan Latar Belakang Menarik

Sekarang Anda siap untuk memulai panggilan video dengan latar belakang baru. Nikmati percakapan Anda dengan gaya yang unik dan menarik.

Manfaat dan Dampak Penggunaan Background AI

1. Profesionalisme dalam Pertemuan Bisnis

Dalam pertemuan bisnis, menggunakan latar belakang virtual dapat memberikan kesan profesional dan serius. Anda dapat memilih latar belakang yang mencerminkan identitas perusahaan atau menciptakan suasana yang sesuai dengan topik diskusi.

BACA JUGA  Diuji! Kecerdasan ChatGPT Unggul di Matematika hingga Esai
2. Privasi dan Keamanan

Dengan fitur Background AI, Anda dapat merahasiakan latar belakang fisik Anda, menjaga privasi ruangan Anda, dan menghindari informasi sensitif yang tidak sengaja terlihat oleh peserta lain dalam panggilan.

3. Pengalaman Pembelajaran yang Menarik

Dalam konteks pendidikan, penggunaan latar belakang virtual dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran.

Kesimpulan

Google Meet dengan fitur Background AI telah membuka peluang baru dalam berkomunikasi secara virtual. Pengguna sekarang dapat lebih kreatif dalam mengekspresikan diri mereka dalam panggilan video dan menjaga fleksibilitas dalam situasi yang berbeda. Dengan teknologi kecerdasan buatan di belakangnya, Google Meet terus menjadi platform inovatif untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif dan menyenangkan.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment