Review Tips & Trik

Cara Cek TV Kita Sudah Digital atau Belum

Cara Cek TV Kita Sudah Digital atau Belum
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pada saat ini, siaran televisi sudah berubah dari analog menjadi digital. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia sudah melakukan perubahan ini untuk meningkatkan kualitas siaran televisi.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara untuk mengecek apakah TV mereka sudah mendukung siaran digital atau belum.

Apa itu Siaran Televisi Digital?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengecek TV digital, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu siaran televisi digital. Siaran televisi digital merupakan sistem penyiaran televisi yang menggunakan sinyal digital. Sistem ini menghasilkan gambar dan suara dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan siaran televisi analog.

Kenapa Harus Beralih ke Siaran Televisi Digital?

Siaran televisi digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan siaran televisi analog. Beberapa kelebihannya antara lain:

  1. Kualitas gambar dan suara yang lebih baik.
  2. Dapat menampilkan program dengan format layar lebar (16:9).
  3. Mampu menampilkan berbagai fitur interaktif seperti program informasi dan kuis langsung.

Cara Mengecek TV Sudah Mendukung Siaran Digital atau Belum

Ada beberapa cara untuk mengecek apakah TV kita sudah mendukung siaran digital atau belum, antara lain:

1. Cek Kemasan TV

Cara yang pertama adalah dengan mengecek kemasan TV. Jika TV sudah mendukung siaran digital, biasanya akan terdapat logo DVB-T2 pada kemasan TV.

BACA JUGA  Tanpa Kabel! Begini Cara Menghubungkan HP ke Smart TV
2. Cek Stiker pada TV

Selain melihat kemasan TV, kita juga dapat mengecek stiker yang terdapat pada TV. Stiker tersebut biasanya berada di bagian belakang TV. Jika TV sudah mendukung siaran digital, maka akan terdapat stiker yang menyatakan bahwa TV tersebut mendukung DVB-T2.

3. Cek Menu Setting pada TV

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek menu setting pada TV. Biasanya TV yang mendukung siaran digital akan memiliki opsi untuk mengatur siaran televisi digital.

4. Cek dengan Remote TV

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan remote TV. Kita dapat menekan tombol “INFO” atau “DISPLAY” pada remote TV. Jika TV sudah mendukung siaran digital, maka akan muncul informasi mengenai siaran televisi digital seperti resolusi dan frekuensi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika TV Belum Mendukung Siaran Digital?

Jika TV kita belum mendukung siaran televisi digital, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain:

  1. Membeli Set-Top Box: Set-Top Box merupakan perangkat yang dapat mengubah siaran televisi analog menjadi digital. Dengan menggunakan Set-Top Box, TV kita dapat mendukung siaran televisi digital.
  2. Membeli TV Baru: Jika TV kita sudah sangat tua, maka ada baiknya untuk membeli TV baru yang sudah mendukung siaran televisi digital.
  3. Menghubungi Teknisi: Jika kita tidak ingin membeli Set-Top Box atau TV baru, maka kita dapat menghubungi teknisi untuk melakukan upgrade pada TV kita agar dapat mendukung siaran televisi digital.
BACA JUGA  Corsair K70 Max! Keyboard Mekanik, Switch Bisa Diatur

Kesimpulan

Siaran televisi digital menawarkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan siaran televisi analog. Untuk mengecek apakah TV kita sudah mendukung siaran digital, kita dapat menggunakan beberapa cara seperti mengecek kemasan TV, stiker pada TV, menu setting pada TV, dan menggunakan remote TV.

Jika TV kita belum mendukung siaran digital, maka kita dapat membeli Set-Top Box, membeli TV baru, atau menghubungi teknisi untuk melakukan upgrade pada TV kita.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment