Hardware Inovasi Internet Review

Microsoft Rilis Update Terakhir untuk Windows 10

Microsoft Rilis Update Terakhir untuk Windows 10
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pada bulan Oktober 2021, Microsoft merilis update terakhir untuk sistem operasi Windows 10. Setelah hampir enam tahun sejak pertama kali diperkenalkan, sistem operasi Windows 10 mengalami perubahan besar-besaran untuk terakhir kalinya.

Update Terakhir Pada Windows 10

1. Perubahan dalam Antarmuka Pengguna

Update terakhir untuk Windows 10 membawa perubahan pada antarmuka pengguna (UI) sistem operasi. Antarmuka baru yang disebut ‘Sun Valley’ memperkenalkan perubahan signifikan pada tata letak menu Start, Taskbar, dan Action Center. Tampilan yang lebih bersih dan modern diperkenalkan, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

2. Penambahan Fitur “Snap Layouts” dan “Snap Groups”

Microsoft juga menambahkan fitur baru yang disebut “Snap Layouts” dan “Snap Groups” ke Windows 10. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur jendela aplikasi mereka ke dalam tata letak yang presisi. Ini adalah fitur yang sangat membantu bagi pengguna yang biasanya bekerja dengan beberapa jendela aplikasi terbuka pada saat yang sama.

3. Perubahan pada Cortana

Cortana, asisten digital Windows, mengalami perubahan besar-besaran dalam update terakhir untuk Windows 10. Asisten digital ini sekarang menjadi aplikasi yang terpisah dan tidak lagi terintegrasi dengan sistem operasi secara default. Ini menandakan pergeseran fokus Microsoft dari Cortana sebagai asisten desktop ke penggunaan Cortana di perangkat seluler.

4. Penyempurnaan di Edge

Edge, browser web bawaan Windows 10, mengalami perubahan besar-besaran dalam update terakhir ini. Browser ini sekarang didasarkan pada mesin Chromium, yang sama dengan yang digunakan oleh Google Chrome. Ini membawa banyak perbaikan kinerja dan fitur baru ke Edge, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

BACA JUGA  Komputer Mini Raspberry Pi 5 Resmi! Kinerja Dua Kali Lebih Tinggi
5. Peningkatan Keamanan

Update terakhir untuk Windows 10 juga membawa peningkatan keamanan ke sistem operasi. Ini termasuk perbaikan pada Windows Defender dan pembaruan keamanan reguler. Fitur keamanan baru seperti “Windows Hello for Business” juga diperkenalkan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan bagi pengguna Windows 10.

6. Dukungan untuk WSL 2

Windows Subsystem for Linux (WSL) 2, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi Linux di dalam Windows, mendapatkan banyak perhatian dalam update terakhir untuk Windows 10. Dalam update ini, Microsoft telah menambahkan dukungan untuk GPU passthrough di WSL 2, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi yang memerlukan akses GPU secara native.

7. Mendukung pengguna yang tidak ingin meng-upgrade ke Windows 11

Meskipun Windows 11 sudah dirilis, Microsoft memahami bahwa beberapa pengguna mungkin tidak ingin meng-upgrade ke versi terbaru dari sistem operasi Windows. Oleh karena itu, update terakhir untuk Windows 10 dirancang untuk memberikan dukungan jangka panjang bagi pengguna yang masih ingin menggunakan sistem operasi Windows 10.

8. Kompatibilitas Perangkat Lunak yang Lebih Baik

Dalam update terakhir untuk Windows 10, Microsoft telah meningkatkan kompatibilitas perangkat lunak dengan sistem operasi. Ini termasuk peningkatan yang signifikan pada kompatibilitas perangkat lunak yang lebih lama dengan Windows 10. Hal ini memungkinkan pengguna untuk terus menggunakan perangkat lunak yang diinginkan tanpa mengalami masalah kompatibilitas.

BACA JUGA  Tanpa Watermark! 5 Aplikasi Editing Video Gratis di HP
9. Pembaruan Pada Setelan Pengaturan

Pada update terakhir ini, Microsoft juga melakukan perubahan pada pengaturan sistem operasi. Ini termasuk perubahan pada halaman pengaturan dengan menambahkan beberapa opsi tambahan dan memperbaiki beberapa tampilan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna dalam menemukan dan mengatur pengaturan yang dibutuhkan.

10. Perbaikan Bug dan Peningkatan Kinerja

Update terakhir untuk Windows 10 juga mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Dalam update ini, Microsoft telah melakukan banyak perbaikan pada sistem operasi untuk meningkatkan kestabilan dan kinerja secara keseluruhan. Ini akan memastikan pengguna dapat mengalami pengalaman yang lebih baik saat menggunakan Windows 10.

Dalam keseluruhan, update terakhir untuk Windows 10 membawa banyak perubahan yang signifikan pada sistem operasi. Perubahan pada antarmuka pengguna, penambahan fitur baru, perbaikan keamanan, peningkatan kinerja, dan dukungan jangka panjang adalah beberapa perubahan yang paling penting dalam update ini. Ini menunjukkan bahwa Microsoft masih terus berinvestasi pada Windows 10 bahkan setelah rilisnya Windows 11. Oleh karena itu, pengguna yang masih ingin menggunakan Windows 10 dapat merasa lebih aman dan nyaman dengan update terakhir ini.

Kesimpulan

Dalam update terakhir untuk Windows 10, Microsoft telah membawa banyak perubahan yang signifikan pada sistem operasi. Dari perubahan antarmuka pengguna hingga peningkatan keamanan dan penambahan fitur baru, pengguna Windows 10 akan merasakan perbedaan yang signifikan setelah menginstal update terakhir ini. Ini menunjukkan bahwa Microsoft masih memprioritaskan pengembangan dan investasi pada sistem operasi Windows 10.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment