Aplikasi Inovasi Social Media

Berantas Misinformasi! Google Search Siapkan 5 Fitur Baru

Berantas Misinformasi! Google Search Siapkan 5 Fitur Baru
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, selalu berusaha untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya untuk para pengguna. Salah satu masalah yang sering terjadi di era digital ini adalah penyebaran misinformasi atau disinformasi yang dapat mempengaruhi persepsi dan tindakan pengguna.

Untuk mengatasi hal ini, Google berencana untuk meluncurkan 5 fitur baru untuk berantas misinformasi. Apa saja fitur baru yang disiapkan oleh Google? Berikut ulasannya.

1. Keterangan Tambahan di Hasil Pencarian

Salah satu fitur baru yang akan diluncurkan oleh Google adalah penambahan keterangan tambahan di hasil pencarian. Keterangan ini akan memberikan informasi tentang sumber informasi, kebenaran informasi, serta konteks dari informasi tersebut. Dengan adanya keterangan tambahan ini, pengguna akan lebih mudah membedakan informasi yang benar-benar akurat dengan informasi yang tidak terpercaya.

2. Penanda di Google Images

Selain hasil pencarian, Google juga akan menambahkan penanda di Google Images. Penanda ini akan memberikan informasi tentang keaslian gambar dan sumber gambar tersebut. Dengan adanya penanda ini, pengguna dapat lebih mudah membedakan gambar asli dengan gambar yang telah dimanipulasi atau diedit.

3. Pemberitahuan di Google News

Google News juga akan mendapatkan fitur baru untuk berantas misinformasi. Pemberitahuan akan ditampilkan di Google News untuk memberitahukan kepada pengguna jika ada berita yang telah dibantah atau dikoreksi. Dengan adanya pemberitahuan ini, pengguna dapat lebih mudah membedakan berita yang benar-benar terpercaya dengan berita yang tidak akurat.

BACA JUGA  Google Search Bisa Rangkum Artikel di Website Menggunakan AI

4. Fitur Khusus untuk Fakta

Google juga akan meluncurkan fitur khusus untuk fakta. Fitur ini akan menampilkan informasi tentang fakta yang terkait dengan topik tertentu. Informasi fakta ini akan diperoleh dari sumber-sumber yang terpercaya dan diakui oleh Google.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat lebih mudah memahami topik tertentu dan membedakan antara fakta dengan opini atau pendapat.

5. Ulasan Fakta di YouTube

Terakhir, Google juga akan menambahkan fitur ulasan fakta di platform YouTube. Fitur ini akan memberikan informasi tentang kebenaran dari konten yang diposting di YouTube. Ulasan fakta ini akan dilakukan oleh para ahli dan sumber-sumber terpercaya yang telah diakui oleh Google. Dengan adanya ulasan fakta ini, pengguna dapat lebih mudah membedakan konten yang akurat dengan konten yang tidak terpercaya.

Dengan peluncuran kelima fitur baru ini, diharapkan pengguna dapat lebih mudah membedakan informasi yang akurat dengan informasi yang tidak terpercaya. Selain itu, para pengguna juga diharapkan dapat menjadi lebih kritis dalam menilai dan memilih informasi yang mereka terima dari mesin pencari.

Kesimpulan

Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia terus berinovasi dan mengembangkan fitur-fitur baru untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan aman bagi para pengguna.

Dengan peluncuran 5 fitur baru untuk berantas misinformasi, Google berharap dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya serta meminimalisir penyebaran misinformasi di era digital ini.

BACA JUGA  Negara Bagian di AS Bersiap Blokir Total TikTok

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment