Aplikasi Berita Social Media

Layanan Spotify Live Pesaing Clubhouse Ditutup

Layanan Spotify Live Pesaing Clubhouse Ditutup
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Spotify Live, layanan yang diluncurkan oleh platform musik terkemuka Spotify untuk bersaing dengan Clubhouse dalam hal siaran langsung atau live streaming, dikabarkan akan ditutup pada bulan Juli 2021.

Ini menjadi kabar mengejutkan bagi para pengguna Spotify Live dan komunitas podcast yang menggunakan layanan tersebut sebagai platform mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan di balik penutupan Spotify Live, dan alternatif yang tersedia untuk para pengguna Spotify dan komunitas podcast.

Latar Belakang

Spotify Live adalah fitur baru yang diluncurkan oleh Spotify pada bulan Februari 2021 untuk menyaingi Clubhouse, platform live streaming suara yang sedang tren pada saat itu. Fitur ini memungkinkan para pengguna Spotify untuk membuat dan mengirim siaran langsung suara, termasuk pembicaraan dan podcast.

Namun, sayangnya layanan ini tidak berjalan dengan lancar, dan beberapa pengguna melaporkan bug dan masalah teknis lainnya yang mengganggu pengalaman pengguna.

Alasan Penutupan

Pada awal Juni 2021, Spotify mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan Spotify Live pada bulan Juli 2021. Mereka mengatakan bahwa mereka akan fokus pada pengembangan fitur podcast, yang merupakan fokus utama platform mereka. Penutupan Spotify Live tidak hanya terjadi karena masalah teknis, tetapi juga karena kurangnya minat dari pengguna dan audiens potensial.

Terlebih lagi, dengan munculnya platform live streaming lainnya seperti Twitter Spaces dan Facebook Live Audio Rooms, persaingan di pasar semakin ketat, dan Spotify perlu mengevaluasi kembali prioritas mereka.

BACA JUGA  KEREN! Fitur Tersembunyi dari Instagram Notes 2023

Alternatif untuk Pengguna Spotify dan Komunitas Podcast

Bagi para pengguna Spotify Live yang sedang mencari alternatif, ada beberapa pilihan yang tersedia. Pertama-tama, mereka dapat mencoba fitur Spotify lainnya seperti Spotify Greenroom, yang merupakan aplikasi baru yang diluncurkan oleh Spotify pada bulan Juni 2021. Fitur ini menawarkan pengalaman yang sama dengan Clubhouse dan Spaces, memungkinkan pengguna untuk membuat siaran langsung suara dan bergabung dengan percakapan.

Selain itu, pengguna juga dapat mencoba platform live streaming lainnya seperti Clubhouse, Twitter Spaces, dan Facebook Live Audio Rooms. Semua platform ini menawarkan pengalaman yang serupa dengan Spotify Live, memungkinkan pengguna untuk membuat siaran langsung suara dan bergabung dengan percakapan dengan audiens mereka.

Kesimpulan

Penutupan layanan Spotify Live pada bulan Juli 2021 mengejutkan banyak pengguna dan komunitas podcast yang menggunakan layanan ini sebagai platform mereka. Namun, dengan semakin ketatnya persaingan di pasar, Spotify perlu mengevaluasi kembali prioritas mereka dan memfokuskan sumber daya mereka pada fitur podcast, yang merupakan fokus utama platform mereka.

Meskipun Spotify Live akan ditutup, ada banyak alternatif yang tersedia untuk para pengguna Spotify dan komunitas podcast yang mencari platform live streaming suara.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment