Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Baterai iPhone tidak terisi Saat dicas.

cara mengatasi baterai iphone
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Para pengguna iPhone pasti pernah mengalami kendala ketika mengisi baterai atau saat dicas. Ada yang tidak terisi sama sekali, atau sangat lama saat dicas bahkan malah berkurang baterainya saat dicas.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti memakai charger yang tidak ori atau KW. Ini mengakibatkan output yang tidak sesuai saat pengisian sehingga menghambat proses pengisian daya. Yang paling parah adalah perangkat iPhone menjadi tidak bertahan lama.

Kemudian adanya kotoran pada konektor cas dan port iPhone. Ini bisa menghambat pengisian daya.

Melihat beberapa faktor penyebab permasalahan pada pengisian daya berikut 5 cara mengatasinya.

Cek kondisi Charger

Dengan menggunakan charger asli output daya yang dihasilkan akan sesuai dengan perangkat iPhone sehingga pengisian akan berjalan lancar. Apabila menggunakan charger dengan daya output yang rendah biasanya pengisian akan memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Cek kondisi Kabel Charger

Pastikan kondisi kabel charger tidak terkelupas atau terputus. Kemudian pastikan juga adaptor tidak mengeluarkan percikan api ketika dihubukan dengan stopkontak.

Apabila charger mengalami tanda-tanda seperti itu maka segeralah ganti dengan yang baru. Sehingga pengisian daya iPhone menjadi optimal

Periksa kondisi stopkontak

Apabila pengisian daya terasa mengalami penurunan cobalah untuk mengecek stopkontak. Terkadang arus listrik dari stopkontak tidak normal, maka cobalah dengan memasang di stopkontak di tempat berbeda.

BACA JUGA  Cek Sebelum Membeli! Ciri iPhone yang Kena Pemblokiran IMEI

Hentikan menjalankan aplikasi berat

Terkadang ketika melakukan pengisian daya bukannya terisi malah baterai berkurang. Ini bisa disebabkan karena adanya apikasi yang berat sedang berjalan, seperti bermain game atau editing video.

Ketika ada aplikasi berat sedang berjalan maka akan membuat suhu iPhone menjadi panas. Apabila suhu iPhone mengalami panas yang berlebih maka pengisian daya bakal dihentikan sementara. Karena itulah mesti tersambung dengan dengan charger baterai akan berkurang. Maka sebaiknya hentikan menggunakan aplikasi berat ketika sedang melakukan pengisian daya.

Bersihkan port iPhone dan konektor charger

Pengisian daya bisa terganggu dengan adanya kotoran pada port atau konektor charger. Biasanya Berupa debu atau cairan. Untungnya untung seri Iphone XR keatas terdapat fitur pendeteksi cairan pada port dan konektor.

Biasanya iPhone akan menampilkan secara otomatis apabila terdeteksi cairan. Apabila tidak segera dibersihkan maka pengisian akan langsung berhenti.

Dikutip dari laman resmi Apple, untuk membersihkan kotoran di port atau konektor, caraya bisa dengan mengusap menggunakan kain berbahan lembut.

Demikianlah 5 cara mengatasi permasalahan dalam pengisian baterai pada iPhone. Sedikit informasi tambahan, apabila dengan cara diatas tetap terjadi masalah maka disarankan untuk membawa iPhone ke servis center untuk pengecekan lebih lanjut.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment