Tips & Trik

Cara Mengetahui Kesehatan Baterai Ponsel Kalian

Cara Mengetahui Kesehatan Baterai Ponsel Kalian
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para pengguna Android adalah masalah baterai yang kerap bocor. Hal seperti itu tentu membuat daya ponsel cepat habis karena perangkat tersebut mengalami pengurangan daya pakai secara alami lewat pengisian rutin.

Hal paling fatal yang disebabkan kebocoran baterai adalah ponsel akan mati secara tiba-tiba. Tentu saja kejadian seperti itu sangat tidak diharapkan, bukan?

Untuk menghindari hal seperti itu kalian bisa mulai memperhatikan kesehatan baterai ponsel kalian. Sebenarnya, beberapa perangkat Android dibekali cara untuk memeriksanya, namun hanya secara umum. Ada cara lebih simple yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan baterai ponsel Android.

Sebelum membahas tentang kesehatan baterai, kalian perlu ketahui dulu apa itu kesehatan baterai. sederhananya, kesehatan baterai sebuah ponsel menentukan seberapa banyak proses degradasi pada setiap siklus pengisian daya. Sebagai contoh, katakanlah ponsel Android Kalian memiliki kapasitas baterai 4500mAh. Dengan kesehatan baterai 100%, ini akan menampung 4500mAh saat ponsel terisi penuh.

Namun dengan pengisian biasa, kesehatan baterai berkemungkinan turun hingga 95%. Dalam hal ini, performa baterai ponsel kalian tidak akan mendapatkan kapasitas 4500mAh penuh dari baterainya meskipun sudah terisi 100% karena degradasi yang terjadi selama bertahun-tahun pemakaian.

Semakin rendah kesehatan baterai, semakin pendek masa penggunaan baterai. Ponsel dengan kesehatan baterai rendah akan lebih cepat habis dan memiliki kemungkinan menghadapi masalah seperti menjadi panas selama penggunaan.

BACA JUGA  Lenovo ThinkPhone Meluncur. Ponsel Dengan Daya Tahan Tinggi.

Lantas bagaimana cara mengecek kesehatan baterai ponsel Android? Berikut ulasannya!

1. Menggunakan menu Pengaturan/Settings

Setiap perangkat Android dibekali fitur untuk mengecek status baterai melalui menu Pengaturan/Settings. Tetapi perlu diketahui bahwa informasi yang diberikan dan opsi navigasi dapat bervariasi tergantung pada versi Android kalian. Berikut adalah garis besar dari apa yang perlu kalian lakukan:

Bukalah panel Pengaturan/Settings di ponsel kalian dan buka Baterai/Battery.

Pada panel Baterai/Battery, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas dan klik Penggunaan Baterai/Battery Usage untuk menemukan daftar aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya sejak pengisian daya terakhir.

Jika kalian ingin menutup paksa aplikasi, ketuk nama aplikasi dan pilih pengaturan yang sesuai dengan tujuan Kalian.

2. Menggunakan Kode Panggilan

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kalian dapat mengakses menu diagnostik tersembunyi di ponsel Android dengan menggunakan kode rahasia yang terdiri dari angka, tkalian bintang, dan pagar. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai ponsel kalian.

Buka aplikasi Phone di smartphone kalian dan masukan *#*#4636#*#* di dial pad.

Setelah muncul menu pengujuan pada layar pnsel kalian, carilah Informasi Baterai untuk detail seperti tingkat pengisian daya, suhu baterai, dan kesehatan.

3. Menggunakan Aplikasi

Jika kedua cara tersebut menurut kalian kurang efektif, kalian bisa menggunakan aplikasi AccuBattery di ponsel Android kkalianalian. Aplikasi ini akan menampilkan detail seperti informasi penggunaan, kapasitas baterai, suhu, dan lainnya. Untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel melalui aplikasi pihak ketiga, kalian dapat mengikuti langkah berikut:

BACA JUGA  Fitur Instagram Notes Tidak Muncul! Ini Cara Mengatasinya

Unduh aplikasi AccuBattery dari Play Store dan instal di ponsel kalian.

Setelah Kalian membuka aplikasi, Kalian akan menemukan empat tab: Mengisi Daya/Charging, Mengosongkan/Discharging, Kesehatan/Health, dan Riwayat/History. 

Buka tab Kesehatan/Health di bagian bawah.

Kalian akan dapat melihat persentase kesehatan baterai kalian serta Info lainnya seperti kapasitas baterai pada aplikasi tersebut.

Demikian cara mengecek kesehatan baterai ponsel Android. Semoga bermanfaat!

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment