Aplikasi Seputar Gadget Tips & Trik

Cek HP Samsung! 2 Cara Cek Status atau “Battery Health”

Cek HP Samsung! 2 Cara Cek Status atau "Battery Health"
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Samsung merupakan salah satu merek smartphone yang paling populer di dunia saat ini. Smartphone Samsung dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan teknologi terbaru. Namun, tidak sedikit pengguna Samsung yang mengalami masalah baterai.

Untuk mengetahui kondisi baterai pada HP Samsung, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu melalui pengaturan bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah dua cara cek status atau “battery health” di HP Samsung.

Melalui Pengaturan Bawaan

Cara pertama untuk mengecek status atau “battery health” di HP Samsung adalah melalui pengaturan bawaan. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka menu Pengaturan pada HP Samsung Anda.

Langkah 2: Pilih Baterai

Pada menu Pengaturan, pilih opsi Baterai.

Langkah 3: Cek Status Baterai

Setelah masuk ke menu Baterai, Anda akan melihat informasi tentang persentase baterai dan estimasi waktu penggunaan baterai. Selain itu, terdapat juga informasi tentang status baterai seperti Kondisi Baterai, Tingkat Daya Saat Ini, dan Riwayat Pengisian Daya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melalui pengaturan bawaan, cara lain untuk mengecek status atau “battery health” di HP Samsung adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store, namun berikut adalah dua aplikasi yang direkomendasikan:

1. AccuBattery

AccuBattery adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengecek status atau “battery health” di HP Samsung. Aplikasi ini dapat memberikan informasi detail tentang kondisi baterai, tingkat daya saat ini, riwayat pengisian daya, dan estimasi waktu penggunaan baterai.

BACA JUGA  Hindari 5 Kebiasaan Ini kalau Tak Mau Smartphone Cepat Rusak

AccuBattery juga dilengkapi dengan fitur alarm yang dapat membantu pengguna untuk menghindari overcharging dan over-discharging.

2. Battery Doctor

Battery Doctor adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk mengecek status atau “battery health” di HP Samsung. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang persentase baterai, waktu penggunaan baterai, dan status baterai seperti temperatur baterai, kondisi baterai, dan kesehatan baterai.

Selain itu, Battery Doctor juga dilengkapi dengan fitur penghemat baterai yang dapat membantu pengguna untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada HP Samsung.

Kesimpulan

Mengecek status atau “battery health” di HP Samsung sangatlah penting untuk menjaga kinerja dan umur baterai pada HP Samsung. Ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu melalui pengaturan bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Pengguna dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment