Seputar Gadget Tips & Trik

Cukup Ketukan Jari! Begini Cara Screenshot di iPhone

Cukup Ketukan Jari! Begini Cara Screenshot di iPhone
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Apakah Anda ingin tahu cara melakukan tangkapan layar (screenshot) di iPhone menggunakan ketukan jari? Di artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang sederhana dan mudah untuk melakukan screenshot di perangkat iPhone Anda hanya dengan menggunakan jari Anda.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat dengan cepat menangkap dan menyimpan gambar layar yang penting, seperti pesan teks, pengaturan, atau momen-momen penting lainnya. Mari kita mulai dan pelajari cara melakukan screenshot di iPhone dengan mudah!

Mengapa Screenshot di iPhone dengan Ketukan Jari?

Menggunakan ketukan jari untuk melakukan screenshot di iPhone sangatlah mudah dan nyaman. Dengan menggunakan kombinasi tombol yang tepat, Anda dapat dengan cepat menangkap apa pun yang ada di layar iPhone Anda, tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menu yang rumit. Metode ini bekerja pada berbagai model iPhone, termasuk iPhone dengan tombol fisik dan model yang menggunakan tombol samping. Dengan menguasai langkah-langkah ini, Anda akan dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat dan efisien.

Mempersiapkan iPhone Anda

Sebelum mulai mengambil tangkapan layar di iPhone Anda, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat dengan benar. Pastikan iPhone Anda dalam keadaan hidup dan terkunci. Pastikan juga volume perangkat Anda tidak dalam keadaan maksimum atau mute agar tidak terganggu oleh suara shutter kamera saat melakukan tangkapan layar.

BACA JUGA  Ponsel Lipat Paling Tipis! Honor Magic V2 Meluncur

Langkah-langkah Melakukan Screenshot

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan screenshot di iPhone dengan ketukan jari.

Langkah 1: Identifikasi Tombol yang Diperlukan

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi tombol yang diperlukan untuk melakukan screenshot. Tombol yang Anda butuhkan tergantung pada model iPhone yang Anda miliki.

  • Untuk iPhone dengan Tombol Fisik: Anda akan menggunakan Tombol Power (juga dikenal sebagai Tombol Sleep/Wake) dan Tombol Home.
  • Untuk iPhone dengan Tombol Samping: Anda akan menggunakan Tombol Power dan Tombol Volume Atas.
Langkah 2: Temukan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Setelah mengidentifikasi tombol yang diperlukan, temukan layar yang ingin Anda screenshot. Pastikan konten yang ingin Anda tangkap berada di layar iPhone Anda saat ini.

Langkah 3: Ketuk Tombol Power dan Tombol Home (untuk iPhone dengan Tombol Fisik) atau Tombol Power dan Tombol Volume Atas (untuk iPhone dengan Tombol Samping)

Sekarang, ketuk dan tahan Tombol Power (Tombol Sleep/Wake) dan Tombol Home (untuk iPhone dengan Tombol Fisik) atau Tombol Power dan Tombol Volume Atas (untuk iPhone dengan Tombol Samping) secara bersamaan. Pastikan Anda menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan segera melepaskannya.

Langkah 4: Tangkap Layar

Setelah Anda melakukan ketukan jari pada tombol yang tepat, layar akan berkedip sejenak dan Anda akan mendengar suara seperti kamera mengambil foto. Ini menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

BACA JUGA  Harga iPhone 11 Resmi Indonesia, Kini Rp 7 Jutaan
Langkah 5: Melihat dan Mengelola Tangkapan Layar Anda

Tangkapan layar yang baru saja Anda ambil akan otomatis disimpan di galeri foto di iPhone Anda. Untuk melihatnya, buka aplikasi “Foto” dan cari di album “Tangkapan Layar” atau “Screenshots”. Di sana Anda akan menemukan semua tangkapan layar yang telah Anda ambil.

Tips Tambahan untuk Screenshot yang Lebih Baik

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda mengambil tangkapan layar yang lebih baik di iPhone:

  • Pastikan jari Anda tidak menghalangi lensa kamera saat melakukan tangkapan layar.
  • Gunakan kedua tangan Anda untuk menekan tombol secara bersamaan dan menghindari getaran yang tidak diinginkan.
  • Jika Anda mengalami kesulitan menekan tombol secara bersamaan, Anda dapat menggunakan AssistiveTouch, fitur aksesibilitas di iPhone, untuk membuat tombol virtual untuk tangkapan layar.

Kesimpulan

Melakukan tangkapan layar di iPhone dengan ketukan jari sangat mudah dan bermanfaat dalam berbagai situasi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan cepat menangkap dan menyimpan gambar layar yang penting. Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga atau mempelajari menu yang rumit. Metode ini dapat digunakan pada berbagai model iPhone dan sangat berguna dalam berbagi informasi, mengambil bukti layar, atau menyimpan momen-momen penting dalam kehidupan Anda.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment