Aplikasi Berita Tips & Trik

Marak QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid! 5 Cara Menghindarinya

Marak QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid! 5 Cara Menghindarinya
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – QRIS atau Quick Response Indonesia Standard menjadi salah satu metode pembayaran yang sedang marak di Indonesia. Tak heran, jika kotak amal masjid pun ikut menyediakan QRIS untuk memudahkan jamaah dalam berdonasi. Namun, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan QRIS palsu untuk mencuri uang jamaah. Berikut ini adalah 5 cara menghindari QRIS palsu di kotak amal masjid.

1. Periksa Logo Resmi QRIS

Pastikan kotak amal masjid menyediakan QRIS yang menggunakan logo resmi QRIS. QRIS resmi memiliki logo bergambar mata uang rupiah di tengahnya dan di bawahnya tertera tulisan QRIS Indonesia.

2. Pastikan Nomor QRIS Benar

Periksa nomor QRIS yang tertera di kotak amal masjid dan pastikan nomornya benar. Jangan sampai kamu melakukan pembayaran ke nomor QRIS palsu yang dimiliki oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Gunakan Aplikasi Resmi

Pastikan kamu menggunakan aplikasi resmi yang sudah terverifikasi oleh pihak bank atau penyedia layanan pembayaran digital. Aplikasi resmi akan membantu kamu memastikan nomor QRIS yang akan kamu bayar adalah nomor yang benar.

4. Cek Ulang Setelah Berdonasi

Usai melakukan pembayaran, cek ulang saldo rekening kamu untuk memastikan pembayaran yang kamu lakukan sudah masuk ke rekening yang benar. Jika ada kesalahan, segera laporkan ke pihak terkait.

5. Laporkan Jika Menemukan Kecurangan

Jika kamu menemukan kecurangan dalam penggunaan QRIS di kotak amal masjid, segera laporkan ke pihak yang berwenang atau ke pengurus masjid.

BACA JUGA  2 Cara Mudah Menghapus Cache di Android TV

QRIS memang memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran, namun jika tidak hati-hati bisa saja terkena tindakan penipuan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti 5 cara menghindari QRIS palsu di kotak amal masjid yang sudah dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Penggunaan QRIS di kotak amal masjid memang sedang marak, namun tak sedikit pula oknum yang memanfaatkannya untuk melakukan penipuan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap waspada dan mengikuti 5 cara menghindari QRIS palsu di kotak amal masjid.

FAQ

  1. Apa itu QRIS? QRIS atau Quick Response Indonesia Standard adalah metode pembayaran yang sedang marak di Indonesia. QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan menggunakan kode QR.
  2. Bagaimana cara memastikan nomor QRIS benar? Pastikan nomor QRIS yang tertera di kotak amal masjid benar dengan membandingkannya dengan nomor QRIS resmi yang sudah kamu daftarkan di aplikasi resmi pembayaran digital.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment