Hardware Tips & Trik

Mengatasi “Your Connection is Not Private” Google Chrome

Mengatasi “Your Connection is Not Private” Google Chrome
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Jika Anda pernah mengakses sebuah situs web di Google Chrome dan muncul pesan “Your Connection is Not Private”, Anda pasti merasa sangat kesal. Pesan ini menandakan bahwa situs web yang ingin Anda akses tidak memiliki sertifikat keamanan yang valid atau terjadi masalah pada koneksi internet Anda.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi error ini. Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi error “Your Connection is Not Private” di Google Chrome.

1. Periksa Tanggal dan Waktu di Komputer Anda

Salah satu alasan umum mengapa pesan “Your Connection is Not Private” muncul adalah karena tanggal dan waktu di komputer Anda tidak diatur dengan benar. Jika tanggal dan waktu di komputer Anda tidak sinkron dengan server waktu yang digunakan oleh situs web yang ingin Anda akses, maka akan muncul pesan kesalahan ini.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memperbaiki tanggal dan waktu di komputer Anda. Pastikan tanggal, waktu, zona waktu, dan tahun diatur dengan benar di komputer Anda. Jika Anda tidak yakin cara melakukannya, Anda dapat mencari panduan di internet atau meminta bantuan dari ahli IT.

2. Hapus Riwayat Penjelajahan dan Cache di Google Chrome

Riwayat penjelajahan dan cache di Google Chrome dapat mempengaruhi koneksi internet Anda dan menyebabkan error “Your Connection is Not Private”. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk menghapus riwayat penjelajahan dan cache di Google Chrome.

BACA JUGA  Cara Mengunci Tab Incognito Google Chrome di iPhone

Caranya cukup mudah. Pertama, buka Google Chrome dan klik ikon “More” (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas layar. Kemudian pilih “More tools” dan pilih “Clear browsing data”. Pilih rentang waktu yang ingin Anda hapus, centang kotak “Cookies and other site data” dan “Cached images and files”, lalu klik “Clear data”.

3. Nonaktifkan Antivirus atau Firewall Anda

Beberapa antivirus atau firewall dapat memblokir koneksi internet Anda dan menyebabkan error “Your Connection is Not Private”. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk menonaktifkan sementara antivirus atau firewall Anda untuk sementara waktu dan mencoba mengakses situs web lagi.

Jika Anda tidak yakin cara menonaktifkan antivirus atau firewall Anda, Anda dapat mencari panduan di internet atau meminta bantuan dari ahli IT.

4. Perbarui Google Chrome Anda

Jika Google Chrome Anda tidak diperbarui, itu dapat menyebabkan error “Your Connection is Not Private”. Oleh karena itu, pastikan Google Chrome Anda selalu diperbarui ke versi terbaru.

Caranya cukup mudah. Buka Google Chrome dan klik ikon “More” (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas layar. Kemudian pilih “Settings” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan “About Chrome”. Klik “About Chrome” dan Google Chrome akan memeriksa dan memperbarui ke versi terbaru.

5. Periksa Koneksi Internet Anda

Jika masalah “Your Connection is Not Private” terjadi pada semua situs web yang ingin Anda akses, kemungkinan besar masalah ada pada koneksi internet Anda. Ada beberapa cara untuk memeriksa koneksi internet Anda.

BACA JUGA  Zoom PWA! Cara Menggunakan di Chromebook

Pertama, pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi atau koneksi internet yang stabil dan kuat. Jika koneksi internet Anda lemah atau tidak stabil, itu dapat menyebabkan error “Your Connection is Not Private”.

Kedua, periksa modem atau router Anda. Pastikan kabel jaringan terhubung dengan baik dan modem atau router Anda berfungsi dengan baik. Jika ada masalah pada modem atau router Anda, itu dapat mempengaruhi koneksi internet Anda dan menyebabkan error “Your Connection is Not Private”.

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih mengalami masalah “Your Connection is Not Private”, Anda dapat mencoba untuk menghubungi penyedia layanan internet atau ahli IT untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Jadi, itu dia 5 cara mengatasi error “Your Connection is Not Private” di Google Chrome. Ingatlah bahwa pesan ini muncul karena masalah pada sertifikat keamanan situs web yang ingin Anda akses atau masalah pada koneksi internet Anda.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat memperbaiki masalah dan kembali menjelajahi internet dengan aman dan nyaman.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment