Tips & Trik

Tips Menggunakan E-Banking agar Tetap Aman

7 Tips Menggunakan E-Banking agar Tetap Aman dalam Bertransaksi
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Elektronic Banking atau disebut juga e-banking adalah layanan untuk memudahkan pengguna dalam pengelolaan keuangan. Teknologi perbankan digital, memudahkan nasabah dalam bertransaksi mulai dari transfer hingga pembayaran tagihan.

Meski banyak kelebihan yang ditawarkan, namun masyarakat harus tetap memperhatikan keamanannya. Ini dikarenakan saat ini banyak akan penipuan di dunia siber yang berisiko dapat menguras rekening Anda.

Agar penggunaan e-banking dalam keseharian tetap aman, Anda harus selalu mewaspadai dan berhati-hati dalam bertransaksi.

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan agar keamanan tetap terjaga.

Menggunakan kata sandi yang kuat dan unik

Dilansir dari Forbes kata sandi adalah hal yang rentan akan peretasan untuk memulai kejahatan siber. Selama ini pengguna masih kurang memperhatikan dalam membuat kata sandi ideal dan aman untuk e-banking.

Pengguna sering menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti, tanggal lahir, kombinasi angka yang sederhana, dan tidak memperbarui kata sandi secara teratur. Hal inilah yang menjadikan password mudah ditebak. Disarankan untuk menggunakan kata sandi dengan kriteria seperti berikut :

  • Kata sandi lebih panjang
  • Kombinasi huruf besar, kecil, angka, dan karakter khusus
  • Jangan membuat sandi yang berurutan
  • Jangan gunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir, alamat, dan lainnya
  • Jangan simpan detail login aplikasi perbankan di HP Anda
  • Jangan menulis kata sandi di belakang kartu debit atau kredit
  • Rutin mengganti password tiap tiga hingga enam bulan sekali
  • Aktifkan Two-Factor Authentication
BACA JUGA  Cara Membersihkan Port Charger iPhone dari Debu dan Cairan

Jangan lupa untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor. Dengan fitur tersebut maka akan memberikan keamanan ganda untuk aplikasi mobile banking. Jenis autentikasi dua faktor ini beragam. Salah satunya adalah verifikasi biometrik dengan fingerprint.

Cobalah menghindari WiFi publik saat menggunakan e-banking

Pengguna disarankan untuk meminimalisir memakai WiFi publik. Dikhawatirkan perangkat terkena malware atau spyware yang membahayakan data-data e-banking. Untuk lebih amannya lebih baik menggunakan data internet pribadi.

Mendaftar notifikasi peringatan perbankan

Umumnya ketika mendaftar e-banking nasabah maka kita diminta untuk menyetujui mengenai informasi tambahan. Salah satunya notifikasi mengenai peringatan aktivitas mencurigakan. Biasanya pengguna akan mendapatkan notifikasi berupa e-mail atau SMS.

Hal ini dapat membantu Anda lebih waspada terhadap kejahatan siber pada e-banking.

Tetap waspada dalam penipuan phising

Phising merupakan merupakan kasus penipuan paling umum dan sering terjadi saat ini. Pelaku akan mencuri identitas Anda untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi dan keuangan.

Bentuk kejahatan ini sering ditemui pada e-mail atau SMS. Kasus ini juga mengatasnamakan bank asal nasabah dan mengarahkan pengguna untuk mengklik tautan dan masuk ke situs palsu yang dibuatnya.

Untuk lebih waspada cek kembali e-mail pengirim dan hindari untuk membagikan detail pribadi pada nomor atau e-mail asing yang Anda terima. 

Cek nomor mencurigakan

Saat ini marak sekali penipuan perbankan melalui nomor tak dikenal yang dikirim di WhataApp. Umumnya pengguna diarahkan untuk membuka aplikasi atau menuju link tertentu. Sebelum melakukan tindakan tersebut pastikan Anda tetap waspada.

BACA JUGA  Cara Otomatis Mengosongkan Recycle Bin di Windows 10 dan 11

Cek terlebih dahulu nomor WhatsApp yang tidak dikenal. Untuk mengeceknya pengguna dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Get Contact.

Apabila terdeteksi mencurigakan maka segera blokir kontak dan laporkan. Cara mendaftar Get Contact dapat Anda ikuti seperti tutorial berikut ini.

Tetap berhati-hati menggunakan aplikasi keuangan lainnya 

Ketika menggunakan mobile banking pengguna tentu akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi resmi di Play Store atau App Store. Tak hanya itu Anda juga harus tetap waspada mengunduh beragam aplikasi keuangan lainnya layaknya e-wallet. 

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment