Berita

Panas! Huawei Tuntut Xiaomi, Gunakan Paten Ponsel

Panas! Huawei Tuntut Xiaomi, Gunakan Paten Ponsel
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Huawei, perusahaan asal China yang dikenal memiliki banyak paten teknologi untuk berbagai perangkat smartphone, kini menuntut Xiaomi atas penggunaan paten Huawei di ponsel Xiaomi secara ilegal.

Kantor Paten China (China National Intellectual Property Administration/CNIPA) menyatakan telah menerima dan menyetujui dokumen tuntutan yang dikirimkan Huawei pada 17 Januari 2023 terkait empat teknologi dan paten yang diduga dipakai Xiaomi secara ilegal.

Paten Terkait Teknologi dan Metode Penerimaan dan Pengiriman Sinyal 4G

Dalam tuntutan tersebut, empat paten Huawei yang diduga dipakai Xiaomi secara ilegal adalah paten terkait metode dan perangkat untuk proses control signalling, paten terkait metode untuk memberikan informasi ketika ponsel mendapatkan atau tidak mendapatkan sinyal seluler, paten terkait metode pengambilan foto panorama, dan paten terkait metode kunci layar (lockscreen) ponsel.

Paten pertama dan kedua berkaitan dengan teknologi atau metode penerimaan dan pengiriman sinyal 4G di ponsel, sementara paten ketiga berkaitan dengan kamera, dan paten keempat berkaitan dengan teknologi lockscreen ponsel.

Pelanggaran Paten Kategorikan sebagai Paten Umum (SEP) dan Non-SEP

Adapun pelanggaran paten terkait teknologi 4G dikategorikan sebagai paten umum (Standard Essential Patents/SEP), sedangkan pelanggaran paten seputar kamera dan lockscreen dikategorikan sebagai paten spesifik (non-SEP).

Xiaomi Mendiskusikan Masalah Lisensi Paten dengan Huawei

Hingga saat ini, Huawei belum memberikan informasi soal pelanggaran paten oleh Xiaomi ini. Namun, Xiaomi kabarnya sudah memberikan pernyataan ke publik. Xiaomi mengatakan pihaknya tengah mendiskusikan masalah lisensi paten-paten yang disebutkan di atas dengan Huawei.

BACA JUGA  Tablet Flagship Huawei MatePad Pro 13.2 Resmi!

Hal ini dilakukan karena Xiaomi menyebut kedua perusahaan ini menganggap penggunaan paten atau teknologi perusahaan lain via pembelian lisensi secara sah, merupakan salah satu strategi supaya perusahaan teknologi bisa maju dan berinovasi.

Xiaomi juga mengatakan bahwa pihaknya tengah bernegosiasi dengan Huawei supaya kedua perusahaan teknologi yang berbasis di China itu bisa mencapai kata sepakat, seputar masalah penggunaan lisensi ilegal yang sudah sampai ke CNIPA.

Kesimpulan

Tuntutan Huawei terhadap Xiaomi atas pelanggaran paten menunjukkan betapa pentingnya perlindungan paten di dalam industri teknologi. Dalam industri yang kompetitif seperti sekarang, perusahaan perlu memperhatikan hak paten dan memastikan bahwa inovasi mereka dilindungi dari penggunaan ilegal oleh kompetitor.

Kami berharap bahwa kedua perusahaan dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dalam masalah ini, sehingga dapat menciptakan lingkungan bisnis yang lebih sehat dan berkelanjutan di dalam industri teknologi.

Hal ini akan membantu memastikan bahwa perusahaan China dapat terus maju dan berinovasi, dan memperkuat posisi mereka di pasar global.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment