Berita Inovasi

XL Axiata Pastikan Luncurkan eSIM Tahun Ini

Admin Tekno
Written by Admin Tekno



Harian Teknologi – Kabar gembira bagi pengguna XL Axiata di tanah air. XL berencana untuk merilis eSIM menyusul dua operator seluler di Indonesia yakni Smartfren dan Indosat Ooredoo.

I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer XL Axiata menyampaikan Kabar tersebut langsung. Menurut beliau, infrastruktur dan platform yang dimiliki XL Axiata juga sudah siap untuk merilis produk ini.

Namun, dari kabar tersebut belum diberikan tanggal pasti produk eSIM XL Axiata tersebut akan diperkenalkan. Gede mengungkapkan kepada KompasTekno di sela-sela peninjauan BTS perbatasan Indonesia Malaysia, menyatakan bahwa produk eSIM tersebut akan diperkenalkan pada awal kuartal-II 2023. Bisa di perkirakan bahwa XL Axiata akan memperkenalkan eSIM di Indonesia sekitar April 2023.

Perlu di ketahui, eSIM berbeda dengan kartu SIM fisikseperti yang kita ketahui. eSIM merupakan elektronik tertanam dan terpasang langsung di dalam ponsel.

Meski belum banyak ponsel yang menggunakan eSIM, ada beberapa yang sudah merilis ponsel yang mendukung sistem tersebut. Dan iPhone 13 buatan Apple adalah Salah satu ponsel yang mendukung eSIM. Bahkan rilisan mereka iPhone 14 di Amerika Serikat, merupakan ponsel tanpa slot kartu SIM fisik. iPhone 14 tersebut hanya mendukung eSIM.

Menurut laporan GSMA Per Juli 2022, sudah ada sebanyak 260 operator seluler di 88 negara yang sudah menyediakan produk eSIM. Pasar eSIM di dunia diperkirakan bertambah dan akan meningkat lebih dari 200 persen pada akhir 2023 mendatang.

BACA JUGA  Samsung Galaxy A14 5G Kantongi Sertifikasi TKDN

Di tanah air sendiri, provider Smartfren menjadi operator seluler pertama yang menawarkan teknologi e-SIM prabayar. Bekerja sama dengan Iphone, iPhone X menjadi smartphone pertama yang didukung e-SIM milik Smartfren. Hingga akhirnyaTeknologi e-SIM pun mulai banyak dikenal oleh pecinta smartphone.

Bila teman-teman ada yang menggunakan provider Smartfren dan berminat menggunakan e-SIM bisa terlebih dahulu mendapatkan eSIM QR code di galeri Smartfren. QR code ini di fungsikan untuk memindai dan memasang profil pengguna SIM di perangkat. Prosedur yang sama juga di berlakukan untuk pelanggan Indosat Ooredoo yang berminat menggunakan eSIM.

Belum di beritahukan informasi tentang cara registrasi eSIM bagi pelanggan XL Axiata ke depannya. namun di harapkan mekanismenya akan hampir sama dengan Smarftren atau Indosat Ooredoo.


About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment