Aplikasi Seputar Gadget Tips & Trik

Penjelasan Apa Itu Aplikasi Bloatware? Bolehkah Dihapus?

Penjelasan Apa Itu Aplikasi Bloatware? Bolehkah Dihapus?
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Aplikasi bloatware adalah aplikasi yang telah dipasang pada perangkat Android Anda oleh pabrik atau penyedia layanan. Aplikasi ini seringkali tidak berguna bagi pengguna dan hanya memakan ruang penyimpanan yang berharga. Artikel ini akan membahas tentang apa itu aplikasi bloatware, mengapa pengguna Android tidak menyukainya, apakah aplikasi bloatware bisa dihapus, dan cara menghapusnya.

Apa itu Aplikasi Bloatware?

Aplikasi bloatware adalah aplikasi yang terpasang pada perangkat Android Anda ketika Anda membeli perangkat tersebut. Aplikasi ini seringkali tidak dibutuhkan oleh pengguna, dan hanya memakan ruang penyimpanan yang berharga pada perangkat Android. Selain itu, aplikasi bloatware seringkali tidak dapat dihapus oleh pengguna.

Mengapa Pengguna Android Tidak Menyukai Aplikasi Bloatware

Banyak pengguna Android merasa tidak senang dengan aplikasi bloatware yang terpasang pada perangkat mereka. Beberapa alasan mengapa pengguna tidak menyukai aplikasi bloatware adalah:

1. Makan Ruang Penyimpanan yang Berharga

Aplikasi bloatware seringkali tidak berguna bagi pengguna, dan hanya memakan ruang penyimpanan yang berharga pada perangkat Android. Seiring berjalannya waktu, aplikasi bloatware dapat mengisi penyimpanan perangkat, sehingga membuat pengguna kesulitan untuk menyimpan aplikasi atau file yang benar-benar dibutuhkan.

2. Membatasi Performa Perangkat

Aplikasi bloatware seringkali berjalan secara otomatis pada perangkat Android, bahkan ketika aplikasi tersebut tidak digunakan oleh pengguna. Hal ini dapat membatasi performa perangkat Android, sehingga membuat pengguna kesulitan untuk menjalankan aplikasi atau permainan yang membutuhkan performa tinggi.

BACA JUGA  Ketahui Beberapa Bahaya Web Kencan Online
3. Mengurangi Daya Tahan Baterai

Aplikasi bloatware yang berjalan secara otomatis pada perangkat Android dapat mengurangi daya tahan baterai perangkat. Hal ini dapat membuat pengguna kesulitan untuk menggunakan perangkat Android dalam waktu yang lama tanpa harus mengisi daya baterai.

Bolehkah Aplikasi Bloatware Dihapus?

Pada dasarnya, aplikasi bloatware yang terpasang pada perangkat Android tidak bisa dihapus oleh pengguna. Namun, pengguna Android dapat menonaktifkan aplikasi bloatware agar tidak berjalan secara otomatis pada perangkat Android. Menonaktifkan aplikasi bloatware tidak akan menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Android, namun akan membuat aplikasi tersebut tidak berjalan secara otomatis.

Cara Menghapus Aplikasi Bloatware

Jika Anda ingin menghapus aplikasi bloatware dari perangkat Android, maka Anda memerlukan akses root. Root adalah proses untuk mengambil kontrol penuh atas perangkat Android Anda. Namun, melakukan root pada perangkat Android dapat membatalkan garansi perangkat Anda.

Jika Anda telah melakukan root pada perangkat Android Anda, maka Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Titanium Backup atau System App Remover untuk menghapus aplikasi bloatware dari perangkat Android Anda. Namun, pengguna harus berhati-hati saat menghapus aplikasi bloatware karena penghapusan aplikasi yang salah dapat merusak perangkat Android.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan custom ROM pada perangkat Android Anda. Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang telah dimodifikasi oleh pengembang pihak ketiga. Custom ROM biasanya tidak menyertakan aplikasi bloatware pada perangkat Android, sehingga dapat mempercepat performa perangkat Android dan meningkatkan ruang penyimpanan perangkat.

BACA JUGA  Samsung Galaxy A14 5G, Ponsel Menengah Kamera 50 MP.

Kesimpulan

Aplikasi bloatware adalah aplikasi yang terpasang pada perangkat Android secara otomatis oleh pabrik atau penyedia layanan, dan seringkali tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Aplikasi bloatware dapat memakan ruang penyimpanan yang berharga, membatasi performa perangkat, dan mengurangi daya tahan baterai perangkat. Meskipun pengguna tidak dapat menghapus aplikasi bloatware secara langsung, pengguna dapat menonaktifkan aplikasi bloatware agar tidak berjalan secara otomatis pada perangkat Android.

Selain itu, pengguna juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan custom ROM pada perangkat Android untuk meningkatkan performa perangkat.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment