Aplikasi Inovasi

Wajib Tau! Fitur-fitur Tersembunyi Google Drive

Wajib Tau! Fitur-fitur Tersembunyi Google Drive
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Google Drive adalah salah satu platform penyimpanan cloud yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Meskipun banyak orang menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan berbagi file secara online, ada beberapa fitur tersembunyi yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Pencarian Lanjutan untuk Mencari File dengan Cepat

Salah satu fitur yang sering terlewatkan di Google Drive adalah kemampuan untuk melakukan pencarian lanjutan. Daripada hanya mencari berdasarkan nama file, Anda dapat menggunakan operator khusus seperti “type:”, “owner:”, atau “modified:” untuk menyempurnakan hasil pencarian Anda. Misalnya, jika Anda ingin mencari file PDF yang dimodifikasi oleh pengguna tertentu, Anda dapat menggunakan sintaks “type:pdf modifiedby:username” untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

2. Menggunakan Tanda Panah untuk Mengatur File

Dalam antarmuka Google Drive, Anda dapat menggunakan tanda panah pada keyboard untuk mengatur file dengan cepat. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan file ke folder tertentu, cukup pilih file dan tekan tombol “Z” untuk memindahkannya. Anda juga dapat menggunakan tombol “X” untuk menghapus file atau folder yang dipilih, dan tombol “S” untuk memilih beberapa file sekaligus.

3. Penggunaan Add-Ons untuk Meningkatkan Fungsionalitas

Google Drive memungkinkan pengguna untuk menginstal add-ons yang dapat meningkatkan fungsionalitas platform. Add-ons ini dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas seperti mengonversi file ke format lain, menggabungkan data dari lembar kerja Google Sheets, atau menandatangani dokumen secara elektronik. Anda dapat mengakses daftar add-ons yang tersedia melalui menu “Add-ons” di Google Drive.

4. Mengunggah Folder dengan Mudah

Jika Anda perlu mengunggah banyak file sekaligus, Anda dapat menggunakan fitur “Drag and Drop” di Google Drive. Cukup buka folder di komputer Anda, pilih semua file yang ingin Anda unggah, dan seret file-file tersebut ke jendela Google Drive. Google Drive akan secara otomatis mengunggah semua file yang dipilih ke direktori yang tepat.

5. Mengatur Aksesibilitas File

Dalam Google Drive, Anda dapat mengatur tingkat aksesibilitas file yang Anda bagikan dengan orang lain. Anda dapat memilih apakah file tersebut dapat dilihat, diedit, atau dibagikan kepada orang lain. Anda juga dapat mengatur apakah orang tersebut perlu memiliki akun Google untuk mengakses file tersebut. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses dan mengedit file-file Anda.

BACA JUGA  Bergaya "Material You"! Google Luncurkan ChromeOS 117

6. Menggunakan Fitur Versioning

Google Drive memiliki fitur versioning yang berguna jika Anda perlu mengembalikan file ke versi sebelumnya. Jika Anda atau orang lain membuat perubahan yang tidak diinginkan pada file, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file ke versi sebelumnya melalui menu “Version history”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak perubahan yang telah dilakukan dan memulihkan file dengan mudah.

7. Membuka File dengan Aplikasi Eksternal

Anda dapat membuka file yang ada di Google Drive menggunakan aplikasi eksternal di komputer Anda. Misalnya, jika Anda memiliki file PDF di Google Drive dan ingin membukanya dengan program PDF yang terinstal di komputer Anda, cukup pilih file PDF dan buka menu “Open with”. Anda akan melihat daftar aplikasi yang tersedia untuk membuka file tersebut, dan Anda dapat memilih aplikasi yang diinginkan.

8. Menggunakan Mode Offline

Salah satu fitur yang berguna dari Google Drive adalah kemampuan untuk mengakses file dalam mode offline. Jika Anda sering bepergian atau tidak memiliki koneksi internet yang stabil, Anda dapat mengaktifkan mode offline di Google Drive untuk tetap dapat mengakses file Anda tanpa koneksi internet. Anda dapat mengaktifkan mode offline melalui pengaturan Google Drive.

9. Membuat Salinan dari File

Jika Anda perlu membuat salinan dari file di Google Drive, Anda dapat menggunakan fitur “Make a copy”. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat salinan file asli tanpa mengubah atau menghapus file yang ada. Salinan tersebut akan memiliki nama yang sama dengan file asli, diikuti dengan kata “Copy”. Fitur ini berguna jika Anda perlu membuat salinan file yang ingin Anda edit atau bagikan kepada orang lain.

10. Menggunakan Fitur Pembaca Layar

Google Drive memiliki dukungan untuk fitur pembaca layar yang memungkinkan pengguna dengan disabilitas visual untuk mengakses file dan folder dengan bantuan perangkat pembaca layar. Fitur ini meningkatkan aksesibilitas Google Drive bagi semua pengguna dan memastikan bahwa tidak ada yang dikesampingkan dalam penggunaannya.

11. Menggunakan Fitur Kolaborasi

Salah satu keunggulan utama Google Drive adalah kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain secara real-time. Anda dapat mengundang orang lain untuk melihat atau mengedit file Anda, dan perubahan yang dilakukan akan terlihat secara langsung. Ini sangat berguna untuk tim yang bekerja bersama dalam proyek atau untuk berbagi informasi dengan orang lain.

BACA JUGA  Segera Diblokir? 41 Persen Warga AS Setuju TikTok Diblokir

12. Membuat Formulir dengan Google Drive

Selain menyimpan dan berbagi file, Anda juga dapat membuat formulir dengan menggunakan Google Drive. Formulir ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari orang lain, seperti survei atau pendaftaran. Anda dapat membuat pertanyaan kustom, mengatur pengaturan privasi, dan menganalisis hasil tanggapan melalui spreadsheet Google Sheets.

13. Menggunakan Google Drive sebagai Mesin Pencari

Google Drive juga dapat digunakan sebagai mesin pencari untuk mencari file-file Anda sendiri. Saat Anda mencari sesuatu di Google Drive, tidak hanya nama file yang diperiksa, tetapi juga isi dari file tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat menemukan file yang Anda cari berdasarkan kata kunci tertentu.

14. Menggunakan Google Drive sebagai Media Penyimpanan Foto

Selain menyimpan dokumen dan file-file lainnya, Google Drive juga dapat digunakan sebagai media penyimpanan foto. Anda dapat mengunggah foto-foto Anda ke Google Drive dan mengaturnya dalam folder yang sesuai. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan dan mengakses foto-foto Anda dari mana saja melalui perangkat apa pun yang terhubung ke internet.

15. Menggunakan Google Drive untuk Mengirim File Besar

Jika Anda perlu mengirim file besar kepada seseorang, Google Drive dapat menjadi solusi yang efektif. Daripada mengirim file sebagai lampiran email, Anda dapat mengunggah file tersebut ke Google Drive dan membagikan tautan ke file tersebut. Penerima dapat mengunduh file dengan mudah melalui tautan tersebut, menghindari batasan ukuran file dalam email.


Kesimpulan

Google Drive menyediakan banyak fitur yang mungkin belum diketahui oleh banyak pengguna. Dari fitur pencarian lanjutan hingga fitur kolaborasi real-time, Google Drive dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kemudahan penggunaan dalam penyimpanan dan berbagi file secara online. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersembunyi ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman menggunakan Google Drive dan memaksimalkan efisiensi dalam pekerjaan sehari-hari.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment