Aplikasi Inovasi

Pengguna Indonesia Kini Bisa Nonton TikTok di TV

Pengguna Indonesia Kini Bisa Nonton TikTok di TV
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Akhirnya TikTok TV resmi diluncurkan di Indonesia. Fitur khusus untuk perangkat Android TV itu sebelumnya diperkenalkan di beberapa negara sejak 2020 lalu.

Informasi tersebut diumumkan TikTok lewat pengumuman di blog resmi TikTok Indonesia. Aplikasi TikTok TV hadir untuk menawarkan pengalaman hiburan konten TikTok bagi keluarga di rumah.

“Aplikasi TikTok TV didesain sesuai dengan pengalaman menonton TV di rumah, memberikan akses mudah untuk mengakses konten di laman ‘For You’ dan ‘Following’ melalui layar yang lebih besar,” ujar TikTok Indonesia. 

Aplikasi TikTok TV nantinya bakal bisa diunduh di Google TV, Samsung Smart TV, dan Smart TV merek lainnya yang menggunakan sistem operasi (OS) Android TV di Indonesia mulai hari ini.

Namun khusus perangkat LG Smart TV, pihak TikTok mengatakan aplikasi TikTok TV pada perangkat tersebut akan tersedia dalam beberapa waktu ke depan.

Apa saja yang bisa dilihat di TikTok TV?

Dilihat dari tampilannya TikTok TV mirip dengan tampilan antarmuka (UI) TikTok ketika diakses melalui perangkat komputer (PC).

Nantinya, konten TikTok yang memiliki format vertikal akan diisi dengan ilustrasi gambar buram di bagian kiri dan kanan konten, hal itu supaya dapat memenuhi layar TV yang memiliki format horizontal.

Meski dengan tampilan berbeda, sebagian besar fitur yang ditawarkan akan tetap sama. 

BACA JUGA  Mirip TikTok, IG, dan YouTube! Inilah Tampilan Baru Spotify

Melalui TikTok TV, pengguna memungkinkan melihat berbagai konten yang ada di laman “For You” dan “Following”, serta beberapa kategori konten seperti “Animals , “Comedy”, “Sports”, “Learning”, dan masih banyak lagi. 

Pengguna juga bisa memberikan like pada konten yang mereka lihat di TikTok TV dengan cara menekan tombol “Likes”. Bisa juga melihat komentar pengguna TikTok melalui tombol “Comments”, atau melihat profil pengunggah video tersebut dengan menekan tombol “Profile”.

Namun, sepertinya pengguna TikTok TV tidak dapat menuliskan komentar di video yang mereka tonton.

Cara login di TikTok TV

Untuk melakukan berbagai aktivitas di TikTok TV, seperti melihat video dan menyukai atau melihat komentar postingan TikTok tadi, pengguna terlebih dahulu harus log in atau masuk dengan akun TikTok mereka. 

Untuk log in ke akun TikTok, pertama klik ikon “Avatar” yang ada di pojok kanan atas tampilan TikTok TV.

Selanjutnya, masuk https://tv.tiktok.com/activate untuk verifikasi serta masuk menggunakan akun TikTok untuk memasukkan serangkaian kode yang muncul di layar TV.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan fitu pemindai (scan) kode QR yang ada di TV. Apabila tertarik untuk mencoba TikTok TV, aplikasi ini tersedia di Play Store di Android TV Anda masing-masing. 

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment