Hardware

MediaTek Dimensity 7200, Chipset Gaming Mid-Range

MediaTek Dimensity 7200 Meluncur, Chipset "Gaming" untuk Ponsel Menengah
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Mediatek resmi meluncurkan chipset terbarunya yang diberi nama Dimensity 7200. Chipset ini diklaim bisa meningkatkan pengalaman dalam bermain game dan fotografi di ponsel kelas mid-range atau kelas menengah.

Dimensity 7200 mempunyai spesifikasi yang berfokus untuk kebutuhan gaming dan juga fotografi. Dua fitur tersebut adalah kriteria yang sering dicari oleh para pengguna ponsel kelas menengah atau mid-range yang gemar bermain game dengan harga terjangkau dan memberikan pengalaman bermain terbaik.

System-on-Chip (SoC) yang didesain dengan teknologi fabrikasi 4nm generasi kedua ini dibekali dengan prosesor (CPU) Octa Core. Inti dari prosesor terdiri dari dua inti Cortex-A715 (2,8 GHz) dan enam inti Cortex-A510 (2,0 GHz). 

Untuk pemrosesan visual, SoC Dimensity 7200 ini dibekali dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali G610.

GPU ini diklaim memberikan pengalaman bermain game dengan dukungan frame rate dan response time tinggi, berkat dukungan teknologi HyperEngine 5.0. 

Dengan dukungan tersebut pengalaman dalam bermain game akan cukup nyaman dengan ponsel di kelas mid-range.

Teknologi pada Dimensity 7200  juga memungkinkan dipadukan dengan RAM LPDDR5 dengan kecepatan hingga 6.400 Mbps, dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1.

Mediatek Dimensity 7200 mendukung resolusi layar Full HD Plus dengan refresh rate 144 Hz. Chipset ini juga mendukung HDR10+, CUVA HDR, dan Dolby HDR. 

Pada sektor fotografi, Mediatek Dimensity 7200 yang didesain untuk ponsel kelas menengah ini mendukung kamera utama hingga 200 megapiksel dan perekaman video 14-bit HDR-ISP dengan resolusi hingga 4K HDR. 

BACA JUGA  Daftar HP Samsung Yang Kebagian OneUI 5.1

Fitur pendukung lainnya mencakup pengolah kecerdasan buatan/AI (APU) yang dapat menghadirkan fitur Real-Time Portrait Beautification, serta chip modem 5G dengan kecepatan download hingga 4,7 Gbps. 

Ada juga dukungan Dual SIM 5G, triband WiFi-6E, hingga Bluetooth 5.3 untuk dukungan konektivitas, Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio untuk meningkatkan earphone wireless (TWS), dan masih banyak lagi.

Untuk ketersediaan, chipset Dimensity 7200 akan hadir di ponsel 5G pada kuartal-I (Januari-Maret) 2023 ini, sebagaimana dirangkum dari Gizmochina. Tidak jelaskan apakah ponsel pertama yang akan menggunakan chipset Dimensity 7200.

Namun menurut rumor yang beredar, kabarnya Vivo V27 5G, bakal ditenagai dengan Dimensity 7200. Kita nantikan saja apakah benar Vivo V27 5G yang akan menerima chipset terbaru dari Mediatek ini .

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment