Social Media

3 Fitur Instagram yang Ditiru Facebook dari Medsos Lain

3 Fitur Instagram yang Ditiru Facebook dari Medsos Lain
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Dalam dunia media sosial yang terus berkembang, kompetisi antara platform-platform besar seperti Instagram dan Facebook menjadi semakin sengit. Terkadang, fitur-fitur sukses dari satu platform akan ditiru oleh platform lain untuk meningkatkan daya tarik dan kegunaan mereka.

Salah satu contohnya adalah Meta Facebook yang meminjam beberapa fitur terpopuler dari platform sosial media lain dan mengintegrasikannya ke dalam Instagram.

Fitur Reels yang Mengadopsi Konsep TikTok

Pada tahun 2020, Instagram memperkenalkan fitur Reels sebagai upaya untuk bersaing dengan popularitas TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dengan musik latar yang serupa dengan apa yang ditawarkan oleh TikTok. Dalam Reels, pengguna dapat merekam, mengedit, dan berbagi video singkat dengan pengikut mereka. Fitur ini ditambahkan ke tab “Explore” Instagram dan dengan cepat mendapatkan popularitas yang signifikan.

Dengan mengadopsi konsep TikTok, Meta Facebook memanfaatkan tren yang sedang populer di dunia media sosial dan menghadirkannya dalam platform Instagram mereka. Hal ini memungkinkan pengguna Instagram untuk tetap terhubung dengan konten video yang menarik tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram. Fitur Reels telah membuktikan bahwa Instagram dapat menyesuaikan diri dengan tren terbaru dan tetap relevan di antara para pengguna.

Fitur Stories yang Ditiru dari Snapchat

Salah satu fitur paling populer di Instagram adalah Stories, yang pada awalnya diadopsi dari Snapchat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto atau video yang akan hilang setelah 24 jam. Dengan Stories, pengguna dapat membagikan momen sehari-hari mereka secara sementara kepada pengikut mereka. Fitur ini juga memberikan berbagai alat kreatifitas seperti stiker, teks, dan filter yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan sentuhan pribadi pada cerita mereka.

BACA JUGA  Ramai Dipakai di Medsos! Mengenal Arti “Time Will Tell”

Meta Facebook menyadari potensi besar dari fitur ini dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Facebook mereka sendiri. Dengan meniru fitur Stories dari Snapchat, Meta Facebook berhasil menarik pengguna dari Snapchat ke platform mereka sendiri dan memberikan pengalaman serupa yang populer di Instagram. Fitur Stories telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari pengguna media sosial, dan Meta Facebook mengakui hal ini dengan menawarkannya dalam platform mereka.

Fitur IGTV yang Menyerupai YouTube

Instagram TV atau IGTV adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan postingan biasa. Dalam fitur ini, pengguna dapat menonton video dari kreator yang mereka ikuti dan menemukan konten baru melalui tab “Explore”. IGTV dirancang untuk menjadi kompetitor langsung YouTube dengan fokus pada video vertikal dan pengalaman menonton yang mulus.

Meta Facebook melihat keberhasilan YouTube dan berusaha untuk menciptakan pengalaman serupa dalam platform mereka. Dengan memperkenalkan fitur IGTV, Meta Facebook memberikan pengguna Instagram kemampuan untuk membuat dan menonton video yang lebih panjang tanpa harus meninggalkan aplikasi. Hal ini memungkinkan Instagram untuk menjadi tujuan yang komprehensif bagi pengguna yang ingin mengeksplorasi berbagai jenis konten video.

Kesimpulan

Dalam persaingan yang ketat di dunia media sosial, platform-platform besar seperti Instagram dan Facebook saling meminjam fitur-fitur yang sukses untuk meningkatkan daya tarik dan fungsionalitas mereka. Meta Facebook, pemilik Instagram, telah mengadopsi beberapa fitur populer dari platform media sosial lain dan mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Instagram.

BACA JUGA  Durasi Video Instagram Reels Bakal sampai 10 Menit

Fitur Reels yang mirip dengan TikTok, fitur Stories yang ditiru dari Snapchat, dan fitur IGTV yang menyerupai YouTube adalah contoh nyata dari strategi ini. Dengan mengambil inspirasi dari platform-platform sukses lainnya, Meta Facebook terus memperluas daya tarik dan kegunaan Instagram untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment