Berita Social Media

WOW! TikTok Aplikasi Paling Banyak Diinstall di Dunia!

TikTok Menjadi Aplikasi Paling Banyak Diinstal di Dunia!
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

HarianTeknologi – Secara mencengangkan TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia sepanjang tahun 2022. Tiktok menjadi aplikasi yang paling banyak diinstal di dunia tahun 2022 ini dilkakukan oleh salah satu perusahaan riset Apptopia yang melaporkan daftar aplikasi setiap tahunnya.

Apptopia melaporkan bahwa TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak didownload di seluruh dunia sepanjang tahun 2022.

Jumlah download TikTok tahun 2022 mengalahkan aplikasi besutan Meta yang menjadi tahun sebelumnya juga masih menjadi runner-up dibawah aplikasi TikTok.

Apptopia melakukan penjumlahan unduhan atau download dari seluruh aplikasi yang ada pada tanggal 1 januari hingga 20 desember 2022 di market applikasi android dan iOS. Namun, khusus di China, perusahaan riset ini hanya menghitung untuk system operasi iOS.

Perusahaan riset ini menghitung unduhan berdasarkan pada download-an setiap 1 user yang telah menunduh. Dengan demikian, pengguna yang telah melakukan pencopotan atau uninstall aplikas kemudian memasang kembali, tidak akan dihitung.

Menurut perhitungan dari Apptopia, aplikasi TikTok telah didownload sebanyak 672 juta kali yang membuat aplikasi video ini menjadi aplikasi terbanyak didownload di dunia pada tahun 2022.

TikTok Menjadi Aplikasi Paling Banyak Diinstal di Dunia!

Kemenangan TikTok ini tidak hanya didapatkan pada tahun 2022 saja, TikTok menduduki tahta aplikasi terbanyak dipakai selama tiga tahun terakhir berturut-turut. Pada sisi lain, Instagram terus menduduki peringkat 2 dibawah aplikasi TikTok dengan 548 juta unduhan.

BACA JUGA  Izinkan Anak di Bawah Umur, Inggris Denda TikTok Rp 236 M

Selanjutnya, aplikasi sejuta umat WhatsApp menduduki peringkat ketiga dengan total 424 juta unduhan pada tahun yang sama dan dilanjutkan dengan aplikasi video editing CapCut dengan total download world wide sebanyak 357 juta unduhan.

Aplikasi Capcut adalah aplikasi editing yang biasa digunakan untuk menupload konten ke TikTok.

Snapchat dan telegram menduduki peringkat ke lima dan keenam di sepanjang tahun 2022 dengan jumlah download sebesar 330 juta.

Riset tahunan yang dilakukan oleh Apptopia ini dilakukan untuk melihat trend dari aplikasi di seluruh dunia. Mereka mengatakan bahwa tidak ada perubahan signifikan setiap tahunnya.

Perbedaan terjadi pada kategori yang disematkan ke aplikasi TikTok yang dulunya merupakan aplikasi media social sekarang berubah menjadi aplikasi hiburan . Hal ini membuat TikTok juga menggeser Netflix sebagai aplikasi hiburan top di dunia.

Berikut nih Sobat Tekno, daftar 10 aplikasi dengan unduhan paling banyak sepanjang 2022.

  • TikTok – 672 juta diunduh
  • Instagram – 548 juta diunduh
  • WhatsApp – 424 juta diunduh
  • CapCut – 357 juta diunduh
  • Snapchat – 330 juta diunduh
  • Telegram – 330 juta diunduh
  • Subway Surfers – 304 juta diunduh
  • Facebook – 298 juta diunduh
  • Stumble Guys – 254 juta diunduh
  • Spotify – 238 juta diunduh

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

1 Comment

Leave a Comment