Berita Social Media

Main Twitter Kini Bisa Dapat Uang dari “Ngetwit”

Kreator Konten Twitter Kini Bisa Dapat Uang dari "Ngetwit"
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Twitter tampaknya memiliki penawaran baru bagi penggunanya supaya mendapatkan uang. Penawaran tersebut adalah twit yang sudah dimonetisasi. Hal ini disampaikan oleh pemilik Twitter Elon Musk pada Jumat (3/2/2023).

Menurut Musk, fitur monetisasi twit memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan di Twitter. Meski demikian, tampaknya baru beberapa kreator konten saja yang mendapatkan fitur tersebut.

“Mulai hari ini, Twitter akan membagikan pendapatan iklan dengan para kreator konten. Pendapatan ini berasal dari iklan yang muncul di kolom balasan twit atau thread yang sebelumnya telah mereka unggah,” tulis Musk. 

Akan tetapi, tidak semua kreator konten mendapatkan uang dari Twitter. Musk menjelaskan hanya konten kreator yang terdaftar dalam program Twitter Blue saja yang bisa mendapatkan uang dari iklan di Twitter. 

“Untuk bisa mendapatkan uang dari twit atau thread, mereka harus terdaftar terlebih dahulu dalam layanan Twitter Blue Verified,” tambah Musk.

Twitter Blue merupakan layanan berbayar di Twitter. Dengan layanan tersebut pelanggan dapat menikmati beragam fitur baru Twitter, termasuk menyunting twit alias Edit Tweet.

Untuk harga termurah adalah 8 dolar AS (sekitar Rp 125.000) per bulan. Layanan ini tersedia di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Selain terdaftar di program berlangganan Twitter Blue, tidak disebutkan apa syarat-syarat lain untuk memonetisasi twit atau thread. 

BACA JUGA  Apple Berencana Membuat Chipset Sendiri

Musk juga tidak memberikan rincian secara detail mengenai berapa porsi pendapatan iklan yang bakal diterima konten kreator di Twitter, dan beberapa detail lain terkait pembayaran kreator konten.

Sebelum ada fitur monetisasi twit ini, konten kreator Twitter yang berasal dari AS dan Kanada, sebenarnya sudah bisa memonetisasi twit mereka sejak 2021 lalu.

Kala itu, mereka bisa mendaftarkan diri mereka dalam program yang bernama Super Follows, dikutip dari Mashable.

Dengan Super Follows pengguna dapat melihat berbagai twit spesial khusus dari sang konten kreator dengan berlangganan kepada konten kreator tersebut.    Tarif berlangganan Super Follows berkisar 2,99 dollar AS (sekitar Rp 42.600), 4,99 dollar AS (sekitar Rp 71.000), hingga 9,99 dollar AS (sekitar Rp 142.200).

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment