Aplikasi Berita Inovasi Sistem Operasi

Meluncur Tahun Depan? Inilah Nama Kode Android 15

Meluncur Tahun Depan? Inilah Nama Kode Android 15
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Google dikenal memiliki tradisi dalam memberikan nama kode pada sistem operasi Android-nya dengan nama-nama camilan atau kue. Biasanya, nama-nama tersebut mengikuti urutan abjad.

Mulai dari Android 1.5 dengan kode nama “Cupcake”, dilanjutkan dengan “Donut” untuk versi 1.6, “Eclair” untuk versi 2.0, hingga Android 9 yang diberi nama “Pie”. Sistem ini diubah sejak Android 10 yang hanya menggunakan angka sebagai penanda versi.

Namun, pengguna Android masih penasaran dengan kode nama camilan atau kue apa yang akan digunakan Google untuk Android 15 yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang. Menurut temuan pengembang Android bernama teamb58, nama kode Android 15 adalah “Vanilla Ice Cream”.

Informasi ini juga diberitakan oleh jurnalis lepas, Mishaal Rahman, yang kerap menggarap berita-berita tentang Android. Rahman menemukan serangkaian kode yang menunjukkan bahwa nama kode Android 15 adalah “Vanilla Ice Cream”. Kode ini ditemukan lebih cepat dari kode nama Android 14 yang dinamai “Upside down cake” pada akhir April tahun lalu.

Pada utas Twitter-nya, Rahman menjelaskan bahwa pengujian perangkat dengan kerangka pengujian (framework) yang disebut “Tradefed” (Trade Federation) telah diperbarui menjadi versi baru dengan kode nama Android 15, “Vanilla Ice Cream”. Trade Federation adalah kerangka pengujian berkelanjutan yang dirancang untuk menjalankan pengujian pada perangkat Android.

Meskipun kode nama “Vanilla Ice Cream” telah bocor, perlu dicatat bahwa nama ini hanya akan digunakan untuk keperluan internal saja dan tidak akan digunakan dalam keperluan pemasaran.

BACA JUGA  Menjadi X Corp! Twitter Inc. Sudah Tak Ada Lagi

Sebelum kode nama “Vanilla Ice Cream”, Google telah memiliki tradisi unik dalam memberikan nama kode pada sistem operasi Android-nya dengan awalan huruf dari nama-nama kue dan camilan, seperti “Cupcake”, “Donut”, dan “Pie”.

Meskipun saat ini Google hanya menggunakan angka sebagai penanda versi, perusahaan tersebut masih menggunakan kode nama camilan ini secara internal, seperti Android 10 dengan “Queen Cake/Quince Tart” dan Android 14 dengan “Upside Down Cake”.

Android 14 sendiri diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2023. Sejumlah bocoran fiturnya sudah beredar di dunia maya, seperti yang dihimpun dari 9to5Google pada Selasa (7/3/2023).

Namun, pengguna Android masih harus menunggu beberapa tahun lagi untuk mencicipi Android 15 “Vanilla Ice Cream” yang akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment