Berita

16 Tahun Menjabat! CEO Twitch Mundur

16 Tahun Menjabat! CEO Twitch Mundur
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pada tanggal 16 Maret 2023, Emmett Shear, pendiri dan CEO Twitch, mengumumkan bahwa dia akan mundur dari posisinya sebagai CEO setelah menjabat selama 16 tahun.

Keputusan ini mengejutkan banyak orang, terutama pengguna Twitch dan para karyawan yang telah bekerja dengannya selama bertahun-tahun. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pengumuman ini dan apa artinya bagi masa depan Twitch.

Siapa Emmett Shear?

Emmett Shear adalah seorang pengusaha dan programmer yang dikenal sebagai pendiri dan CEO Twitch.

Dia lahir pada tahun 1980 di Virginia, AS, dan lulus dengan gelar sarjana di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Yale pada tahun 2005. Setelah lulus, dia bekerja di sebuah perusahaan bernama Kiko, sebuah aplikasi kalender online, tetapi perusahaan itu gagal dan dia kemudian pindah ke California untuk memulai Twitch.

Bagaimana Twitch Muncul?

Twitch pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 sebagai bagian dari perusahaan video game bernama Justin.tv.

Emmett Shear dan rekan pendirinya mengembangkan Twitch sebagai platform streaming langsung untuk video game, di mana pengguna dapat menonton pemain lain memainkan game.

Twitch segera menjadi populer di kalangan gamer, dan pada tahun 2014, perusahaan ini diakuisisi oleh Amazon dengan harga $970 juta.

Keputusan Mundur

Dalam pengumuman resminya, Emmett Shear menyatakan bahwa keputusan untuk mundur didasarkan pada dorongan untuk mencari tantangan baru dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memimpin Twitch.

Dia menyatakan rasa terima kasihnya kepada karyawan, pengguna, dan mitra Twitch yang telah mendukung perusahaan selama bertahun-tahun.

Siapa Pengganti Shear?

Pada saat penulisan artikel ini, Twitch belum mengumumkan pengganti Emmett Shear. Namun, spekulasi mengenai calon pengganti telah menjadi topik hangat di kalangan pengguna Twitch dan industri game secara umum.

BACA JUGA  Chipset Terbaru Mediatek, Dimensity 7200, Gahar Untuk Gaming Dan Fotografi!

Beberapa nama yang disebutkan termasuk mantan eksekutif Google Stadia, Phil Harrison, dan CEO Activision Blizzard, Bobby Kotick.

Apa Artinya Bagi Masa Depan Twitch?

Mundurnya Emmett Shear sebagai CEO Twitch pasti akan membawa dampak pada masa depan perusahaan. Bagaimanapun, Shear telah memimpin Twitch selama 16 tahun dan membawa perusahaan itu dari startup ke perusahaan streaming game terbesar di dunia.

Namun, banyak orang percaya bahwa fondasi yang dibangun oleh Shear dan timnya akan memungkinkan Twitch untuk tetap sukses di masa depan. Selain itu, mundurnya Shear juga memberikan kesempatan bagi penggantinya untuk membawa perusahaan ke arah yang baru dan inovatif.

Apa Artinya Bagi Industri Game?

Pengumuman mundurnya Emmett Shear dari Twitch juga akan mempengaruhi industri game secara keseluruhan. Twitch telah menjadi platform streaming game terbesar di dunia dan telah memainkan peran penting dalam mengubah cara orang memainkan dan menonton game.

Kepergian Shear dari posisi CEO Twitch menandai akhir dari era di mana pengguna Twitch dan industri game melihat Twitch tumbuh menjadi platform streaming game yang sangat populer. Namun, hal ini juga membuka jalan bagi perkembangan platform baru dan inovatif di masa depan.

Bagaimana Masa Depan Twitch?

Masa depan Twitch masih belum pasti setelah kepergian Shear. Namun, Twitch telah memiliki fondasi yang kuat dan tim yang berpengalaman untuk mempertahankan posisinya sebagai platform streaming game terbesar di dunia. Twitch juga telah terus berinovasi dan mencoba menarik pengguna baru dengan meluncurkan fitur-fitur baru seperti Twitch Studio dan Twitch Rivals.

BACA JUGA  WhatsApp Desktop Versi Lama Disetop, Ini Ciri-cirinya

Namun, Twitch juga menghadapi tantangan dari platform lain seperti YouTube Gaming dan Facebook Gaming yang terus berusaha memenangkan pengguna dan pemasang iklan. Selain itu, Twitch juga harus menghadapi masalah yang berkaitan dengan keamanan dan privasi, seperti yang terjadi pada tahun 2021 ketika ribuan klaim pengguna terkait pelecehan dan diskriminasi di platform tersebut.

Apa Artinya Bagi Karyawan Twitch?

Keputusan Emmett Shear untuk mundur dari posisi CEO tentu saja mempengaruhi para karyawan Twitch yang telah bekerja dengannya selama bertahun-tahun.

Namun, Shear menyatakan bahwa dia akan tetap terlibat di perusahaan dan akan menjadi anggota dewan direksi Twitch. Hal ini memberikan rasa stabilan bagi para karyawan bahwa Twitch akan terus beroperasi dengan baik meskipun ada perubahan pada level kepemimpinan.

Namun, para karyawan Twitch juga harus siap untuk beradaptasi dengan perubahan dan kemungkinan adanya restrukturisasi perusahaan di masa depan. Mereka juga harus terus bekerja keras untuk mempertahankan posisi Twitch sebagai platform streaming game terbesar di dunia.

Kesimpulan

Keputusan Emmett Shear untuk mundur dari posisi CEO Twitch merupakan peristiwa penting yang mempengaruhi tidak hanya Twitch sebagai platform streaming game, tetapi juga industri game secara keseluruhan.

Meskipun banyak orang terkejut dengan keputusan tersebut, banyak juga yang percaya bahwa Twitch akan terus sukses di masa depan berkat fondasi yang telah dibangun oleh Shear dan timnya.

Namun, Twitch juga harus siap untuk menghadapi tantangan baru di masa depan dan terus berinovasi untuk mempertahankan posisinya sebagai platform streaming game terbesar di dunia.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment