Aplikasi Berita Inovasi

Apa itu Google Home, Cara Kerja, dan Fungsinya

Apa itu Google Home, Cara Kerja, dan Fungsinya
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Seiring perkembangan zaman kini banyak masyarakat yang telah menggunakan smartphone. Jaringan internet yang sudah merata, koneksi cukup cepat dan stabil, kini masyarakat mulai memanfaatkan perangkat smart home.

Bahkan hampir semua perabot dalam rumah sudah bisa terkoneksi dengan smartphone. Dengan Smart Home kini dapat mengontrol perangkat di rumah untuk mengakses keamanan rumah, pencahayaan, suhu dari jarak jauh.

Google Home adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoperasikan Smart Home. Aplikasi tersebut dapat dikontrol melalui Google Assistant. Dengan aplikasi Google Home, kita dapat mengontrol beragam peralatan rumah, seperti mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat dari jarah jauh. 

Apa itu Google Home

Google Home adalah aplikasi smart home yang disertakan dalam berbagai tipe rumah saat ini. Aplikasi ini dapat mengontrol semua peralatan teknologi yang tekoneksi dengan smartphone kita. Misalnya untuk berhenti dan bekerjanya TV, AC, lampu dan masih banyak lagi melalui smartphone.

Bahkan ada perabotan yang bisa diatur dan diberikan timer. Hal ini tentu memudahkan pengguna yang cukup dengan smartphone dapat mengontrol perangkat secara lebih praktis dan efisien dari jarah jauh. 

Saat ini Smart Home banyak dimanfaatkan untuk daya jual. Menarik bagi para pengusaha rumah hunian di era teknologi saat ini. 

Cara kerja Google Home

Google Home harus terkoneksi dengan berbagai perabotan rumah tangga yang telah terpasang Google Assistant. Sedangkan perabot yang tidak terpasang Google Assistent tentunya dikan akan bisa dioperasikan dengan aplikasi Google Home.

BACA JUGA  Apple dan Google Bersatu Melawan Stalker

Cukup menghubungkan perabotan seperti lampu, speaker, kamera, CCTV, dan lain sebagainya dengan aplikasi Google Home.

Apabila sudah terkoneksi maka anda bisa mengatur sesuka hati perabot tersebut. Misalnya, mengaturan kapan menyala dan matinya perabot tersebut, berapa lama CCTV rumah menyala, dan lain sebagainya.

Contoh perabotan yang dapat diintegrasi dengan aplikasi Google Home

Hanya Perabot yang kompatibel dengan Google Assistant yang bisa dikontrol menggunakan Google Home.

Berikut beberapa contoh perabotan yang sudah dilengkapi fitur Google Assistant.

Hiburan

TV, layar, dan speaker. Ketiga peralatan tersebut telah memiliki fitur Google di dalamnya. Jadi kita bisa mengontrolnya dari jauh.

Utilitas

Selain itu, juga ada bel pintu, wifi, lampu, sensor, colokan listrik, hingga robot pembersih lantai. Mengontrol volume bel pintu sesuai yang diinginkan. Selain itu, bisa juga mengubah nada suara bel pintu.

Keamanan rumah

Aaat ini Smart Home juga dilengkapi dengan alarm asap, kunci, dan kamera. Anda bisa mengatur alarm asap yang tersedia di rumah untuk mendapat peringatan akan kebakaran.

Kunci rumah juga daoat digantikan dengan pin yang berisi angka atau barcode yang bisa dibaca dengan ponsel.

Fungsi Google Home

Fungsi Google Home ialah memberikan dan kemudahan dalam menata rumah. Dengan Google Assistant anda cukup memberikan perintah, seperti menyalakan lampu ketika gelap mulai datang. Tentunya tanpa perlu beranjak dari tempat. Google Home juga tersedia daklam bentuk remote

BACA JUGA  Bergaya "Material You"! Google Luncurkan ChromeOS 117

Aplikasi Google Home menyatukan berbagai perabotan dalam satu genggaman dan dalam kontrol tangan yang sama.

Cara menggunakan Google Home

  • Unduh aplikasi Google Home di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Pilih akun Gmail untuk memulai akun Google Home Anda
  • Klik “Mulai” pilih “Nama rumah”
  • Pada menu sebelah kiri pilih ikon (+)
  • klik “Siapkan perangkat”
  • Selanjutnya klik “Kompatibel dengan Google” untuk menautkan perangkat
  • Pilih produsen perangkat dari daftar
  • Untuk menyelesaikan penyiapan ikuti langkah selanjutnya dalam aplikasi

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment