Aplikasi Social Media Tips & Trik

Disetop! Twitter Hentikan Fitur 2FA SMS Hari Ini

Disetop! Twitter Hentikan Fitur 2FA SMS Hari Ini
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Twitter, salah satu platform media sosial terbesar di dunia, telah mengumumkan bahwa mereka akan menyetop fitur 2FA SMS mereka pada hari ini. Fitur ini digunakan oleh banyak pengguna Twitter sebagai metode keamanan tambahan untuk melindungi akun mereka dari akses yang tidak sah.

Namun, karena SMS tidak aman dan mudah diretas, Twitter telah memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini dan beralih ke metode keamanan alternatif yang lebih aman.

Apa itu 2FA SMS?

2FA atau Two-Factor Authentication adalah metode keamanan tambahan yang digunakan untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah. Dalam konteks Twitter, 2FA SMS adalah opsi keamanan tambahan yang memungkinkan pengguna untuk menerima kode verifikasi melalui SMS sebagai langkah kedua dalam proses masuk.

Setelah pengguna memasukkan nama pengguna dan kata sandi mereka, Twitter akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang terdaftar. Pengguna harus memasukkan kode ini untuk menyelesaikan proses masuk ke akun mereka.

Mengapa Twitter Menonaktifkan Fitur 2FA SMS?

Twitter telah mengumumkan bahwa mereka akan menonaktifkan fitur 2FA SMS mereka pada hari ini karena ketidakamanan metode ini. SMS tidak aman dan mudah diretas, sehingga kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS bisa dicuri oleh pihak yang tidak berwenang.

Selain itu, banyak penyedia layanan telepon seluler tidak dapat menjamin keamanan nomor telepon pelanggan mereka, sehingga nomor telepon yang digunakan sebagai opsi 2FA SMS dapat dengan mudah diretas atau dicuri.

BACA JUGA  Twitter Izinkan Lagi Iklan Politik Setelah 4 Tahun Dilarang

Apa yang Harus Dilakukan Pengguna Twitter?

Jika Anda adalah pengguna Twitter yang menggunakan fitur 2FA SMS, Anda harus segera beralih ke metode keamanan alternatif yang lebih aman. Twitter menawarkan beberapa opsi 2FA lain yang lebih aman, termasuk aplikasi autentikasi, kunci keamanan fisik, dan kode pemulihan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil oleh pengguna Twitter untuk memastikan akun mereka tetap aman setelah fitur 2FA SMS dinonaktifkan:

1. Aktifkan Opsi 2FA Alternatif

Pertama-tama, pastikan Anda mengaktifkan salah satu opsi 2FA alternatif yang ditawarkan oleh Twitter. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Twitter Anda
  2. Klik pada gambar profil Anda di sudut kanan atas layar
  3. Pilih “Settings and privacy”
  4. Klik pada tab “Security and account access”
  5. Klik pada “Two-factor authentication”
  6. Pilih salah satu opsi keamanan alternatif yang ditawarkan oleh Twitter, seperti aplikasi autentikasi atau kunci keamanan fisik.
2. Perbarui Nomor Telepon Anda

Jika Anda memutuskan untuk beralih ke opsi 2FA SMS lainnya seperti aplikasi autentikasi, pastikan Anda memperbarui nomor telepon Anda terlebih dahulu. Twitter memerlukan nomor telepon yang valid dan dapat diakses sebagai langkah verifikasi dan pemulihan jika terjadi masalah dengan akun Anda.

3. Aktifkan Verifikasi Login

Selain opsi 2FA, Twitter juga menawarkan fitur verifikasi login, yang dapat membantu melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah. Dengan fitur ini, setiap kali Anda mencoba masuk dari perangkat yang tidak dikenal, Twitter akan meminta Anda untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon Anda atau email terdaftar.

BACA JUGA  Elon Musk "Resign" dari Twitter, Saham Tesla Langsung Naik

Untuk mengaktifkan fitur verifikasi login, ikuti langkah-langkah yang sama seperti untuk mengaktifkan opsi 2FA alternatif dan aktifkan opsi “Login verification”.

4. Jangan Gunakan Kata Sandi yang Mudah Ditebak

Untuk memastikan keamanan akun Twitter Anda, penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan sulit ditebak. Gunakan kombinasi karakter, angka, dan huruf kapital dan kecil. Hindari kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan Anda.

5. Pantau Aktivitas Akun Anda

Terakhir, pastikan Anda selalu memantau aktivitas akun Twitter Anda. Twitter menyediakan fitur untuk memeriksa aktivitas login terbaru pada akun Anda. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, segera ubah kata sandi akun Anda dan laporkan aktivitas yang mencurigakan ke Twitter.

Kesimpulan

Twitter menonaktifkan fitur 2FA SMS mereka karena ketidakamanan metode ini. Jika Anda adalah pengguna Twitter yang menggunakan opsi ini, Anda harus segera beralih ke opsi keamanan alternatif yang lebih aman seperti aplikasi autentikasi atau kunci keamanan fisik.

Selain itu, pastikan Anda selalu memperbarui nomor telepon dan memantau aktivitas akun Twitter Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan akun Twitter Anda tetap aman dari akses yang tidak sah.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment