Berita Seputar Gadget Social Media

7 Aplikasi yang Paling Boros Baterai HP

7 Aplikasi Boros Baterai - HarianTeknologi Official
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

HarianTeknologi – Seringkali Sobat Tekno bingung, kenapa konsumsi baterai ponsel cepat habis padahal jarang dipakai di hari itu. Ternyata tanpa disadari, smartphone Sobat Tekno memasang aplikasi yang tidak terlalu aktif namun boros baterai karena tetap menjalankan aktivitas latar belakang. Selain menyedot daya, mereka juga menggunakan kuota internet!.

Selanjutnya, kebanyakan aplikasi penyedot baterai dan kuota internet adalah populer, terdapat beberapa artikel yang mengulas 20 aplikasi boros baterai atau 10 aplikasi boros baterai. Mungkin smartphone Sobat Tekno punya. Berikut ini daftar aplikasi ponsel yang berisiko habis baterainya:

1. Facebook

Facebook

Aplikasi online memiliki konten suara, foto, dan video yang senantiasa loading. Jeda-jeda itu membutuhkan waktu dan daya untuk dimuat. Facebook meluncurkan aplikasi Facebook Lite sebagai solusi biar lebih ringan dan ramah baterai.

2. Snapchat

Snapchat

Selain Facebook, survei menyebutkan smartphone berasa lebih ringan setelah uninstall Snapchat. Banyak fitur foto dan video di dalamnya membuat Snapchat salah satu aplikasi penyedot baterai teratas. Namun, jangan buru-buru menghapusnya! Aktifkan Travel Mode agar tiada lagi loading foto dan video!

3. Tinder

Tinder

Tinder selain populer dengan fiturnya untuk mencari teman, aplikasi ini juga ini meminta deteksi lokasi karena gunanya menghubungkan orang yang berada dalam jarak tertentu saja. Tinder tentunya sangat menolong kehidupan sosial Sobat Tekno namun harus dibayar mahal dengan daya baterainya yang cepat abis!

BACA JUGA  Rp 47 Jutaan! Mikrofon Sennheiser EW-DX Resmi di Indonesia

4. TikTok

Tiktok

Tiktok. salah satu aplikasi yang populer ini tidak hanya boros baterai, tetapi juga kuota internet dan RAM. Penggunanya harus mengaktifkan internet dan kamera secara bersamaan saat menggunakannya. Jadi, ketika scrolling melalui video, Sobat Pintar tiba-tiba mendapat notifikasi untuk charge ponsel.

5. Youtube

Youtube

YouTube sungguh memakan banyak baterai karena harus streaming video. Salah satu cara yang Sobat Tekno lakukan untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur tingkat pencahayaan layar minimal. Selain itu, hindari penggunaan earphone bluetooth yang juga akan membutuhkan daya dari baterai.

Versi ringan YouTube yaitu YouTube Go khusus didesain untuk smartphone agar dapat lebih hemat daya.

6. Netflix

Netflix

Serupa dengan YouTube, aplikasi Netflix pun memerlukan streaming online yang berarti sangat boros baterai dan kuota internet. Saat menonton film di Netflix, Sobat Pintar juga perlu menyesuaikan tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu berlebihan membuang daya dari baterai.

7. Aplikasi Portal Berita

Portal Berita

Walaupun aplikasi berita memberikan informasi yang sangat berharga kepada pembacanya, namun aplikasi ini seringkali menguras daya baterai dengan refresh terus-menerusnya begitu berita baru masuk. Untuk itu, Sobat Tekno dapat menonaktifkan aplikasi saat tidak sedang dipakai atau pun membaca berita online melalui website saja tanpa perlu menginstal aplikasinya.

Yup, segitulah ulasan HarianTeknologi tentang 7 aplikasi paling boros baterai yang bermanfaat untuk kamu yang sering risau dengan konsumsi baterai, terlebih lagi daya baterai yang cepat habis meskipun tidak digunakan.

BACA JUGA  Rp 3,7 Triliun! Twitter Didenda Pakai Musik Tanpa Izin

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment