Aplikasi Social Media Tips & Trik

Berbasis AI dan ChatGPT! Discord Rilis 5 Fitur Baru

Berbasis AI dan ChatGPT! Discord Rilis 5 Fitur Baru
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Discord, aplikasi komunikasi yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, kini telah mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) ChatGPT ke dalam layanannya. Langkah ini diambil karena banyaknya server Discord yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan dari pihak ketiga di layanan komunikasi itu.

Melalui blog resmi Discord, Anjney Midha selaku VP of Platform Ecosystem Discord menjelaskan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan oleh pihak ketiga sangat populer di layanan komunikasi tersebut. Hal ini terbukti dengan hampir 3 juta server Discord yang menggunakan pengalaman berbasis AI, mulai dari pembuatan aset game, penulisan novel, sampai pengalaman lainnya seperti pendamping AI, perusahaan AI, dan komunitas belajar berbasis AI.

Lebih dari 10 persen pengguna baru bergabung di Discord khususnya untuk mengakses komunitas AI di platform ini. Adapun fitur baru Discord yang memanfaatkan teknologi OpenAI dibagi menjadi lima, yakni fitur chatbot Clyde yang ditenagai ChatGPT, AutoMod berbasis AI, perangkuman percakapan, pengeditan foto profil, dan papan tulis AI untuk corat-coret bersama.

1. Fitur Chatbot Clyde untuk Mengobrol

Dalam Discord, Clyde adalah bot yang digunakan untuk menjawab perintah dari pengguna seperti perintah /nick untuk mengubah nama dan /msg untuk mengirim pesan. Dengan ditenagai oleh ChatGPT, Clyde dapat berbincang dengan pengguna, menjawab pertanyaan, dan memberikan rekomendasi musik. Cara penggunaan Chatbot Clyde, pengguna dapat mengetik “@Clyde” untuk mulai mengaktifkan chatbot tersebut. Chatbot Clyde dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan.

BACA JUGA  Promo Ramadhan! Diskon Game PS4 dan PS5 hingga 80 Persen

2. AutoMod Berbasis AI untuk Meringankan Beban Moderator

Fitur AutoMod merupakan fitur Discord keluaran tahun 2022 yang berguna untuk meringankan beban moderator. Fitur ini berguna untuk memfilter pesan-pesan yang melanggar peraturan secara otomatis sehingga pesan tersebut dapat dihapus bahkan sebelum terkirim ke server. Dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan, AutoMod dapat mencari pesan yang melanggar peraturan dan memberitahu moderator sambil mengingat konteks percakapan yang memuat pelanggaran tersebut.

3. Percakapan Dapat Dirangkum

Fitur Conversation Summaries digunakan untuk merangkum percakapan menjadi topik. Pengguna tidak perlu melakukan scrolling yang jauh untuk membaca semua isi percakapan atau memanfaatkan fitur search untuk mencari kata kunci atau pembahasan tertentu. Fitur perangkuman ini memberikan pengguna bundel yang menyertakan judul, ringkasan pembicaraan, gambar yang dibagikan, dan daftar pengguna yang terlibat dalam percakapan.

4. Foto Profil Bisa Diedit dengan Bantuan AI

Fitur Avatar Remix berguna untuk mengedit foto profil pengguna dengan teknologi AI yang generatif. Avatar Remix dapat digunakan dalam server, sehingga pengguna bisa merancang foto profildengan memberikan tambahan seperti topi ulang tahun yang ditempatkan persis di atas kepala. Fitur Avatar Remix sudah bisa diakses oleh developer untuk dikembangkan atau dimodifikasi. Namun, fitur ini masih dalam tahap preview sehingga belum digelontorkan untuk pengguna.

5. Papan Tulis AI untuk Corat-coret Bersama

Discord juga mengembangkan fitur papan tulis atau kanvas yang dapat dicoret bersama-sama, yang banyak diminta oleh pengguna. Fitur ini didukung dengan teknologi kecerdasan buatan. Pengguna dapat menggambar sketsa dan menulis deskripsi gambar yang ingin dihasilkan. Teknologi kecerdasan buatan akan mengubah sketsa tersebut menjadi sebuah lukisan atau gambar asli.

BACA JUGA  EA Tutup Game Mobile Apex Legends dan Battlefield

Selain deretan fitur yang sudah dipaparkan, Discord juga mengumumkan program inkubator AI bagi developer yang ingin mengembangkan kecerdasan buatan di Discord. Fitur-fitur baru Discord berbasis kecerdasan buatan ini akan menyambangi pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Dengan mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan, Discord berharap dapat memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih baik bagi penggunanya. Fitur-fitur baru tersebut akan membantu pengguna dalam mengakses informasi dan menjalin komunikasi secara lebih efektif dan efisien.

Selain itu, Discord juga memperkuat posisinya sebagai salah satu aplikasi komunikasi terbaik dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang tersedia.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment