Aplikasi Inovasi Social Media

Makin Cuan! WA Business Siapkan Fitur Baru Bagi Pelaku UMKM

Makin Cuan! WA Business Siapkan Fitur Baru Bagi Pelaku UMKM
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – WhatsApp Business telah menjadi alat komunikasi yang sangat populer di kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menggunakan WhatsApp Business, para pengusaha dapat menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka secara langsung dan efisien.

Untuk terus mendukung kesuksesan para pelaku UMKM, WhatsApp Business sedang mempersiapkan fitur baru yang akan membantu mereka agar semakin “cuan” dalam menjalankan bisnisnya.

Mengenal WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah versi khusus dari aplikasi WhatsApp yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis. Dengan menggunakan WhatsApp Business, pelaku UMKM dapat membuat profil bisnis yang terpisah, menyediakan informasi tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan, serta menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan. Hal ini memungkinkan para pengusaha untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang lebih profesional dan terorganisir.

Kelebihan menggunakan WhatsApp Business bagi pelaku UMKM adalah kemudahannya dalam menghubungi pelanggan. WhatsApp Business menyediakan fitur seperti pesan otomatis, penjadwalan pesan, dan katalog produk. Selain itu, para pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan fitur grup untuk menghubungkan pelanggan dengan lebih efisien.

Semua ini membantu dalam memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan menghasilkan “cuan” yang lebih besar bagi bisnis.

WhatsApp Business dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM

WhatsApp Business memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan kinerja bisnis mereka.

1. Komunikasi efektif dengan pelanggan

WhatsApp Business memungkinkan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara langsung dan efektif. Dengan fitur pesan teks, gambar, video, dan suara, pelaku UMKM dapat dengan mudah berbagi informasi tentang produk atau layanan mereka. Selain itu, fitur pesan grup juga memungkinkan pelaku UMKM untuk mengirimkan pengumuman, promo, atau penawaran khusus kepada sekelompok pelanggan secara bersamaan.

2. Peningkatan branding dan eksposur bisnis

Dengan WhatsApp Business, pelaku UMKM dapat memperkuat branding bisnis mereka. Mereka dapat mengatur profil bisnis dengan logo dan informasi bisnis yang lengkap. Selain itu, fitur katalog produk memungkinkan mereka untuk menampilkan produk-produk unggulan dengan deskripsi, harga, dan gambar yang menarik. Hal ini membantu dalam menciptakan kesan profesional dan meningkatkan eksposur bisnis di kalangan pelanggan.

3. Memperluas jaringan pelanggan

WhatsApp Business juga membantu pelaku UMKM dalam memperluas jaringan pelanggan mereka. Dengan kemampuan berbagi link undangan melalui media sosial, situs web, atau email, para pengusaha dapat mengundang orang-orang untuk bergabung dengan daftar kontak mereka di WhatsApp Business. Selain itu, mereka juga dapat menggunakan fitur panggilan suara atau video untuk menjalin komunikasi langsung dengan calon pelanggan atau mitra bisnis.

BACA JUGA  WhatsApp Tidak Bisa berbagi Lokasi! Penyebab dan Solusinya

Fitur Terbaru WhatsApp Business untuk Pelaku UMKM

WhatsApp Business terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk membantu pelaku UMKM agar semakin “cuan” dalam bisnisnya. Beberapa fitur terbaru yang sedang dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Fitur katalog produk yang ditingkatkan

WhatsApp Business akan menghadirkan fitur katalog produk yang lebih interaktif dan menarik. Pelaku UMKM dapat menampilkan produk-produk mereka dalam format yang lebih menarik, termasuk dengan menggunakan foto, deskripsi yang menarik, dan link langsung untuk pembelian. Fitur ini akan memudahkan pelanggan untuk menjelajahi dan membeli produk dengan lebih nyaman.

2. Pengiriman pesan otomatis

Fitur pesan otomatis juga akan ditingkatkan oleh WhatsApp Business. Pelaku UMKM dapat mengatur pesan-pesan otomatis untuk memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan yang menghubungi mereka. Pesan otomatis ini dapat berisi informasi tentang jam operasional, penawaran spesial, atau instruksi pengiriman. Hal ini membantu dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan efisien.

3. Statistik dan analisis performa

WhatsApp Business akan menyediakan fitur statistik dan analisis performa bisnis. Pelaku UMKM dapat melihat jumlah pesan yang terkirim, terbaca, dan dibalas oleh pelanggan. Selain itu, mereka juga dapat melihat pola interaksi pelanggan, seperti waktu yang paling aktif atau jenis pesan yang paling sering ditanyakan. Informasi ini dapat membantu dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pelanggan.

4. Pelacakan pesanan dan pengiriman

Fitur pelacakan pesanan dan pengiriman akan menjadi salah satu fitur baru yang ditawarkan oleh WhatsApp Business. Pelaku UMKM dapat memberikan informasi tentang status pesanan kepada pelanggan, seperti nomor pelacakan atau estimasi waktu pengiriman. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengikuti perkembangan pesanan mereka secara real-time dan memberikan kepuasan dalam proses pembelian.

5. Pembayaran langsung melalui WhatsApp

WhatsApp Business juga sedang mengembangkan fitur pembayaran langsung melalui aplikasi. Pelaku UMKM akan dapat menerima pembayaran dari pelanggan dengan mudah dan aman melalui WhatsApp. Dengan fitur ini, transaksi bisnis dapat dilakukan dengan cepat dan praktis, tanpa perlu mengalihkan pelanggan ke platform pembayaran eksternal.

Cara Mengoptimalkan Fitur WhatsApp Business untuk Keuntungan Maksimal

Agar dapat memaksimalkan manfaat dari fitur WhatsApp Business, pelaku UMKM dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Membuat katalog produk yang menarik

Perhatikan untuk membuat katalog produk yang menarik dengan foto-foto berkualitas, deskripsi yang jelas, dan harga yang kompetitif. Pastikan setiap produk terlihat profesional dan menggambarkan nilai unik bisnis Anda.

BACA JUGA  Nada Dering WhatsApp Tidak Bunyi? Begini 5 Cara Mengatasinya
2. Mengatur pesan otomatis dengan bijak

Manfaatkan fitur pesan otomatis untuk memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan, tetapi pastikan untuk tetap menjaga keaslian dan kepersonalan pesan. Sampaikan informasi yang berguna dan relevan, seperti jam operasional, penawaran spesial, atau cara menghubungi tim dukungan jika diperlukan.

3. Menganalisis statistik untuk strategi pemasaran yang lebih baik

Periksa statistik dan analisis performa bisnis yang disediakan oleh WhatsApp Business. Identifikasi tren, pola interaksi, dan respons pelanggan. Gunakan informasi ini untuk memperbaiki strategi pemasaran Anda, menyesuaikan pesan otomatis, atau mengoptimalkan waktu pengiriman pesan.

4. Menyediakan kemudahan pembayaran kepada pelanggan

Apabila fitur pembayaran langsung sudah tersedia, pastikan untuk mengaktifkannya dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran. Berikan instruksi yang jelas dan pastikan transaksi berjalan dengan lancar dan aman.

5. Memanfaatkan fitur pelacakan pesanan dan pengiriman

Jika fitur pelacakan pesanan dan pengiriman sudah tersedia, pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini kepada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dipercaya dan memiliki pengalaman berbelanja yang positif.

Kesimpulan

WhatsApp Business memiliki peran yang penting dalam mendukung kesuksesan pelaku UMKM. Dengan fitur-fitur terbarunya yang sedang dikembangkan, WhatsApp Business semakin siap untuk membantu pelaku UMKM agar semakin “cuan” dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan komunikasi yang efektif, peningkatan branding, memperluas jaringan pelanggan, serta fitur-fitur baru seperti katalog produk yang ditingkatkan, pesan otomatis, statistik performa, pelacakan pesanan, dan pembayaran langsung, pelaku UMKM dapat memaksimalkan potensi bisnis mereka.

Dengan mengoptimalkan fitur-fitur WhatsApp Business, pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Dalam era digital yang semakin berkembang, WhatsApp Business menjadi salah satu alat yang tak tergantikan bagi pelaku UMKM. Dengan kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung, menyediakan informasi produk, dan memberikan pengalaman yang personal kepada pelanggan, WhatsApp Business memberikan keunggulan kompetitif bagi pelaku UMKM.

Terlepas dari semua fitur dan manfaatnya, penting bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan WhatsApp Business dengan bijak. Menggunakan fitur-fitur yang ada secara efisien, menyampaikan pesan yang relevan, dan menjaga kualitas layanan adalah kunci kesuksesan dalam memanfaatkan WhatsApp Business.

Dengan adanya fitur-fitur baru yang sedang dipersiapkan oleh WhatsApp Business, pelaku UMKM memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan kualitas bisnis dan menghasilkan “cuan” yang lebih besar. Oleh karena itu, tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang untuk mulai memanfaatkan WhatsApp Business dan semua fitur inovatifnya.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment