Aplikasi Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Kamera Zoom Error di Windows

7 Cara Mengatasi Kamera Zoom Error di Windows
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Aplikasi Zoom tak terlepas dari beberapa masalah atau error, masalah yang paling sering ditemui adalah kamera Zoom yang error padaperangkat Windows.

Beberapa masalah yang kerap dijumpai ketika menggunakan zoom yaitu kamera tidak menyala, layar kamera tidak jernih, hingga tampak layar kamera pecah-pecah. Tentu hal tersebut sangat menganggu ketika sedang menggunakan video conference untuk meeting.

Terdapat beberapa faktor penyebab kamera Zoom bermasalah. Mulai dari versi Zoom yang belum diupdate, kamera webcam tidak terpasang dengan benar, dan masih banyak lagi.

Berikut cara mengatasi kamera Zoom yang error di Windows.

Cek port USB webcam

Pertama selalu pastikan apakah webcam terhubung dengan benar. Pastikan sudah terpasang dengan baik. Apabila tetap bermasalah cobalah untuk mengganti dengan port USB lain.

Cobalah melakukan tes kamera webcam pada aplikasi lain sebelum menggunakan ke Zoom. Caranya menuju Windows > Camera. Jika semua normal artinya zoom siap digunakan, kemudian kembali ke aplikasi Zoom.

Memperbarui driver kamera

Penyebab bisa dikarenakan oleh antivirus. Bisa jadi driver kamera diblokir oleh antivirus yang terinstal di perangkat windows. Hal tersebut akan menyebabkan kamera Zoom tidak berfungsi dengan baik.

Cobalah untuk uninstal driver kamera dan memasangnya kembali. Pilihan lain adalah melakukan update driver. Caranya ketikkan “Device Manager” di pencarian Windows. Pilih driver kamera yang terpasang. Selanjutnya klik kanan dan “Update Driver”.

BACA JUGA  Akhir Dari Windows 7 dan 8, Dukungan Disetop 10 Januari.

Cek apakah kamera terhubung dengan aplikasi lain

Penyebab lainnya adalah perangkat kamera yang sudah digunakan untuk aplikasi lain. Periksa apakah ada aplikasi lain yang berjalan bersamaan dengan aplikasi Zoom dan menggunakan izin kamera.

Hal ini yang berpotensi membuat aplikasi crash. Cobalah untuk menonaktifkan aplikasi lain sehingga kamera hanya terfokus pada aplikasi Zoom.

Cek izin kamera

Berikutnya apabila terjadi masalah pada kamera zoom adalah mengecek izin kamera, bisa jadi izin kamera belum diaktifkan. Caranya sebagai berikut

  • Buka “Settings/Pengaturan”
  • Lalu ke “Privasi & Keamanan”
  • selanjutnya pilih “Kamera”
  • Geser toogle ke kanan untuk mengizinkan kamera aktif.

Restart perangkat

Cara paling mudah mengatasi kamera Zoom yang error adalah me-restart perangkat. Dengan restart Windows dapat mengatasi beragam error yang terjadi pada aplikasi Zoom. Caranya cukup klik menu Windows dan pilih “Restart”.

Memperbarui aplikasi Zoom

Salah satu penyebab error pada kamera Zoom karena beberapa fitur tidak berfungsi dengan normal. Segera cek di Microsoft Store apakah ada notifikasi pembaruan. Apabila ada, maka segera lakukan update. Dengan update tersebut maka akan mengurangi terjadinya error.

Memperbarui sistem operasi Windows

Penyebab kamera Zoom error tak hanya disebabkan masalah internal pada aplikasi. Salah satunya adalah sistem operasi Windows masih menggunakan versi lawas yang menyebabkan bug atau error pada aplikasi Zoom. Segera Update Windows.

BACA JUGA  Cara Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10

Demikian beberapa cara mengatasi kamera Zoom yang error pada Windows. Semoga informasi diatas membantu mengatasi error pada kamera zoom.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment