Tips & Trik

Cara Presentasi Online via WhatsApp pakai Fitur Screen Sharing

Cara Presentasi Online via WhatsApp pakai Fitur Screen Sharing
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Dalam era digital yang terus berkembang, presentasi online telah menjadi hal yang umum dalam berbagai konteks, baik itu untuk tujuan bisnis, pendidikan, atau bahkan dalam percakapan sehari-hari. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan presentasi online adalah WhatsApp.

Aplikasi pesan populer ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, tetapi juga memiliki fitur screen sharing yang memudahkan Anda untuk berbagi layar perangkat Anda saat melakukan presentasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melakukan presentasi online via WhatsApp menggunakan fitur screen sharing.

Mengapa Presentasi Online Melalui WhatsApp?

Sebelum kita memahami cara melakukannya, penting untuk mengetahui mengapa Anda harus memilih WhatsApp sebagai platform untuk presentasi online Anda. Beberapa alasan mengapa WhatsApp adalah pilihan yang baik antara lain:

1. Keterjangkauan

WhatsApp adalah aplikasi yang sangat umum digunakan di seluruh dunia, dan hampir setiap orang memiliki akun WhatsApp. Ini membuatnya menjadi platform yang mudah diakses oleh audiens Anda.

2. Kemudahan Penggunaan

WhatsApp dirancang untuk digunakan oleh semua orang, bahkan oleh mereka yang tidak terlalu mahir dalam teknologi. Fitur-fitur intuitifnya membuatnya sangat mudah digunakan.

3. Interaksi Langsung

Anda dapat berinteraksi langsung dengan audiens Anda selama presentasi, menerima pertanyaan, dan memberikan tanggapan secara real-time.

4. Gratis

WhatsApp adalah aplikasi gratis, yang berarti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan presentasi online.

BACA JUGA  Facebook! Cara Mengganti Nama Profil Facebook di HP dan PC

Sekarang, mari kita masuk ke langkah-langkah konkret untuk melakukan presentasi online via WhatsApp menggunakan fitur screen sharing.

Langkah 1: Persiapkan Materi Presentasi Anda

Sebelum Anda mulai presentasi, pastikan Anda telah menyiapkan materi presentasi Anda dengan baik. Ini termasuk slide PowerPoint, dokumen, atau tampilan layar apa pun yang ingin Anda bagikan dengan audiens Anda.

Langkah 2: Buka Obrolan dengan Audiens

Langkah berikutnya adalah membuka obrolan atau grup WhatsApp dengan audiens Anda. Pastikan Anda telah menambahkan semua peserta yang diperlukan.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Screen Sharing

Sekarang, saat Anda berada di obrolan, ketuk ikon kamera di sudut kanan bawah layar. Ini akan membuka opsi untuk memulai panggilan video. Pilih “Screen Sharing” dari opsi ini.

Langkah 4: Pilih Layar yang Akan Dibagikan

Setelah Anda memilih “Screen Sharing,” Anda akan diminta untuk memilih layar yang ingin Anda bagikan. Anda dapat memilih antara layar utama perangkat Anda atau aplikasi tertentu yang sedang berjalan.

Langkah 5: Mulai Presentasi Anda

Setelah Anda memilih layar yang akan dibagikan, klik “Mulai” atau “Start.” Anda sekarang sedang melakukan presentasi online via WhatsApp.

Langkah 6: Interaksi dengan Audiens

Selama presentasi, Anda dapat berinteraksi dengan audiens Anda seperti biasa. Menerima pertanyaan, memberikan penjelasan tambahan, dan menjelaskan poin-poin penting.

Langkah 7: Selesai dan Beri Kesempatan untuk Pertanyaan

Setelah Anda selesai dengan presentasi Anda, pastikan untuk memberi audiens Anda kesempatan untuk bertanya. Ini adalah saat yang baik untuk menjawab pertanyaan dan memberikan klarifikasi.

BACA JUGA  Cara Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business

Kesimpulan

Presentasi online via WhatsApp dengan fitur screen sharing adalah cara yang efektif untuk berbagi informasi dengan audiens Anda secara real-time. Platform ini yang mudah diakses, serta fitur-fitur intuitifnya membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk berbagai jenis presentasi. Selamat mencoba!

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment