Aplikasi Tips & Trik

Jangan Asal Nonton Bola di Layanan Aplikasi Streaming!

bahaya streaming bola
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Para pecinta bola pasti sudah sering memakai aplikasi streaming untuk menonton liga elite eropa seperti liga inggris, liga perancis, spanyol dan italia. Namun apakah sudah tahu mengenai bahaya menggunakan aplikasi streaming.

Aplikasi streaming bola sering digunakan untuk menyebarkan malware. Ditemukan ada beberapa aplikasi Android yang dimodifikasi untuk menyamar sebagai aplikasi terkenal.


Hal itu diungkapkan peneliti keamanan dari ThreatFaric. Aplikasi populer yang telah dimasuki malware berbahaya bisa masuk lewat Football Live Streaming, WiFI Auto Authenticator, Instagram dan aplikasi lainnya.

Sekilas, aplikasi tersebut seperti asli. Namun, aplikasi tersebut telah dimodifikasi oleh platform Zombinder dengan memasukkan malware di dalamnya.

Ketika digunakan aplikasi tersebut memang berfungsi normal seperti biasa, Namun, ada muatan malware di dalam kodenya. Selain itu, pemuat juga dirancang untuk menghindari deteksi. Sehingga saat aplikasi dibuka akan memuat dan menampilkan peringatan menginstal untuk plugin.Ketika peringatan itu diterima maka loader akan menginstal muatan berbahaya dan membukanya di background.

Zombinder menyebut bila aplikasi berbahaya yang disisipi malwaret tersebut tak bisa terdeteksi. Yang paling mengerikan, aplikasi tersebut dapat menembus pengawasan dari Google Play Protect.

Malware yang disebarkan merupakan malware perbankan Ermac. Malware ini sangat berbahaya karena dapat mencuri email dari Gmail, mencegat kode 2FA dan mencuri dompet kripto dengan memanfaatkan keylogging.


tidak hanya di Android tetapi bisa juga terjadi pada pengguna Windows dengan cara meniru portal otorisasi WiFI yang halamannya penuh typo.

Jika kita mengklik tombol ‘Download for Windows’ makan akan langsung mengunduh malware Windows yang berbahaya. Sampel yang ditemukan oleh ThreatFabric antara lain malware Erbiu,m, Laplas dan Aurora.


BACA JUGA  Awas! Video Tutorial Palsu di YouTube Mengandung Malware

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment