Seputar Gadget Tips & Trik

Keyboard Laptop Terkena Air? Begini Cara Mengatasinya

Keyboard Laptop Terkena Air? Begini Cara Mengatasinya
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Laptop merupakan perangkat yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, ketika laptop terkena air, hal itu bisa menjadi masalah besar dan dapat merusak banyak bagian dalam laptop, termasuk keyboard. Bagaimana cara mengatasi laptop yang terkena air dan keyboard yang rusak?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air?

Langkah 1: Matikan Laptop

Ketika laptop terkena air, yang pertama harus dilakukan adalah mematikan laptop. Jangan mencoba untuk menyalakan laptop, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Langkah 2: Keluarkan Baterai

Setelah mematikan laptop, keluarkan baterai laptop. Jangan mencoba untuk mengecas laptop atau menyalakan laptop sampai benar-benar kering.

Langkah 3: Keringkan Laptop

Lap laptop dengan kain kering untuk menghilangkan kelembaban dari permukaannya. Pastikan untuk menghapus setiap tetesan air yang ada pada laptop.

Langkah 4: Bongkar Laptop

Jika laptop Anda masih tidak berfungsi setelah mengeringkan permukaannya, maka perlu membongkar laptop untuk membersihkan bagian dalam. Namun, untuk membongkar laptop diperlukan keterampilan dan keahlian yang memadai, sehingga sebaiknya diserahkan kepada ahlinya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Keyboard Rusak Karena Terkena Air?

Langkah 1: Matikan Laptop

Seperti langkah-langkah sebelumnya, yang pertama harus dilakukan adalah mematikan laptop.

Langkah 2: Bersihkan Keyboard

Setelah mematikan laptop, bersihkan keyboard dengan kain kering untuk menghilangkan kelembaban. Jangan gunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya, karena dapat merusak keyboard.

BACA JUGA  5 Cara Lindungi Diri agar Terhindar Kejahatan Digital
Langkah 3: Buka Keyboard

Jika keyboard tetap tidak berfungsi setelah dibersihkan, maka perlu membuka keyboard dan membersihkan bagian dalamnya. Namun, perlu hati-hati dalam membuka keyboard agar tidak merusak bagian lain dalam laptop.

Langkah 4: Ganti Keyboard

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, maka kemungkinan besar keyboard harus diganti. Sebaiknya membeli keyboard baru yang sesuai dengan laptop Anda dan meminta bantuan ahli dalam mengganti keyboard tersebut.

Kesimpulan

Ketika laptop terkena air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan laptop dan keluarkan baterainya. Kemudian, keringkan laptop dengan kain kering dan bersihkan keyboard. Jika keyboard tetap tidak berfungsi, coba membersihkan bagian dalamnya atau ganti keyboard yang baru.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment