Aplikasi Review Social Media Tips & Trik

Naikkan Penjualan! Cara Mendaftar WhatsApp Bisnis untuk UMKM

Naikkan Penjualan! Cara Mendaftar WhatsApp Bisnis untuk UMKM
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Jika Anda memiliki bisnis kecil atau menengah (UMKM), Anda pasti ingin memperluas cakupan bisnis Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mendaftar WhatsApp Bisnis.

WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan secara langsung dan membantu mempromosikan bisnis Anda dengan mudah.

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi gratis yang dirancang khusus untuk pengusaha kecil dan menengah. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat profil bisnis, mengirim pesan instan ke pelanggan, dan memberikan informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dengan WhatsApp Bisnis, Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan pelanggan dan membantu mereka dengan pesanan dan pengiriman.

Langkah-langkah untuk mendaftar WhatsApp Bisnis

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendaftar WhatsApp Bisnis untuk UMKM Anda:

Langkah 1: Unduh aplikasi WhatsApp Bisnis

Unduh aplikasi WhatsApp Bisnis dari toko aplikasi di ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store. Setelah diunduh, instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 2: Daftar dan buat profil bisnis

Setelah menginstal aplikasi WhatsApp Bisnis, buka aplikasi dan daftar dengan nomor telepon bisnis Anda. Ikuti petunjuk untuk memverifikasi nomor telepon bisnis Anda. Setelah nomor telepon bisnis Anda diverifikasi, Anda dapat membuat profil bisnis Anda dengan menambahkan informasi tentang bisnis Anda, seperti nama, alamat, dan deskripsi bisnis.

Langkah 3: Konfigurasikan pengaturan bisnis Anda

Setelah membuat profil bisnis Anda, Anda dapat mengatur pengaturan bisnis Anda dengan menambahkan pesan selamat datang, jam kerja, dan informasi kontak lainnya. Pengaturan bisnis ini akan membantu pelanggan Anda mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda dan kapan mereka dapat menghubungi Anda.

BACA JUGA  WhatsApp Rilis Fitur Blokir Telepon Spam Otomatis
Langkah 4: Mulai mengirim pesan

Sekarang profil bisnis Anda telah selesai dibuat, Anda dapat mulai mengirim pesan kepada pelanggan Anda. Anda dapat mengirim pesan individu atau membuat daftar distribusi untuk mengirim pesan massal ke pelanggan Anda. Pastikan pesan yang Anda kirimkan informatif dan membantu pelanggan Anda memahami produk atau layanan Anda.

Manfaat WhatsApp Bisnis untuk UMKM

WhatsApp Bisnis menawarkan banyak manfaat untuk UMKM, antara lain:

1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Dengan WhatsApp Bisnis, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan menjawab pertanyaan mereka dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda dan membantu mereka memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Meningkatkan kesadaran merek

Dengan WhatsApp Bisnis, Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk atau layanan Anda. Anda dapat mengirimkan tautan ke situs jual beli.

3. Mempermudah proses pembayaran

Anda dapat memfasilitasi pembayaran pelanggan Anda melalui WhatsApp Bisnis dengan mengintegrasikan aplikasi pembayaran online seperti GoPay, OVO, dan DANA. Hal ini akan mempermudah proses pembayaran dan meningkatkan kenyamanan pelanggan Anda.

4. Meningkatkan efisiensi bisnis

Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda dapat mengatur pesanan dan pengiriman dengan lebih efisien. Anda dapat mengatur pesanan melalui chat dan memperoleh informasi pelanggan dengan cepat sehingga Anda dapat memproses pesanan dengan lebih cepat dan efektif.

5. Gratis dan mudah digunakan

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi gratis yang mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan mendaftar dengan nomor telepon bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan.

BACA JUGA  Tanpa Memblokir! Trik Orang Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita

Tips untuk menggunakan WhatsApp Bisnis dengan efektif

Agar dapat menggunakan WhatsApp Bisnis dengan efektif, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Sediakan informasi bisnis yang lengkap

Pastikan Anda telah menyediakan informasi bisnis yang lengkap pada profil bisnis Anda. Hal ini akan membantu pelanggan Anda memahami bisnis Anda dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

2. Gunakan pesan selamat datang

Anda dapat mengatur pesan selamat datang pada aplikasi WhatsApp Bisnis untuk memberikan salam pada pelanggan yang baru. Pesan selamat datang ini akan membantu meningkatkan interaksi pelanggan dan bisnis Anda.

3. Gunakan daftar distribusi untuk mengirim pesan massal

Jika Anda ingin mengirim pesan massal ke pelanggan, gunakan fitur daftar distribusi pada WhatsApp Bisnis. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mengirim pesan kepada banyak pelanggan sekaligus.

4. Responsif dalam menjawab pertanyaan pelanggan

Pastikan Anda responsif dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan membantu membangun hubungan yang baik antara bisnis Anda dan pelanggan.

5. Gunakan bahasa yang sopan dan ramah

Gunakan bahasa yang sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan Anda merasa nyaman dan membantu membangun hubungan yang baik antara bisnis Anda dan pelanggan.

Kesimpulan

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang sangat berguna bagi UMKM untuk mempromosikan bisnis mereka dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mendaftar WhatsApp Bisnis dengan mudah dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment