Berita Seputar Gadget Tips & Trik

Minimal 15 Cm! Apple Imbau Pengguna Jaga Jarak iPhone

Minimal 15 Cm! Apple Imbau Pengguna Jaga Jarak iPhone
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Apple baru-baru ini mengeluarkan peringatan kepada pengguna iPhone mereka untuk menjaga jarak minimal 15 cm antara ponsel pintar dan dada mereka. Hal ini terkait dengan kekhawatiran terhadap paparan radiasi elektromagnetik yang dapat berdampak negatif pada kesehatan pengguna.

Mengapa Apple Mengeluarkan Peringatan Ini?

Peringatan dari Apple terkait dengan paparan radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel pintar mereka, termasuk iPhone. Radiasi elektromagnetik ini berasal dari antena yang terdapat pada perangkat tersebut. Menurut beberapa penelitian, paparan radiasi elektromagnetik dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia, seperti meningkatkan risiko kanker, gangguan tidur, dan lain-lain.

Untuk itu, Apple mengimbau pengguna iPhone mereka untuk menjaga jarak minimal 15 cm antara ponsel pintar dan dada mereka. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh manusia. Selain itu, Apple juga telah memasang batasan paparan radiasi elektromagnetik pada ponsel pintar mereka, agar tidak melebihi batas yang telah ditetapkan oleh badan regulasi kesehatan.

Dampak Radiasi Elektromagnetik pada Kesehatan Manusia

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dampak radiasi elektromagnetik pada kesehatan manusia. Meskipun hasilnya masih belum konsisten, namun beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara paparan radiasi elektromagnetik dengan peningkatan risiko kanker, gangguan tidur, dan lain-lain.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Toxicology Program pada tikus, ditemukan bahwa paparan radiasi elektromagnetik pada tingkat tertentu meningkatkan risiko terjadinya tumor pada jaringan saraf. Meskipun hasil studi ini masih kontroversial dan perlu diteliti lebih lanjut, namun Apple tetap mengambil langkah pencegahan dengan memasang batasan paparan radiasi elektromagnetik pada ponsel pintar mereka.

BACA JUGA  Kop Surat! Cara Membuat di Google Docs untuk Keperluan Usaha

Cara Mengurangi Paparan Radiasi Elektromagnetik pada Tubuh

Selain dengan menjaga jarak minimal 15 cm antara ponsel pintar dan dada, terdapat beberapa cara lain untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh, seperti:

1. Gunakan Headset atau Speakerphone

Dengan menggunakan headset atau speakerphone, Anda dapat mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada kepala dan wajah Anda, karena ponsel pintar tidak perlu diletakkan dekat dengan kepala.

2. Gunakan Mode Pesawat saat Tidak Digunakan

Mode pesawat mematikan semua fungsi pada ponsel pintar yang memerlukan sinyal, sehingga dapat mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh.

3. Hindari Menggunakan Ponsel Pintar saat Sinyal Lemah

Saat sinyal ponsel pintar lemah, perangkat akan mencoba mencari sinyal yang lebih kuat dan ini dapat meningkatkan paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh. Sebaiknya hindari menggunakan ponsel pintar saat sinyal lemah atau saat berada di tempat dengan sinyal yang buruk.

4. Kurangi Penggunaan Ponsel Pintar

Cara terbaik untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh adalah dengan mengurangi penggunaan ponsel pintar. Cobalah untuk tidak selalu tergantung pada perangkat tersebut dan jangan biarkan ponsel pintar menjadi bagian penting dari hidup Anda.

Kesimpulan

Apple mengimbau pengguna iPhone mereka untuk menjaga jarak minimal 15 cm antara ponsel pintar dan dada, untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh manusia. Radiasi elektromagnetik dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia, meskipun hasil penelitian masih belum konsisten.

BACA JUGA  Jangan Asal Nonton Bola di Layanan Aplikasi Streaming!

Selain menjaga jarak, terdapat beberapa cara lain untuk mengurangi paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh, seperti menggunakan headset atau speakerphone, menghindari penggunaan ponsel pintar saat sinyal lemah, dan mengurangi penggunaan ponsel pintar secara keseluruhan.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment