Berita Hardware Sistem Operasi

Fitur Android 14 dan HP Yang Dapat Update Pertama

Bocoran Fitur Android 14 dan Daftar HP yang Kebagian Pertama
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Google setiap tahun selalu memperkenalkan sistem operasi smartphone terbarunya. Di tahun 2023 ini Google akan memperkenalkan Android 14.

OS Android terbaru dari Google ini diperkenalkan dalam ajang Google I/O yang digelar sekitar akhir kuartal-I atau pada kuartal-II setiap tahun.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, sejumlah bocoran mengenai fitur Android 14 telah beredar di dunia maya.

Kemungkinan Android 14 akan di ujikan ke Google Pixel pada Februari 2023 ini, dan dirilis dalam versi beta pada bulan Mei.

Hal ini mengacu pada kebiasaan Google yang rutin menggelar acara tahunan Google I/O pada bulan Mei setiap tahun, dikutip dari Giz China.

Sedangkan untuk versi final Android 14 kemungkinan akan dirilis secara resmi pada Agustus hingga September 2023 mendatang. Sebelumnya, Android 13 juga diluncurkan Google di bulan Agustus pada 2022 lalu.

Kabar tentang OS Android 14 sudah mulai muncul sejak 2022 lalu. Sistem operasi terbaru ini diberi nama “Upside Down Cake”. Kode nama tersebut muncul dalam dokumen yang merangkum seluruh kode nama Android yang sudah dirilis hingga saat ini.

Namun, belum diketahui apakah nama tersebut sesuai atau tidak. Kode tersebut berwalawan huruf “U”, yang meneruskan versi Android 13 huruf “T” dari kode nama Tiramisu.

Daftar ponsel yang akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Andorid 14 adalah sebagai berikut

  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6a
  • Google Pixel 6 Pro
  • Google Pixel 7
  • Google Pixel 7 Pro
BACA JUGA  IDC: Pengiriman PC Global Turun, Apple Mac Paling Anjlok

Bocoran fitur baru Android 14

1. Material You

Android 14 bakal hadir dengan fitur “Material You”, Android 14 memungkinkan pengguna melakukan pengaturan tampilan antarmuka dengan lebih leluasa.

Sebagai contoh, pengguna dapat memilih salah satu wallpaper dan sistem secara otomatis akan menentukan warna yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Warna tersebut akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, widgets, menu pengatur volume. Menjadikan tampilan antarmuka secara keseluruhan dapat terlihat selaras.

2. Health Connect

Fitur kedua adalah “Health Connect”. Fitur ini dapat memantau kesehatan dan aktivitas olahraga penggunanya di perangkat yang berbeda-beda.

Dikarenakan dapat terkoneksi di perangkat yang berbeda, hal tersebut memudahkan pengguna untuk memantau aktivitas olahraga ataupun kesehatan dari perangkat yang berbeda juga.

Dengan fitur tersebut pengguna tidak perlu memindahkan data kesehatan atau menentukan target aktivitas olahraga dari satu perangkat ke perangkat lain.

3. Konektivitas satelit

Google menghadirkan fitur konektivitas satelit di Android 14. Dengan fitur ini pengguna daspat berkomunikasi menggunakan konektivitas satelit, meskipun berada pada wilayah yang tidak terjangkau oleh internet.

Namun, belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia secara gratis atau berbayar. Sebab, fitur konektivitas satelit atau Emergency SOS di iPhone 14 series hanya tersedia secara gratis selama dua tahun saja.

4. Gestur navigasi baru

Kemampuan fitur “gestur navigasi” disebut akan mengalami peningkatan. Dengan fitur tersebut memudahkan untuk melakukan sejumlah gestur berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

BACA JUGA  Duet Maut! Intel dan Arm Kerja Sama Bikin Chip HP Baru

Sejauh ini, gestur yang tersedia hanya bisa menggeser layar di sisi kanan dan kiri untuk kembali ke aplikasi sebelumnya.

Menggeser tengah bawah layar untuk kembali ke “Home”. Atau geser dan tahan atau swipe and hold sisi tengah bawah layar untuk melihat aplikasi apa yang dijalankan sebelumnya.

Fitur lainnya

Android 14 akan meningkatkan kualitas jaringan smartphone. Fitur ini memungkinkan perangkat memanajemen penggunaan data internet yang lebih hemat.

Kemudian, fitur keamanan dan privasi yang ditingkatkan. Izin akses media yang lebih detail pada setiap aplikasi. Misalnya, meminta izin akses media foto atau video pada setiap aplikasi. Fitur ini akan memberi kontrol lebih besar kepada pengguna untuk memilih, apakah megizinkan akses informasi sensitif kepada aplikasi atau tidak.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment