Aplikasi Inovasi Review Social Media

Mirip Twitter dan Instagram! Gmail Kini Punya Centang Biru

Mirip Twitter dan Instagram! Gmail Kini Punya Centang Biru
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Gmail, platform surel yang sangat populer yang dimiliki oleh Google, terus menghadirkan pembaruan dan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Baru-baru ini, Gmail telah memperkenalkan fitur baru yang menarik, yaitu centang biru yang mirip dengan yang ditemukan di Twitter dan Instagram.

Perubahan pada Gmail

Sebagai bagian dari upaya terus-menerus untuk memperbaiki layanan mereka, tim pengembang Gmail telah meluncurkan berbagai fitur baru. Salah satu perubahan terbaru adalah penambahan centang biru yang serupa dengan centang biru yang biasa kita temui di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Hal ini memungkinkan pengguna Gmail untuk menandai pesan atau email yang mereka kirim sebagai “terverifikasi” atau “dibaca” oleh penerima.

Memahami Centang Biru di Gmail

Centang biru telah menjadi ikon yang dikenal luas di media sosial sebagai tanda verifikasi. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang serupa di Gmail. Ketika Anda mengaktifkan centang biru di Gmail, pengirim email akan melihat tanda centang biru di sebelah nama mereka, menandakan bahwa pesan mereka telah diterima dan dibaca oleh penerima.

Penggunaan Centang Biru di Media Sosial

Sebelumnya, centang biru telah digunakan di media sosial untuk memberikan kepercayaan dan memverifikasi akun publik. Misalnya, di Twitter, akun terverifikasi dengan centang biru menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun asli dari tokoh terkenal atau perusahaan. Di Instagram, centang biru menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun resmi selebriti atau tokoh publik. Dalam konteks Gmail, centang biru digunakan sebagai tanda verifikasi bahwa pesan telah diterima dan dibaca oleh penerima.

BACA JUGA  Rilis Global! Harga Resident Evil 4 Remake di Indonesia

Cara Mengaktifkan Centang Biru di Gmail

1. Pembaruan Gmail Terbaru

Untuk dapat menggunakan fitur centang biru di Gmail, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Gmail ke versi terbaru. Google secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan memperkenalkan fitur baru. Pastikan Anda mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru agar dapat mengaktifkan centang biru di Gmail.

2. Langkah-langkah Aktivasi Centang Biru

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur centang biru di Gmail:

  1. Buka aplikasi Gmail di perangkat Anda.
  2. Masuk ke akun Gmail Anda.
  3. Klik ikon “Gear” atau “Settings” di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih opsi “Settings” dari menu drop-down.
  5. Pilih tab “General” atau “Umum”.
  6. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Enable read receipts” atau “Aktifkan tanda terima baca”.
  7. Centang kotak di sebelah opsi tersebut untuk mengaktifkan centang biru.
  8. Klik tombol “Save Changes” atau “Simpan Perubahan” untuk menyimpan pengaturan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, fitur centang biru akan diaktifkan di Gmail Anda. Mulai sekarang, setiap kali Anda mengirim email, Anda akan melihat tanda centang biru di sebelah nama pengirim jika email tersebut telah dibaca oleh penerima.

Kelebihan dan Kekurangan Centang Biru di Gmail

Keuntungan Menggunakan Centang Biru

Penggunaan centang biru di Gmail dapat memberikan beberapa keuntungan. Pertama, itu memberikan kepastian bahwa pesan Anda telah diterima dan dibaca oleh penerima. Ini sangat berguna dalam konteks komunikasi bisnis, di mana kejelasan dan konfirmasi penerimaan pesan sangat penting.

BACA JUGA  Penyebab dan Cara Memulihkan Akun Instagram yang Kena Suspend

Selain itu, centang biru juga dapat membantu menghindari salah paham atau ketidakpastian. Dengan adanya tanda centang biru, Anda dapat yakin bahwa pesan yang Anda kirimkan telah sampai ke tujuan dan tidak hilang di antara ratusan atau ribuan email yang diterima oleh penerima setiap harinya.

Kekurangan Penggunaan Centang Biru

Namun, ada beberapa kekurangan dalam penggunaan centang biru di Gmail. Pertama, ada kemungkinan bahwa penerima pesan mungkin tidak ingin memberikan tanda bahwa mereka telah membaca pesan Anda. Mereka mungkin ingin menjaga privasi atau hanya ingin memilih pesan yang penting untuk ditandai sebagai terverifikasi.

Selain itu, dalam beberapa situasi, penggunaan centang biru dapat menimbulkan tekanan atau harapan untuk memberikan respons cepat. Jika penerima melihat centang biru di pesan mereka, mereka mungkin merasa terpaksa untuk segera menanggapi, meskipun mereka tidak dapat melakukannya pada saat itu.

Kesimpulan

Dengan diperkenalkannya fitur centang biru di Gmail, pengguna sekarang dapat dengan mudah mengetahui apakah pesan mereka telah dibaca oleh penerima. Ini dapat membantu dalam komunikasi bisnis dan menghindari ketidakpastian. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan fitur ini harus bijaksana dan dengan pengertian terhadap privasi dan preferensi penerima pesan.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment