Hardware Sistem Operasi

MediaTek Helio G36, Chipset Gaming Ponsel Murah

MediaTek Helio G36 Resmi, Chipset Gaming untuk Ponsel Murah
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Produsen chipset MediaTek asal Taiwan resmi meluncurkan SoC (System-on-Chip) yang diberi nama MediaTek Helio G36.

Dilihat dari namanya yang diawali huruf “G”, chipset ini difokuskan untuk smartphone gaming, khususnya untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

Chipset Helio G36 merupakan rebranding dari Helio G37 yang telah lebih dulu diluncurkan pada 2022 lalu. Helio G36 dan Helio G37 bahkan hampir tidak memiliki perbedaan spesifikasi yang signifikan.

Keduanya hadir dengan spesifikasi yang hampir sama. Helio G36 dan G37 ditenagai oleh CPU ARM Cortex-A5. Tetapi, Helio G36 memiliki kecepatan clock lebih rendah, 2,2 GHz, sedangkan Helio G37 memiliki kecepatan clock 2,3 GHz.

Seperti yang dirangkum dari laman resmi MediaTek, chipset Helio G36 mengandalkan kartu pengolah grafis (GPU) dari PowerVR GE8320. GPU tersebut dapat menampilkan resolusi maksimal 2.400×1.080 piksel dengan refresh rate 90Hz.

Chipset Helio G36 diklaim mampu menghasilkan efisiensi daya yang lebih optimal, ini dikarenakan chipset tersebut dibekali dengan proses produksi FinFet 12nm, dan disertai pengelolaan daya cerdas dari MediaTek HyperEngine 2.0 Lite.

HyperEngine 2.0 Lite juga dipadukan dengan Networking Engine 2.0 dan Resource Management Engine 2.0. Sehingga, perangkat memiliki jaringan konektivitas yang tingkatkan, mendapat respons sinyal yang lebih cepat, dan meningkatkan efisiensi daya untuk kenyamanan bermain game, bisa bermain game lebih lama, dan sebagainya.

BACA JUGA  Akhir Dari Windows 7 dan 8, Dukungan Disetop 10 Januari.

Chip kelas bawah ini juga dapat kompatibel dengan RAM seri LPDDR3 dan LPDDR4X dengan RAM maksimal 8 GB dan tipe strorage-nya berjenis eMMC 5.1.

Helio G36 juga mendukung sejumlah fitur-fitur fotografi, seperti dukungan kamera 50 MP dengan video 15 fps, 25 MP 30 fps, dan 13 MP + 13 MP 30 fps. Untuk fiturnya sendiri ada noise reduction, EIS, dan bokeh yang terhubung dengan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence).

Helio G36 mendukung dual SIM 4G ganda yang mampu melakukan panggilan VoLTE/ViLTE/WoWi-Fi, Bluetooth 5.0, dan Wi-FI 5 (b/g//ac). Dilansir dari GSM Arena, MediaTek Helio G36 diprediksi akan digunakan pertama kali pada smartphone gaming di India dalam waktu dekat ini. Sebab, Helio G37 pertama kali datang pada ponsel MotoG22 pada April 2022 lalu.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment