Seputar Gadget

Inovasi Baru! Lenovo Pamer Laptop Layar Gulung

Inovasi Baru! Lenovo Pamer Laptop Layar Gulung
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Lenovo baru-baru ini memamerkan konsep laptop dengan layar yang bisa digulung (rollable) dan memanjang pada ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona. Laptop yang pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2022 lalu dalam sebuah video promosi untuk acara Lenovo Tech World 2022 ini kini hadir dengan bentuk fisik yang lebih jelas.

Desain Laptop Lenovo

Meskipun desain laptop ini tampak seperti laptop pada umumnya dan tidak jauh berbeda dengan laptop Lenovo ThinkPad seri lainnya, laptop ini memiliki fitur yang unik. Saat menekan tombol kecil yang ada di bagian kanan laptop, layar laptop akan memanjang dari bawah keyboard secara vertikal (ke atas).

Ukuran Layar

Laptop ini memiliki layar 12,7 inci beresolusi 2024 x 1604 dan aspect ratio 4:3 saat layar masih tergulung. Namun, saat dipanjangkan, layar laptop akan menjadi layar portrait berukuran 15,3 inci beresolusi 2024 x 2368 dengan aspect ratio 8:9. Menurut Lenovo, aspect ratio 8:9 ini seperti dua layar 16:9 yang ditumpuk secara vertikal. Proses pembentangan dan penggulungan ini membutuhkan waktu lebih dari sepuluh detik.

Keuntungan Layar Lebih Besar

Layar dengan aspect ratio 8:9 ini dapat memberikan keuntungan bagi pengguna laptop yang membutuhkan layar yang lebih besar untuk melakukan coding, membuat konten, membuat spreadsheet, dan kegiatan multitasking. Dengan layar yang lebih besar, pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengakses berbagai informasi yang lebih banyak.

BACA JUGA  Untuk Mahasiswa dan Pelajar! 7 Tips Memilih Laptop

Daya Tahan Layar

Lenovo mengatakan bahwa layar pada laptop ini akan dirancang agar dapat digulung hingga 20 ribu sampai 30 ribu kali. Namun, karena laptop ini masih dalam bentuk prototipe atau purwarupa, Lenovo belum memberikan rincian spesifikasinya seperti daya baterai, bobot, dan lain-lain.

Tidak Diketahui Kapan Dirilis

Belum diketahui kapan laptop layar gulung dari Lenovo ini akan diluncurkan di pasar. Namun, Lenovo sebelumnya sudah menguji coba prototipe laptop dengan layar gulung berulang kali sebagaimana dirangkum dari Android Authority pada Rabu (1/3/2023).

Kesimpulan

Laptop Lenovo dengan layar gulung yang dipamerkan pada MWC 2023 menunjukkan bahwa teknologi layar terus berkembang. Dengan hadirnya laptop dengan layar gulung ini, para pengguna dapat menikmati layar yang lebih besar dan lebih fleksibel untuk berbagai kegiatan.

Meskipun belum diketahui kapan laptop ini akan dirilis, kita bisa menunggu perkembangan selanjutnya dari Lenovo terkait laptop yang satu ini.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment