Aplikasi Internet

Ketahui Beberapa Bahaya Web Kencan Online

Ketahui Beberapa Bahaya Web Kencan Online
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Hallo guys, sudah adakah rencana untuk menghabiskan waktu di hari valentine? Atau belum punya pasangan untuk hari valentine? Kita punya info untuk kalian bagi para pencari pasangan melalui aplikasi atau web kencan nih.

Salah satu yang jadi pilihan bagi kalian yang masih single tentunya adalah mencari calon potensial lewat aplikasi kencan online. Perlu diketahui, kalian harus waspada untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan. Ancaman kejahatan cyber kini juga sudah mulai merambah melalui aplikasi dan web kencan lho.

Dikutip dari rilis Kaspersky, diketahui adanya beberapa peretas yang sengaja membuat aplikasi atau halaman tiruan untuk menipu korbannya. Mereka membuat halaman web palsu yang identik dengan aplikasi kencan populer untuk mengelabui orang-orang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi pribadi mereka.

Kaspersky menjelaskan tentang tujuan utama dari kasus tersebut bisa berupa pencurian identitas, penipuan keuangan, dan bahkan pemerasan. bakan data yang telah dicuri bisa saja dijual di pasar dark web.

Berikut empat daftar kejahatan cyber yang perlu kalian ketahui.

Aplikasi Palsu

Beberapa aplikasi kencan seperti Tinder, Badoo, dan Bumble menjadi aplikasi yang populer di kalangan anak muda. Namun, kalian perlu waspada karena adanya peretas yang mungkin saja menaruh malware lewat file yang menyerupai layanan kencan online.

Kaspersky menyatakan bahwa para pelaku cyber paling sering mendistribusikan adware, yang membombardir pengguna dengan banyak notifikasi, namun ada juga beberapan yang melakukan serangan dengan Trojan Spies, yang dapat memantau aktivitas online serta membahayakan privasi dan keamanan, dan memungkinkan menginstal program berbahaya lainnya ke komputer korban.

BACA JUGA  Bisnis Iklan YouTube Terus Menurun! Inilah Penyebabnya

Doxing

Doxing adalah tindakan yang bertujuan untuk membeberkan informasi pribadi seseorang tanpa izin. Potensi terjadi hal seperti ini sangat memungkinkan dalam konteks kencan online.

Untuk keamanan jangan bagikan informasi pribadi kalian terhadap teman yang baru dikenal di aplikasi kencan online secara langsung. dikarenakan, informasi yang sudah telanjur diberikan seperti tanda pengenal kemungkinan bisa dipergunakan untuk memeras dan berdampak negatif pada data pribadi kalian.

Catfishing

Pada dasarnya, catfishing hampir sama dengan doxing. Dengan cara peretas lebih dahulu mengirim umpan berupa email yang berisi malware yang menampilkan profil serupa untuk memikat para korban. Email tersebut di tujukan untuk menyebarkan malware, mencuri informasi penting, atau menipu korban untuk mendapatkan sejumlah uang.

Stalkerware

Ada juga cara seperti stalkerware yang di lakukan oleh Peretas dengan menaruh perangkat lunak yang diinstal secara diam-diam pada perangkat target. Fungsi dari hal tersebut bertujuan untuk melacak dan memantau aktivitas online.

Demikian lah beberapa ancaman yang bisa terjadi ketika kalian menggunakan aplikasi atau website untuk mencari pasangan kencan.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment