Internet

Inilah website pertama di dunia dan sejarahnya.

website pertama didunia
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Hingga saat ini jumlah website di dunia mencapai angka 1,98 miliar (per September 2022). Dari banyaknya website tersebuat apakah kalian tahu website yang pertama kali muncul di dunia? Tahap Awal Kemunculan Website Pertama


Website atau situs web pertama di dunia ditemukan oleh Tim Berners-Lee dan rekan kerjanya di CERN (dikutip dari laman history.com dan CERN)


CERN kepanjangan dari Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire adalah organisasi penelitian nuklir di Eropa.

Pada tahun 1980-an Tim Berners-Lee bekerja di CERN. Disana ia mengamati betapa sulitnya melacak proyek dan sistem komputer dari ribuan peneliti yang ada CERN. Kemudian Tim Berners-Lee mempelajari berbagai program dari setiap komputer yang ada.

Dilansir melalui laman History Rabu (4/1/2023). Pada bulan Maret 1989 Berners-Lee mengajukan proposal kepada manajernya di CERN untuk membuat sistem manajemen informasi menggunakan hypertext.

Tujuannya agar mempermudah penautan dokumen walaupun menggunakan komputer yang berbeda. Namun, sistem tersebut harus tetap terhubung ke internet dan diberi label “Vague But Exciting’. Sayangnya proposal itu ditolak.


Tidak patah semangat Tim Berners-Lee bersama dengan Robert Cailliau seorang Insinyur asal Belgia yang juga rekan kerjanya di CERN. Hingga proposal tersebut akhirnya diterima pada tahun 1990.

Berawal dari proyek manajemen informasi, Berners-Lee kemudian mengembangkannya dengan membuat Tambang Informasi dan Jaringan Informasi yang kini bernama World Wide Web atau (WWW).

BACA JUGA  Bukan TikTok, Ini Medsos Paling Populer Dunia Tahun 2022.

Tahap Pengerjaan Proyek.

Setelah proposal dirima, pada akhir tahun 1990 Berners-Lee bersama rekan kerjanya mulai mencari berbagai informasi menggunakan komputer NeXT rancangan Steve Jobs. Hasilnya fondasi web mulai terbentuk.

Tidak hanya itu Tim Berners-Lee juga membuat Hypertext Markup Language (HTML) untuk membuat halaman Web, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yakni seperangkat aturan untuk mentransfer data melalui Web, dan Uniform Resource Locators (URL) atau alamat Web untuk menemukan dokumen atau halaman. Dia juga telah merancang browser dasar dan perangkat lunak server Web.

Hingga pada akhirnya pada 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee menerbitkan situs web pertamanya. Situs itu berisi tentang panduan online pertama mengenai cara membuat dan menjelaskan web serta cara menggunakannya. Alamat situs tersebut adalah: http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html.

Konflik yang Terjadi pada Tim Berners-Lee.

Keberhasilan Tim Berners-Lee dalam pembuatan website membuat CERN ingin mematenkan teknologi web-nya. Sayangnya Berners-Lee menentang hal tersebut.

Ia ingin website bisa digunakan oleh siapapun dan bisa berkembang secepat mungkin. Keinginan tersebut tampaknya terkabul.

Pada tahun 1993, tim Pusat Nasional untuk Aplikasi Superkomputer Universitas Illinois merilis Mosaic yang merupakan browser web pertama di dunia yang bisa digunakan masyarakat umum.

Penemuan itu membuka berbagai situs web lainnya seperti Yahoo (1994), Amazon (1995), Google (1998) hingga Facebook (2004).

Akhir Karier Berners-Lee di CERN.

Pada tahun 1994, Berners-Lee akhirnya meninggalkan CERN dan memilih Massachusetts Institute of Technology. Disana Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C).

BACA JUGA  CEO Google Umumkan PHK 12.000 Karyawan


W3C adalah organisasi yang memelihara standar untuk web. Tim Berners-Lee berhasil mendapatkan berbagai penghargaan Melalui karyanya itu.

Berners-Lee menjadi salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Abad ke-20 versi Majalah Time dan dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2004.

Ditahun 2009, Berners-Lee membuat World Wide Web Foundation, sebuah organisasi yang berfokus untuk memastikan bahwa Web bermanfaat bagi umat manusia. Tujuan dari organisasi tersebut berhasil berkembang pesat dengan timbulnya miliaran situs yang bermanfaat hingga saat ini.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment