Social Media Tips & Trik

Viral! Video di WhatsApp yang Bisa Buat HP Lag hingga Mati

Viral! Video di WhatsApp yang Bisa Buat HP Lag hingga Mati
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Mungkin Anda pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri, bahwa ada video viral di WhatsApp yang bisa membuat HP pengguna jadi ngelag bahkan mati total. Video yang disebut dengan Virtex WA ini sekarang sedang ramai dibicarakan di TikTok dan menjadi topik yang sangat menarik perhatian pengguna media sosial.

Mungkin beberapa dari Anda pernah mendapatkan video viral yang membuat HP ngelag tersebut melalui unggahan status dan ruang obrolan WA. Sebagai contoh, video viral bikin HP mati itu bisa dilihat lewat salah satu unggahan TikTok dari akun @rivaliz, sebagaimana tertera di bawah ini.

Hati Hati !! Jebakan video virtex whatsapp yang bisa membuat hp me restart sendiri ( SC ; Firman Fathoni ) #whatsapp #fyp #foryoupage #viral #trending ? WORTH NOTHING – Fast & Furious: Drift Tape/Phonk Vol 1 – TWISTED

Namun, apakah benar adanya bahwa video Virtex WA bisa bikin HP ngelag dan mati total? Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan dari praktisi keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya.

Penyebab video Virtex WA bisa bikin HP ngelag

Menurut Alfons, video Virtex WA merupakan video yang dirancang untuk bisa menyebabkan height overflow (arus pemrosesan yang sangat tinggi), sehingga ponsel Android tertentu bisa lag. Virtex sendiri merupakan teks atau kode yang dapat membuat arus pemrosesan pada aplikasi (dalam hal ini adalah WhatsApp) menjadi sangat tinggi.

BACA JUGA  Makin Marak! Penipuan Surat Tilang Format APK di WhatsApp

Video yang mengandung serangkaian kode itulah, dikatakan Alfons dapat memaksa hardware pada HP bekerja secara ekstra, sehingga bisa menyebabkan lag pada ponsel tertentu, terutama ponsel dengan keterbatasan hardware atau berspesifikasi rendah.

Namun, Alfons menegaskan bahwa dampak yang bisa dihasilkan hanya terbatas pada HP ngelag hingga mati total saja. Tidak ada dampak lain seperti pencurian data dan sejenisnya.

Cara mengatasi video Virtex WA yang bikin HP ngelag

Jika Anda mendapatkan pesan berisi video Virtex di WA, lalu terlanjur memutarnya dan HP jadi lag, Alfons menyarankan agar pengguna melakukan restart. Kemudian, agar persoalan tak terulang lagi, pesan berisi video tersebut bisa dihapus.

Jika tetap ingin menonton dengan lebih aman, Alfons juga menyarankan pada pengguna agar mengakses video Virtex yang tengah marak beredar ini menggunakan platform WhatsApp Web di desktop.

Kesimpulan

Video Virtex WA memang bisa bikin HP ngelag dan mati total pada ponsel tertentu, terutama yang memiliki keterbatasan hardware atau berspesifikasi rendah. Namun, dampak yang bisa dihasilkan hanya terbatas pada HP ngelag hingga mati total saja, tidak ada dampak lain seperti pencurian data dan sejenisnya.

Jika Anda mendapatkan video Virtex WA, sebaiknya hindari memutarnya dan segera hapus pesan tersebut. Atau jika tetap ingin menonton, pastikan untuk mengaksesnya dengan lebih aman melalui platform WhatsApp Web di desktop. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko HP ngelag atau mati total akibat video Virtex WA yang tengah marak beredar.

BACA JUGA  Cara Simpan IG Story Musik Tanpa Menghilangkan Lagunya

Dalam hal ini, sebagai pengguna HP, kita juga perlu lebih berhati-hati dengan video yang kita terima melalui WhatsApp. Pastikan video yang akan kita tonton berasal dari sumber yang terpercaya dan tidak mengandung virus atau malware yang dapat merusak perangkat kita.

Terakhir, sebagai pengguna media sosial, kita juga perlu saling berbagi informasi yang benar dan terpercaya kepada sesama pengguna agar dapat terhindar dari risiko keamanan siber seperti video Virtex WA yang tengah marak beredar.

Itulah ulasan singkat mengenai video viral yang bisa bikin HP ngelag dan mati total di WhatsApp. Semoga ulasan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai fenomena yang sedang viral di media sosial tersebut.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment