Aplikasi Inovasi

Apa Itu Chat GPT? Chatbot Viral di Media Sosial

Apa Itu Chat GPT? Chatbot Viral di Media Sosial
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Chat GPT adalah chatbot berbasis kecerdasan buatan atau teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat melakukan interaksi percakapan langsung secara canggih.

GPT adalah singkatan dari Generative Pre-Trained Transformer. Sebuah program Chatbot yang dapat menjawab sama seperti manusia dalam bentuk teks otomatis. 

Chatbot tersebut dapat menjawab suatu pertanyaan atau perintah untuk membuat sesuatu yang dikirimkan pengguna dalam bentuk teks.

Misalnya, ketika anda meminta untuk membuatkan puisi, Chat GPT akan memberikan jawaban dengan struktur kata yang baik.

Selain perintah tersebut, Chat GPT juga bisa menjelaskan cara kerja dari sebuah benda, mendeskripsikan sesuatu, membuat rencana perjalanan, menulis esai, dan banyak hal lainnya, tentunya dalam bentuk teks.

Chat GPT dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan asal Amerika yang fokus mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Teknologi ini dikenal sebagai asisten digital yang dapat memproses dan memahami permintaan pengguna, lalu memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Saat ini, Chat GPT sudah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, pengguna di Indonesia dapat memberikan perintah atau pertanyaan dalam bahasa Indonesia.

Sejak prototipe Chat GPT diluncurkan ke publik pada akhir November lalu, banyak orang yang kagum akan kemampuan dalam berpikir dan menghasilkan teks. Hal tersebut membuat Chat GPT menjadi viral di media sosial.

Meskipun banyak orang kagum akan kemampuan Chat GPT, chatbot ini tidaklah sempurna.

Chat GPT masih rentan memunculkan misinformasi dan bias. Hal tersebut bisa dimaklumi, ini dikarenakan chatbot ini masih dalam tahap uji coba dan masih membutuhkan banyak masukan dan evaluasi untuk pengembangannya.

BACA JUGA  Pisau Bermata Dua! Generative AI Untuk Keamanan Siber

Keunggulan Chat GPT

1. Dapat embantu pembuatan konten Website

2. Dapat membuat karya musik

3. Dapat membantu koding

4. Dapat menjawab beragam pertanyaan

Cara Menggunakan Chat GPT

  • ‘log in’ menggunakan akun OpenAI.
  • Jika belum memiliki akun, bisa mendaftar dengan ‘sign up’ terlebih dahulu.
  • Kemudian di halaman dashboard dan bisa langsung chatting dan mengobrol dengan Chat GPT.

Sekarang anda sudah bisa memberikan pertanyaan atau perintah pada kolom percakapan yang tersedia. Anda akan langsung bisa melihat jawabannya dalam bentuk teks dari Chat GPT.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment