Berita Internet

Tutup Usia! Mengenal Gordon Moore “Pendiri Intel”

Tutup Usia! Mengenal Gordon Moore "Pendiri Intel"
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pada 24 Maret 2023, dunia kehilangan seorang tokoh penting di industri teknologi, yaitu Gordon Moore, pendiri Intel. Moore wafat pada usia 94 tahun, meninggalkan warisan besar dalam dunia teknologi.

Siapa sebenarnya Gordon Moore? Apa yang membuatnya begitu penting bagi industri teknologi? Dan apa warisan yang ia tinggalkan?

Siapa Gordon Moore?

Gordon Moore lahir pada tanggal 3 Januari 1929 di San Francisco, California. Ia merupakan anak dari pasangan Ray dan Ethel Moore. Ayahnya bekerja sebagai montir dan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga.

Gordon menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi St. Ignatius di San Francisco sebelum melanjutkan studinya di Universitas California, Berkeley. Ia memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang kimia pada tahun 1950 dan gelar doktor di bidang kimia dan fisika pada tahun 1954.

Karir Gordon Moore

Setelah menyelesaikan studinya, Gordon Moore memulai karirnya di Shockley Semiconductor Laboratory, sebuah perusahaan yang didirikan oleh William Shockley, pemenang Nobel Fisika.

Di perusahaan inilah Moore bekerja sama dengan Robert Noyce, seorang insinyur dan pengusaha teknologi. Pada tahun 1968, Moore dan Noyce memutuskan untuk meninggalkan Shockley dan mendirikan perusahaan baru yang diberi nama Intel.

Kontribusi Gordon Moore bagi Industri Teknologi

Pada tahun 1965, Moore memformulasikan apa yang dikenal sebagai Hukum Moore, yang menyatakan bahwa jumlah transistor dalam sirkuit terpadu akan meningkat seiring dengan waktu, sementara biaya produksinya akan menurun.

BACA JUGA  Twitter Batasi Jumlah Twit yang Bisa Dibaca Tiap Hari

Hukum ini membuka jalan bagi revolusi teknologi di industri elektronik dan komputer. Hukum Moore menjadi dasar dalam pengembangan teknologi yang semakin kecil dan lebih cepat, yang terus berlangsung hingga saat ini.

Selama di Intel, Moore juga berperan penting dalam pengembangan mikroprosesor. Mikroprosesor yang dikembangkan oleh Intel, seperti seri Intel 4004 dan 8008, membuka jalan bagi komputer personal yang kita kenal saat ini. Dalam karyanya, Moore selalu menekankan pentingnya penelitian dan pengembangan dalam teknologi.

Warisan Gordon Moore

Gordon Moore meninggalkan warisan besar di industri teknologi. Selain hukum Moore, ia juga dikenal karena kontribusinya dalam pengembangan mikroprosesor dan promosi penelitian dan pengembangan teknologi. Warisan Moore tidak hanya berdampak pada teknologi, tetapi juga pada bisnis dan pendidikan.

Pada tahun 2000, Moore bersama istrinya mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk tujuan amal, termasuk pendidikan dan penelitian. Moore Foundation, yang didirikan oleh pasangan tersebut, telah memberikan banyak dukungan kepada institusi pendidikan dan penelitian di seluruh dunia.

Kesimpulan

Gordon Moore adalah seorang tokoh penting di industri teknologi yang meninggalkan warisan besar. Hukum Moore yang dirumuskan olehnya telah membuka jalan bagi revolusi teknologi di industri elektronik dan komputer. Selain itu, kontribusinya dalam pengembangan mikroprosesor telah membuka jalan bagi komputer personal yang kita kenal saat ini.

BACA JUGA  Ulah Elon Musk! Twitter Dikira Down

Warisan Moore tidak hanya berdampak pada teknologi, tetapi juga pada bisnis dan pendidikan. Melalui Moore Foundation, ia dan istrinya telah memberikan banyak dukungan kepada institusi pendidikan dan penelitian di seluruh dunia.

Kehilangan Gordon Moore adalah kerugian besar bagi industri teknologi, namun warisannya akan terus hidup dan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus mengembangkan teknologi yang lebih baik.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment