Tips & Trik

5 Tips Aman Pakai WiFi Publik biar Terhindar dari Peretas

5 Tips Aman Pakai WiFi Publik biar Terhindar dari Peretas
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pernahkah Anda terjebak dalam situasi di mana Anda membutuhkan koneksi internet dan satu-satunya opsi adalah WiFi publik? Meskipun nyaman, WiFi publik memiliki risiko keamanan yang perlu Anda waspadai. Artikel ini akan memberikan Anda 5 tips penting untuk menggunakan WiFi publik dengan aman agar terhindar dari ancaman peretasan.

1. Hindari Koneksi Otomatis

Saat perangkat Anda mendeteksi jaringan WiFi yang pernah Anda gunakan sebelumnya, ada kemungkinan besar bahwa perangkat akan terhubung secara otomatis. Ini bisa berbahaya ketika Anda berada dalam area dengan WiFi publik. Matikan opsi koneksi otomatis di perangkat Anda untuk menghindari risiko tidak terduga.

2. Gunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah alat ampuh untuk melindungi data Anda saat menggunakan WiFi publik. VPN akan mengenkripsi lalu lintas internet Anda, membuatnya sulit bagi peretas untuk mencuri informasi pribadi Anda. Pastikan Anda menggunakan VPN tepercaya yang menawarkan enkripsi yang kuat.

3. Nonaktifkan Berbagi File

Ketika Anda terhubung ke jaringan WiFi publik, pastikan Anda telah menonaktifkan berbagi file dan printer di pengaturan perangkat Anda. Ini mencegah akses tidak sah ke file Anda oleh peretas yang ada dalam jaringan yang sama.

Pada Windows

Pergi ke Pengaturan > Jaringan & Internet > Status > Bagikan Koneksi Internet. Pastikan opsi “Bagikan Konten di Jaringan” tidak aktif.

BACA JUGA  Cek Disini! Ciri-Ciri Instagram Kamu Di-Mute Seseorang
Pada Mac

Buka “System Preferences”, pilih “Sharing”, dan pastikan semua opsi berbagi dimatikan.

4. Gunakan HTTPS

Ketika Anda berselancar di web, pastikan Anda hanya mengunjungi situs web yang menggunakan protokol HTTPS. Ini menunjukkan bahwa koneksi antara peramban Anda dan situs web dienkripsi, mengurangi risiko peretasan data.

5. Aktifkan Firewall

Firewall adalah pertahanan pertama Anda melawan ancaman online. Pastikan firewall diaktifkan di perangkat Anda, baik itu laptop atau smartphone. Firewall akan memeriksa dan mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari perangkat Anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan WiFi publik dengan lebih aman tanpa khawatir tentang potensi peretasan. Tetap waspada dan selalu prioritaskan keamanan data pribadi Anda.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment