Aplikasi Social Media Tips & Trik

Cara Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business

Cara Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Jika Anda memiliki bisnis dan ingin meningkatkan produktivitas Anda dalam mengelola pesan dari pelanggan, Anda mungkin tertarik untuk membuat balasan otomatis di WhatsApp Business.

Apa itu Balasan Otomatis di WhatsApp Business?

Balasan otomatis di WhatsApp Business adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis membalas pesan dari pelanggan Anda dengan pesan yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan memudahkan dalam mengelola pesan yang masuk dari pelanggan Anda.

Mengapa Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business?

Ada beberapa alasan mengapa membuat balasan otomatis di WhatsApp Business bisa sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Beberapa alasan termasuk:

1. Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan balasan otomatis, Anda dapat menghemat waktu dalam mengelola pesan yang masuk dari pelanggan Anda. Anda tidak perlu membalas setiap pesan secara manual, karena pesan yang telah Anda tetapkan sebelumnya akan secara otomatis dibalas.

2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan balasan otomatis, pelanggan Anda akan menerima pesan balasan yang sama dan konsisten setiap kali mereka mengirim pesan kepada Anda. Ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan kesan profesional pada bisnis Anda.

3. Menghindari Terlewatnya Pesan

Dengan menggunakan balasan otomatis, Anda dapat memastikan bahwa tidak ada pesan yang terlewatkan dan selalu ada balasan untuk setiap pesan yang masuk dari pelanggan Anda.

BACA JUGA  Mirip Telegram! WhatsApp Bikin Fitur Channels

Langkah-langkah Membuat Balasan Otomatis di WhatsApp Business

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat balasan otomatis di WhatsApp Business:

1. Buka Aplikasi WhatsApp Business

Buka aplikasi WhatsApp Business di ponsel Anda dan pastikan Anda telah masuk ke dalam akun Anda.

2. Masuk ke Pengaturan

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih “Pengaturan” dari menu dropdown.

3. Pilih “Pesan”

Pilih “Pesan” dari menu pengaturan.

4. Pilih “Balasan Otomatis”

Pilih “Balasan Otomatis” dari daftar opsi.

5. Aktifkan Balasan Otomatis

Aktifkan fitur balasan otomatis dengan menggeser tombol ke posisi “Aktif”.

6. Tetapkan Pesan Balasan

Tetapkan pesan balasan yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan Anda saat menerima pesan. Anda dapat menetapkan pesan yang berbeda untuk pesan yang diterima di luar jam kerja atau saat Anda sedang tidak dapat menjawab pesan.

7. Atur Kriteria Balasan Otomatis

Anda dapat menetapkan kriteria untuk balasan otomatis. Misalnya, Anda dapat menetapkan balasan otomatis hanya untuk pesan dari pelanggan baru atau pesan yang masuk di luar jam kerja. Pilih kriteria yang sesuai dengan bisnis Anda.

8. Simpan dan Selesai

Setelah menetapkan pesan balasan dan kriteria, pastikan untuk menyimpan pengaturan Anda dan selesai.

Tips untuk Membuat Balasan Otomatis yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat balasan otomatis yang efektif dan membantu meningkatkan pengalaman pelanggan Anda:

BACA JUGA  6 Penyebab Kenapa Instagram Sering “Force Closed”
1. Tetapkan pesan yang jelas dan singkat

Pastikan pesan balasan yang Anda tetapkan jelas dan singkat agar mudah dipahami oleh pelanggan Anda.

2. Sertakan informasi kontak penting

Pastikan untuk menyertakan informasi kontak penting, seperti nomor telepon dan alamat email, dalam pesan balasan Anda agar pelanggan Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda.

3. Berikan pilihan lain untuk pertanyaan khusus

Jika pelanggan Anda memiliki pertanyaan khusus yang tidak dapat dijawab oleh pesan balasan otomatis Anda, berikan pilihan untuk menghubungi Anda langsung melalui nomor telepon atau email.

4. Sediakan informasi terkait produk atau layanan

Jangan lupa untuk menyediakan informasi terkait produk atau layanan Anda dalam pesan balasan otomatis Anda agar pelanggan Anda dapat lebih memahami bisnis Anda.

5. Tetapkan pesan yang menarik perhatian

Cobalah untuk tetapkan pesan yang menarik perhatian pelanggan Anda dan membuat mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Kesimpulan

Membuat balasan otomatis di WhatsApp Business dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam mengelola pesan dari pelanggan Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Pastikan untuk menyertakan informasi kontak penting dan menyediakan informasi terkait produk atau layanan Anda dalam pesan balasan otomatis Anda.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment